Gadai BPKB mobil di koperasi simpan pinjam sebaiknya ketahui cara dan persyaratan umum yang terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah kemungkinan terburuk yang bisa terjadi seperti penipuan atau hal semacamnya.

Cara Gadai Mobil di Koperasi Simpan Pinjam

Seperti diketahui, banyaknya layanan penyedia jasa gadai terkadang membuat kita bingung harus memilih yang mana. Salah satu penyedia gadai mobil yang bisa dipilih adalah koperasi simpan pinjam. Di sini, anda bisa melakukan gadai mobil. Lantas, bagaimana caranya? Simak ulasan berikut.

1.Memilih Koperasi Simpan Pinjam yang Tepat

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah koperasi tersebut terdaftar di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI. Untuk mengecek statusnya, anda bisa langsung melihatnya di laman resmi website Kementerian Koperasi dan Usaha Menengah RI.

Selain itu, pastikan pula koperasi tersebut memiliki izin penyelenggaraan transfer dana dari Bank Indonesia atau memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Dengan demikian, maka koperasi ini memiliki jaminan keamanan untuk bisa melayani kebutuhan dari nasabahnya.

2.Penuhi Persyaratan yang Berlaku

Selain mengecek status dan izin dari koperasi untuk gadai BPKB mobil di koperasi simpan pinjam, sebaiknya penuhi juga persyaratan yang diberlakukan. Adapun syarat umum yang hampir diberlakukan antara lain seorang  warga negara Indonesia (WNI).

Kemudian, anda juga harus memahami bahwa keanggotaan biasanya bersifat perorangan bukan dalam bentuk badan hukum. Lalu, anda juga diharuskan untuk membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai ketentuan dan anda juga harus menyetujui hasil keputusan Rapat Anggota Tahunan.

Serahkan Berkas-Berkas yang Dibutuhkan

Siapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk melakukan pengajuan gadai. Biasanya berkas yang diperlukan meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), NPWp jika ada dan sejumlah syarat lainnya.

Setelah terdaftar dan teregistrasi, biasanya ada proses verifikasi terlebih dahulu yang harus ditunggu. Namun, hal ini juga tergantung dari koperasi simpan pinjam yang menaungi. Ada yang harus mensyaratkan untuk proses registrasi dilakukan secara online ada pula yang mengharuskan untuk datang ke kantor.

Setelah mengetahui dan melakukan cara-cara di atas, maka pinjaman dana jaminan BPKB akan segera diproses. Anda tinggal menunggu proses pengecekan serta hasilnya. Apabila teah mmenuhi persyaratan maka proses gadai  BPKB mobil anda berhasil.

Nah, itulah ulasan mengenai cara gadai BPKB mobil di koperasi simpan pinjam yang sebaiknya diketahui. Jangan lupa untuk memenuhi persyaratan yang berlaku. Selain itu, pastikan bahwa koperasi simpan pinjam tempat anda gadai juga memiliki izin resmi dari OJK dan terdaftar di Kementerian Kementerian Koperasi dan Usaha Menengah RI.