Di mana bisa gadai sertifikat rumah pertanyaan ini sering muncul, apalagi seputar pinjaman usaha. Tidak semua tempat dapat melayani pinjaman dengan konsep gadai. Jadi, Anda harus berusaha cari tempat layanan finansial yang cocok untuk kebutuhan ini. Untuk permudah proses cari ini, mari bahas beberapa rekomendasi tempat pinjam uang untuk kebutuhan usaha dengan sertifikat rumah!

Bank dengan Layanan Pinjaman Multiguna

Pelayanan pinjaman multiguna sudah banyak ditawarkan bank – bank besar. Menggunakan program ini, siapa saja dapat mengajukan request pinjaman dengan syarat jaminan aset tertentu. Asset ini dapat berupa banyak hal. Contoh saja dokumen seputar saham, surat tanah, sertifikat rumah dan STNK.

Proses pinjaman ini bisa dibilang susah – susah gampang. Susah karena birokrasi pinjaman di bank jauh lebih ketat. Sedangkan gampang karena dari aspek kepercayaan dan bunga jauh lebih baik daripada pinjam di tempat lain.

Pegadaian

Pegadaian adalah tempat di mana bisa gadai sertifikat rumah paling pertama di pikiran masyarakat. Tempat ini mengizinkan Anda mendapat pinjaman sesuai dengan nilai barang yang digadaikan. Jika nilai rumah Anda tinggi, pinjaman yang bisa Anda ajukan dapat tinggi pula.

Namun, tetap saja, pihak pegadaian akan menyesuaikan besaran cicilan dengan kemampuan bayar Anda. Hal ini dilakukan untuk memastikan pinjaman tidak gagal bayar dan Anda memiliki kesempatan menebus sertifikat yang dijadikan jaminan.

Lembaga Finansial Non-Bank

Tempat gadai sertifikat rumah demi pinjaman usaha bisa juga dilakukan di lembaga finansial non-bank. Contoh lembaga ini antara lain BFI Finance, Adira dan Astra. Lembaga seperti ini dapat membantu untuk pinjaman sampai ukuran puluhan sampai ratusan juta Rupiah. Jadi tidak aneh jika banyak orang merekomendasikan pinjam di lembaga seperti ini untuk usaha.

Namun, Anda harus pastikan pilih yang benar. Hanya pilih lembaga finansial yang terdaftar di OJK dan sudah terkenal baik. Jangan sampai asal pilih tempat pinjam dan akhirnya terjebak hutang ke lembaga yang tidak benar.

Koperasi

Organisasi koperasi adalah badan bisnis dengan dasar penyejahteraan anggota. Koperasi simpan pinjam sudah lama ada di Indonesia dan banyak dimanfaatkan untuk pinjaman usaha. Koperasi besar umumnya punya program khusus dana pinjaman keperluan usaha. Anda tentu dapat menikmati program pinjaman tersebut selama jadi anggota koperasi.

Umumnya, pinjaman besar di koperasi selalu menggunakan jaminan. Baik itu jaminan surat kendaraan, aset emas dan juga tanah. Sertifikat rumah juga dapat digunakan sebagai jaminan dengan saldo besar. Jadi, silahkan komunikasi dengan koperasi di lingkungan Anda. Siapa tahu, Anda bisa dapat pinjaman jauh lebih mudah.

Sekarang Anda sudah tahu di mana bisa gadai sertifikat rumah yang mudah untuk usaha. Mudah – mudahan informasi ini berguna dan dapat Anda manfaatkan. Pengajuan pinjaman usaha harus benar – benar Anda perhatikan, jadi usahakan menimbang tempat yang tepat untuk melakukannya. Semoga sukses mengajukan pinjaman usaha Anda!