Pinjaman dana jaminan BPKB adalah salah satu jenis pinjaman yang sampai saat ini masih terus digunakan oleh masyarakat. Salah satu tempat yang menyediakan layanan pinjaman uang dengan jaminan BPKB adalah Pegadaian. Mungkin Anda juga sudah tak asing jika Pegadaian memberikan layanan agunan BPKB mobil.

Namun dalam artikel ini akan menjelaskan seputar pinjaman dana jaminan BPKB di pegadaian. Mulai dari syarat gadai BPKB di pegadaian hingga cara menggadaikan BPKB mobil di Pegadaian dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pinjaman agunan BPKB mobil di Pegadaian.

Syarat Pinjaman Dana Jaminan BPKB mobil di Pegadaian

Bisa dibilang jika Pegadaian juga merupakan tempat gadai BPKB mobil di koperasi simpan pinjam. Layaknya tempat gadai lainnya yang menyediakan persyaratan yang diperuntukkan bagi mereka yang memang ingin mengajukan pinjaman, salah satunya adalah permohonan gadai mobil di Pegadaian.

Adapun persyaratan gadai BPKB mobil di Pegadaian adalah sebagai berikut ini.

  1. Pihak peminjam merupakan WNI atau Warga Negara Indonesia yang patuh pada Pancasila dan UUD 1995 serta cakap hukum.
  2. Pihak peminjam miliki usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun
  3. Pihak peminjam Telah atau sedang bekerja minimal 1 tahun.
  4. Adanya dokumen pelengkap pengajuan, antara lain KK atau Kartu Keluarga, KTP asli, BPKB yang akan digadaikan, dan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan.
  5. Usia mobil yang akan digadaikan maksimal 20 tahun.

Cara pinjaman dana jaminan BPKB mobil di Pegadaian

Setelah mengetahui bagaimana persyaratan yang diberlakukan di Pegadaian terkait dengan permohonan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil. Maka Anda juga harus tahu bagaimana cara menggadaikan BPKB mobil di Pegadaian.

Nah di bawah ini adalah beberapa cara mudah gadai gadai BPKB mobil di Pegadaian yang bisa Anda baca selengkapnya.

  1. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah datang kantor Pegadaian terdekat.
  2. Membawa tanda pengenal sekaligus dokumen yang dibutuhkan.
  3. Melakukan pengisian formulir pengajuan pinjaman.
  4. Memberikan formulir pinjaman, BPKB, dan STNK asli kepada pihak petugas Pegadaian bagian penaksir jaminan.
  5. Berikutnya pihak peminjam akan memperlihatkan kendaraan yang akan dijamin.
  6. Petugas akan memberikan taksiran harga gadai BPKB mobil kemudian hasil dari taksiran tersebut menjadi plafon pinjaman yang bisa diambil nasabah.
  7. Ketika nasabah sudah memiliki persetujuan dengan plafon tersebut, petugas mengurus proses permohonan pinjaman.
  8. Pihak petugas lalu membuat Surat Bukti Kredit (SBK) selama kurang lebih 15 menit.
  9. Pihak petugas kasir akan menjelaskan batas jatuh tempo kredit dan akan menjelaskan waktu pelayanan kepada nasabah jika memang uang angsuran pegadaian BPKB mobil tidak dibayarkan pada batas waktu yang ditentukan.
  10. Pihak nasabah akan melakukan penandatangan SBK dan melakukan pembayaran biaya administrasi sekitar 10 persen dari plafon pinjaman. Biaya tersebut nantinya bisa dilakukan pembayaran tunai atau dilakukan pemotongan secara langsung pada plafon pinjaman.

Alasan kenapa harus pinjaaman dana jaminan BPKB di Pegadaian

Di Indonesia banyak sekali penyedia layanan simpan pinjam dan salah satunya adalah Pegadaian. Dimana sebenarnya Pegadaian memberikan banyak kelebihan yang memang bisa jadi jawaban dari segala bentuk keresahan masyarakat.

Itu artinya Pegadaian hadir dengan memberikan suatu layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat tanpa memberikan beban besar kepada pengguna layannya. Nah mungkin Anda belum tahu apa saja sih yang bisa menjadikan Pegadaian begitu berbeda dengan tempat lain meskipun sama-sama memberikan layanan pinjaman dengan jaminan BPKB.

Berikut ini merupakan ulasan mengenai beberapa alasan kenapa Pegadaian selalu jadi pilihan masyarakat luas.

1. Proses sangat cepat

Pegadaian adalah salah satu tempat simpan pinjam dana dengan proses anti ribet. Meski dana yang didapatkan oleh pihak pengguna layanan Pegadaian mungkin tak terlalu besar, namun adanya proses cepat dan tak terlalu merumitkan pihak pengguna layanan tersebut adalah kelebihan yang diberikan oleh Pegadaian.

Para nasabah yang akan menyimpan atau meminjam uang hanya perlu membawa identitas serta barang yang akan digadaikan. Dengan beberapa proses yang dilakukan oleh pihak Pegadaian pada jangka waktu yang singkat pihak nasabah bisa melakukan penyimpanan atau peminjaman dana.

Khusus untuk besaran dana yang akan didapatkan oleh pihak nasabah akan bergantung pada taksiran harga pada barang yang dijadikan jaminan.

2. Tidak perlu membuka rekening baru

Beberapa bank mengharuskan buka rekening baru kepada para nasabah yang akan melakukan pengajuan pinjaman atau bahkan juga ada biaya administrasi yang turut dibebankan. Hal ini terkadang membuat para nasabah merasa tak nyaman setiap akan melakukan proses peminjaman dana.

Namun pada saat nasabah menggunakan layanan dari Pegadaian hal tersebut tak perlu dipikirkan. Pasalnya menggunakan layanan Pegadaian tak perlu membuka rekening baru. Para nasabah bahkan bisa langsung bawa dana yang ingin dipinjam. Namun dana tersebut bisa cair ketika syarat dan ketentuan telah disepakati oleh kedua belah pihak yang bersangkutan.

3. Angsuran ringan

Keuntungan yang didapatkan dari menggunakan Pegadaian adalah angsuran tergolong ringan dan tak akan memberatkan pihak nasabah. Hal ini tak lain karena angsuran yang dibebankan kepada nasabah akan disesuaikan dengan kemampuan dari pihak nasabah. Hal inilah yang menjadikan Pegadaian begitu berbeda dari tempat gadai lainnya.

4. Adanya penetapan sistem bunga menurun

Pegadaian juga memberlakukan sistem bunga menurun. Itu artinya perhitungan bunga bisa disesuaikan dengan sisa pinjaman yang ada. Ketika pinjaman masih memiliki sisa kecil, maka bunga yang dibebakan kepada nasabah juga akan turut menurun jumlahlah. Hal ini tidak dimiliki oleh tempat lain yang biasanya memang memiliki ketentuan sistem suku bunga teta[.

5. Mudah melakukan perpanjangan jatuh tempo

Pegadaian selalu bisa memberikan solusi terbaik kepada para nasabahnya. Hal ini juga berlaku ketika nasabah mengalami keterlambatan dalam proses pembayaran angsuran maupun melakukan pembayaran pelunasan pinjaman.

Dimana  nantinya pihak Pegadaian akan memberikan tawaran solusi untuk masa angsuran menjadi diperpanjang atau mundur. Walaupun keterlambatan atau pengunduran masa pengembalian nantinya juga akan dibebankan bunga keterlambatan. Namun solusi pemanjangan jatuh tempo bisa begitu memberikan manfaat bagi para peminjam untuk terus melanjutkan angsuran yang terlambat.

6. Janiman yang begitu beragam

Pegadaian adalah tempat simpan pinjam dana yang bisa memberikan banyak sekali kemudahan pada nasabahnya. Misalnya dari segi jaminan yang memiliki banyak pilihan. Mulai dari motor bekas, mobil hingga perhiasan bisa dijadikan jaminan untuk pinjaman di Pegadaian.

Adanya kemudahan dalam pilihan jaminan akan mempermudah para nasabahnya. Hal juga akan bisa menjadikan para nasabah semakin nyaman dalam menggunakan setiap layanan dari Pegadaian.

Nah itulah ulasan mengenai keuntungan dalam menggunakan layanan Pegadaian. Saat ini Pegadaian memang bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan dana pinjaman dengan lebih mudah dan cepat.

Bahkan Pegadaian juga memberikan layanan pinjaman dana jaminan BPKB dengan jangka waktu pembayaran yang relatif fleksibel, taksiran harga barang yang tak merugikan pihak nasabah sekaligus bunga yang tak memberatkan pihak nasabah.