Tempat gadai sertifikat rumah perlu anda pahami tempat pinjaman terbaik. Cara mendapatkan uang dengan cepat salah satunya adalah dengan pinjaman kredit. Ada berbagai cara jika anda hendak memperoleh pinjaman kredit, biasanya dengan menggadaikan sesuatu yang berharga milik anda. Seperti gadai sertifikat rumah misalnya. Berbagai tempat gadai sertifikat rumah pun bisa anda pilih. Mulai dari koperasi, bank, pegadaian, dan lain sebagainya.

Banyak sekali kejadian dalam hidup ini yang tak terduga dan tak sesuai dengan rencana ideal kita sebagai manusia. Kebutuhan akan dapat uang dengan cepat dalam jumlah banyak seringkali terjadi. Anda bisa mendapatkan uang dalam jumlah cukup banyak dengan lebih mudah dengan cara menggadaikan sertifikat rumah anda. Hal tersebut karena pihak yang menerima gadai sertifikat rumah di koperasi misalnya, sangat mempertimbangkan jaminan berupa properti rumah dsb karena nilai investasinya yang terus meningkat.

Arti gadai sertifikat rumah

Saat anda menggadaikan sertifikat rumah milik anda, itu berarti anda menjadikan rumah tersebut sebagai jaminan untuk pihak yang memberikan anda pinjaman uang, paling umum memang bank. Dibanding bentuk jaminan lainnya, rumah memang terkenal lebih mudah cairnya untuk gadai sertifikat rumah di BPR.

Untuk dananya sendiri yang bisa anda dapatkan dari gadai sertifikat tanah adalah kjra-kira sebesar 80% hingga 90% dari total nilai sertifikat rumah tersebut. Cukup besar bukan? Lalu dimana bisa gadai sertifikat rumah?

Cara gadai sertifikat rumah

Biasanya banyak orang ke bank atau pegadaian yang memang khusus mengurusi hal tersebut sebagai tempat gadai sertifikat rumah. Berikut adalah cara dan syarat yang harus terpenuhi apabila anda ingin menggadaikan sertifikat rumah di dua lembaga tersebut.

1. Bank

Jika menggadaikan sertifikat di bank anda bisa mendapatkan dana hingga 90% dari nilai sertifikat rumah tersebut. Selain itu tenor atau jatuh tempo pembayarannya pun cukup panjang mulai dari 1 hingga 10 tahun untuk pinjaman bank BRI jaminan sertifikat rumah.

Berikut adalah beberapa syarat yang perlu anda penuhi:

  • Merupakan WNI
  • Minimal sudah berusia 21 tahun
  • Punya penghasilan tetap yang dibuktikan dengan tanda terima gaji bulanan jika anda pegawai kantoran (NPWP, slip gaji atau yang lainnya)
  • Agunan properti dalam kondisi pembangunan yang 100%
  • Menunjukkan KTP, Akta nikah jika anda, akta lahir, dan kartu keluarga untuk pinjaman bank BCA jaminan sertifikat rumah.
  • Sertifikat pecahan yang dalam kondisi sudah balik nama
  • Bukti yang menunjukkan DP
  • Formulir untuk KMG

2. Pegadaian

Jika anda hendak menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian, ada ketentuan batasan dana yang tidak bisa lebih dari 50 juta yang bisa anda dapatkan. Tenor atau jatuh temponya pun cukup dekat yaitu 3 hingga 5 tahun dari finance jaminan sertifikat rumah.

Untuk pengajuan kredit multiguna di pegadaian dengan gadai sertifikat rumah, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi diantaranya:

  • Telah berusia minimal 21 tahun
  • FC Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk
  • FC surat nikah jika anda sudah memiliki keluarga sendiri
  • Surat keterangan usaha jika anda seorang wirausaha
  • Sertifikat rumah yang asli
  • Sertifikat tanah yang asli
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Bukti atau kwitansi pembayaran PBB yang paling terakhir

Selanjutnya jika anda sudah memenuhi semua persyaratan tersebut, selanjutnya anda bisa segera mengajukan kredit pinjaman dana multiguna dengan cara berikut:

  • Datangi kantor pegadaian yang terdekat dari lokasi anda dan membawa syarat atau dokumen yang sudah disiapkan tadi
  • Isi formulir pinjaman
  • Selanjutnya dari pihak pegadaian akan menentukan nilai jual sertifikat rumah anda
  • Apabila pihak pegadaian menyetujui permintaan pinjaman dana anda, maka dana bisa cair mulai dari 1 hingga 5 hari setelah anda mengajukannya
  • Untuk penyerahan dana kredit tersebut bisa anda lakukan dengan cara mengambil secara tunai di pegadaian atau bisa juga dikirim melalui nomor rekening bank milik anda

Resiko yang perlu anda ketahui sebelum menggadaikan sertifikat rumah

Tampaknya sangat mudah sekali dapat dana pinjaman bank BNI jaminan sertifikat rumah, namun anda jangan senang terlebih dahulu karena ada beberapa resiko yang harus anda ketahui. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Sertifikat rumah anda pastinya akan ditahan oleh pihak pemberi pinjaman kredit hingga masa kredit anda sudah berakhir
  • Jika masa kredit atau jatuh tempo sudah datang namun anda belum bisa melunasi pinjaman kredit tersebut, maka kemungkinan besar rumah anda bisa disita oleh pihak pemberi pinjaman
  • Suku bunga yang harus anda bayarkan untuk pinjaman tersebut cukup besar, bisa sampai di atas 10% dari dana kredit pinjaman mandiri agunan sertifikat rumah.

Tips gadai sertifikat rumah supaya lebih aman

Apabila anda memang sedang butuh uang banyak dalam waktu singkat dan memutuskan untuk menggadaikan sertifikat rumah anda, maka setidaknya ikuti beberapa tips berikut ini supaya sertifikat anda aman dan anda tetap bisa mendapatkan uang pinjaman tersebut.

1. Nama anda ada di daftar pemilik sertifikat rumah

Seringkali orang lupa saat membeli rumah dari pihak penjual untuk membalik nama atas sertifikat tersebut. Pastikan anda sudah melakukannya dan sertifikat tersebut atas nama anda. Hal itu untuk makin memudahkan anda dalam proses mencairkan dana pinjaman. Pihak pemberi pinjaman seringkali menolak jika nama anda belum terdaftar di sertifikat.

2. Pilihlah lembaga pinjaman yang sudah terdaftar resmi di OJK

Hal-hal seperti gadai sertifikat rumah sangat menggiurkan bagi para oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu untuk meningkatkan keamanan anda dalam kredit dengan agunan sertifikat rumah sebaiknya pilihlah lembaga pinjaman yang sudah terdaftar di OJK.

3. Lengkapi syarat-syaratnya

Pastikan anda memenuhi semua dokumen yang disyaratkan oleh pihak bank atau pegadaian. Jika semua dokumen syarat sudah siap, jadikan satu dalam keadaan rapi supaya proses pinjaman kredit multiguna.

Hal tersebut akan semakin memudahkan pihak bank atau pegadaian dalam memproses ajuan anda sehingga dana yang anda cari pun bisa cair semakin cepat pinjaman gadai sertifikat rumah.

4. Status 5C

Jika anda hendak emngajukan pinjaman ke bank atau pemberi pinjaman lainnya, biasanya pihak tersebut akan memeriksa latar belakang anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyetujui permintaan anda.

Pemeriksaan tersebut untuk melihat seberapa mampu anda untuk mengembalikan pinjaman yang akan mereka berikan. Nah dalam pemeriksaan tersebut seringkali digunakan analisa 5C. Analisa 5C adalah singkatan dari Capacity, Character, Condition, Capital, dan Collateral.

Pihak pemberi pinjaman tentunya tidak ingin memberikan dana yang mereka miliki ke sembarang orang karena tidak semua orang memiliki kapasitas dan tanggung jawab yang cukup. Misalnya saja tidak mungkin bank memberikan pinjaman pada orang yang masih terlilit hutang besar di tempat lain. Atau misalnya anda belum memiliki penghasilan tetap, bank sebagai tempat gadai sertifikat rumah tentunya tidak mau mengambil terlalu banyak resiko kemana dananya akan mengalir.