Pinjaman Gadai Sertifikat rumah sudah menjadi salah satu jaminan yang mempunyai daya jual tinggi agar bisa mendapatkan pinjaman dengan nominal yang besar. Hal tersebut membuat banyak orang mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah karena nilai rumah memang lebih besar jika dibandingkan dengan kendaraan maupun aset lain sebagai jaminan.

Hampir semua bank dapat mencairkan dana berkisar 80 sampai 90 persen dari jumlah nilai agunan, seperti properti milik nasabahnya. Namun menggadaikan sertifikat rumah tak bisa dilakukan sembarangan karena anda harus bisa memilih Tempat gadai sertifikat rumah terpercaya. hal tersebut karena rumah menjadi salah satu kebutuhan utama yang berharga. Sebelum anda terburu-buru, ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan terlebih dahulu.

Pilih bank atau finance terpercaya pinjaman gadai sertifikat rumah

Ada banyak bank, finance atau lembaga pembiayaan lainnya yang mau menerima layanan gadai sertifikat rumah. Namun sebelum anda menentukan, akan lebih baik jika anda mencari tahu informasinya terlebih dahulu dan pilih mana yang sudah diawasi secara resmi oleh pihak OJK supaya lebih aman.

Anda juga bisa kunjungi beberapa website resminya agar bisa membandingkan beberapa bank penyedia kredit dengan jaminan yang mempunyai bunga rendah.

Tentukan nominal pinjaman gadai sertifikat rumah

Kemudian, anda bisa menentukan berapa nilai pinjaman yang ingin anda ajukan. Pihak kreditur biasanya akan memberikan penilaian terhadap aset rumah yang akan anda gadaikan. Misalnya saja jika aset anda sebesar 500 juta, maka belum tentu pihak pendanaan tersebut memberikan anda pinjaman sebesar 500 juta. Mereka mungkin akan meminjamkan nominal pinjaman maksimal 80 persen dari nilai jaminan tersebut.

Jangan lupa bayar cicilan tepat waktu

Setelah pengajuan kredit tersebut sudah disetujui, jangan lupa untuk membayar cicilan tersebut tepat waktu. Anda harus menyadari jika aset yang anda gadaikan tidak main-main melainkan sertifikat rumah. Komitmen menjadi hal penting agar sertifikat anda bisa anda ambil lagi dengan aman. Jangan sampai rumah anda disita oleh pihak bank karena tidak membayar tagihan. pinjaman gadai sertifikat rumah membutuhkan komitmen dan pertimbangan yang matang.

Lokasi rumah anda

Anda harus tahu jika tidak semua rumah bisa anda gunakan sebagai jaminan. Terdapat pula pihak bank yang mungkin menolak sertifikat rumah karena beberapa faktor. Salah satu faktornya yaitu lokasi rumah yang mungkin berada di kawasan rawan banjir.

Bahkan jika area rumah dekat dengan sutet, gang sempit, atau pemakaman juga kemungkinan besar ada resiko pengajuan anda akan ditolak. Sebelum anda menggadaikannya, anda bisa pastikan jika lokasi rumah anda terbilang aman.

Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah maka anda harus teliti dalam memilih dimana anda akan menggadaikannya. Anda bisa pilih tempat terpercaya dan aman.