Syarat gadai BPKB di pegadaian perlu anda pahami. Kekurangan uang selalu menjadi masalah yang besar bagi siapapun. Bahkan tidak jarang masyarakat Indonesia rela menggadaikan aset yang dimilikinya untuk mendapatkan uang sekalipun terdapat syarat gadai BPKB di pegadaian yang harus dipenuhi.

Karena memang uang sangatlah dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tanpa adanya uang, banyak kebutuhan tidak terpenuhi yang dapat memicu pada permasalahan-permasalahan lainnya. Tentu hal inilah yang berusaha untuk dihindari.

Ulasan berikut ini akan membahas tentang peminjaman dana di Pegadaian utamanya yang menggunakan BPKB sebagai jaminan utama untuk mendapatkan pinjamannya. Penasaran? Simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Persyaratan Gadai BPKB di Pegadaian

Sekalipun menjadi sebuah alternatif solusi, tetapi menggadaikan BPKB di pegadaian bukanlah langkah yang instan. Bagaimanapun pegadaian akan meminta berkas-berkas persyaratan sebagai bukti kepemilikan yang sah dan pemenuhan administrasi.

Berikut adalah apa syarat gadai BPKB di pegadaian antara lain:

  1. Fotokopi KTP sendiri dan pasangan
  2. Fotokopi KK
  3. Surat Keterangan Domisili
  4. Izin Praktik Usaha
  5. Fotokopi STNK
  6. Fotokopi BPKB
  7. Fotokopi Surat nikah
  8. Bukti cek fisik kendaraan
  9. Fotokopi PBB
  10. Fotokopi rekening listrik

Syarat-syarat di atas perlu dibawa secara lengkap ketika hendak mengajukan pinjaman dana jaminan BPKB ke pegadaian. Sekalipun sudah lengkap, bukan berarti anda akan mendapatkan dana saat itu juga, tetapi perlu menunggu 1-2 hari untuk konfirmasi berkas.

Setelah berkas anda selesai diverifikasi, maka BPKB anda akan berada di tangan pihak Pegadaian, untuk sejumlah uang yang anda pinjam sesuai dengan kesepakatan awal. Pastikan anda memahami bahwa pinjaman maksimal seharga dengan kendaraan yang digadaikan,

Angsuran Bulanan Gadai Kendaraan

Selain memahami persyaratan, anda juga perlu memahami angsuran yang perlu dibayarkan kepada pihak pegadaian sebagai bentuk pelunasan hutang anda. Biasanya hal ini dijelaskan bersamaan dengan syarat gadai BPKB di pegadaian di awal, tetapi banyak yang tidak memperhatikan.

  1. Pinjaman 1 juta sampai 10 juta rupiah dikenakan angsuran sewa modal sebesar 1.5% tiap bulannya.
  2. Pinjaman 10.1 juta sampai 50 juta rupiah dikenakan angsuran sewa modal sebesar 1.25% tiap bulannya.
  3. Pinjaman 50.1 juta sampai 100 juta rupiah dikenakan angsuran sewa modal sebesar 1.15% tiap bulannya.

Anda bisa memilih jangka waktu pinjaman fleksibel sesuai dengan kemampuan anda dalam melunasi pinjaman. Pihak pegadaian memberikan waktu pelunasan selama 12 sampai 36 bulan. Namun apabila anda ingin melunasi dengan lebih cepat, maka tidak akan menjadi masalah.

Itulah ulasan tentang syarat gadai BPKB di pegadaian yang perlu anda pahami sekaligus dengan angsuran perbulan yang bisa menjadi dasar anda memperkirakan jumlah pinjaman dan lama pinjaman yang hendak diambil di kantor pegadaian.