Sekolahin BPKB mobil ternyata memiliki beberapa manfaat. Salah satunya adalah Anda bisa sekolahin BPKB mobil itu di Pegadaian ataupun bank terdekat. BPKB mobil ini bisa dipakai sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman secara tunai. Tentu saja, Anda wajib menyekolahkan BPKB tersebut ke pihak penyedia jasa terpercaya. Inilah beberapa hal yang Anda perhatikan sebelum menyekolahkan BPKB mobil Anda.

Apakah Itu Gadai BPKB Mobil?

Gadai merupakan suatu hal yang didapatkan atas benda bergerak sebagai jaminan yang diberikan oleh pihak pegadai. Pemberi gadai bisa memberikan agunan untuk pinjaman yang didapatkan. Agunan tersebut bisa bermacam-macam tergantung kesepakatan dan kepemilikan. Salah satunya adalah gadai BPKB mobil. Agunan ini bisa diserahkan ke pihak pemberi dana segar oleh penerima gadai dengan jaminan dana tunai yang didapatkan. Setelah Anda memperoleh dana tunai, maka Anda bisa diwajibkan untuk membayar jumlah angsuran per bulannya untuk pemilihan pinjaman jaminan BPKB mobil. Sedangkan untuk gadai BPKB mobil, maka Anda diharuskan membayar sejumlah uang pinjaman pokok dan bunga sekaligus.

Pertimbangan Sebelum Nyekolahin BPKB Mobil

Sebelum Anda mengajukan gadai BPKB mobil terdekat, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini.

1. Tujuan Gadai BPKB

Ada baiknya untuk mempertimbangkan gadai BPKB mobil. Anda bisa memakai pinjaman ini untuk beberapa keperluan produktif agar Anda bisa mengembalikan biaya gadai BPKB mobil. Hindari menyekolahkan BPKB mobil untuk kebutuhan konsumtif yang mewah.

2. Produk Gadai

Pertimbangan lainnya untuk gadai BPKB mobil online adalah produk gadai yang ditawarkan. Pastikan produk gadai BPKB ini sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Anda harus bisa membayar angsuran, bunga, dan pokok pinjaman sesuai dengan waktu yang ditentukan.

3. Tepat Waktu

Hal lainnya adalah membayar cicilan atau angsuran gadai BPKB mobil secara on time atau tepat waktu agar Anda tidak mendapatkan penalti ataupun denda.

Syarat Sekolahin BPKB Mobil

Sekolahin BPKB mobil menjadi cara terbaik untuk mendapatkan sejumlah dana tunai dengan waktu cepat. Anda bisa melihat beberapa syarat gadai BPKB mobil yang tepat agar bisa segera mendapatkan dana yang diinginkan. Inilah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

1. Warga Negara Indonesia

Peminjam harus warga negara Indonesia dengan usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Setiap peminjam juga harus mempunyai pekerjaan tetap minimal 1 tahun.

2. Dokumen Identitas Pribadi

Setiap tempat gadai BPKB mobil mengharuskan peminjam untuk menyiapkan beberapa dokumen identitas pribadi seperti KTP, Kartu Keluarga, KTP pasangan bila sudah menikah, foto tempat bekerja, dan pas foto. Pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa dokumen tersebut untuk mengajukan gadai BPKB mobil.

3. Surat-Surat Kendaraan Bermotor

Tak hanya dokumen identitas pribadi saja, pihak peminjak juga harus melengkapi surat-surat kendaraan bermotor yang dibutuhkan seperti BPKB mobil, STNK, dan foto kendaraan yang digadaikan. Mobil sebaiknya berumur tak lebih dari 5 tahun dan pajak aktif. Nama pemilik BPKB mobil juga harus sama dengan KTP yang ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil.

Proses pengajuan gadai BPKB mobil ini sangat mudah. Anda bisa datang ke kantor pemberi gadai secara langsung dengan membawa beberapa persyaratan yang sudah ditentukan. Kemudian, Anda bisa segera mengisi formulir dan menentukan jumlah pinjaman dan jangka pinjaman. Biasanya petugas akan segera melakukan penilaian atau persyaratan dan berkas yang dibawa. Petugas akan melakukan gadai BPKB mobil tanpa survey sehingga memudahkan Anda untuk segera memperoleh dana segar. Jika petugas sudah melakukan penilaian, Anda akan diminta untuk melakukan klarifikasi atau persetujuan terkait penilaian tersebut. Bila Anda setuju, maka petugas akan segera membuatkan bukti pinjaman gadai BKPB mobil. Anda memiliki kewajiban untuk membayar cicilan pinjaman sesuai dengan batas waktu peminjaman.

Kelebihan Gadai BPKB Mobil

Cara gadai BPKB mobil yang mudah dan cepat menjadi pilihan banyak pihak. Anda akan memperoleh dana yang diinginkan tetapi tidak perlu melakukan survey terhadap jaminan yang diberikan. Mengajukan gadai BPKB mobil ini ternyata memiliki beberapa keuntungan dan kekurangan seperti dibawah ini;

1. Proses Cepat

Seperti sudah diketahui bahwa proses peminjaman dengan jaminan BPKB mobil ini berlangsung cepat sehingga cocok untuk Anda yang membutuhkan dana dalam jumlah tertentu secara mendadak. Anda bisa mendapatkan dana tersebut di penyedia dana terdekat.

2. Syarat Mudah

Tak hanya prosesnya yang cepat, gadai BPKB mobil ini juga menawarkan syarat mudah. Anda tak perlu pusing menyiapkan beberapa persyaratan yang rumit. Tinggal menyiapkan identitas pribadi dan kendaraan bermotor atau mobil, maka Anda akan segera memperoleh dana tunai.

3. Sesuai Kemampuan

Gadai BPKB mobil bunga rendah juga masih menjadi andalan banyak pihak. Peminjam cenderung memilih gadai BPKB mobil karena bunganya yang cenderung rendah sehingga tidak membebani kemampuan finansial. Jumlah pinjaman juga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial setiap peminjam.

Kekurangan Gadai BPKB Mobil

Adapun kekurangan dari gadai BPKB mobil adalah sebagai berikut;

1. Mobil Tidak Bisa Digunakan

Mobil yang BPKBnya disekolahkan maka tidak bisa dipakai selama Anda belum melunasi pinjamannya. Jadi, Anda harus memastikan bahwa memiliki kendaraan cadangan. Pihak gadai akan menyimpan mobil tersebut selama proses gadai. Mobil akan disimpan dan dilindungi asuransi dengan baik sehingga Anda tak perlu khawatir.

Anda bisa mengajukan pinjaman dengan agunan BPKB Mobil yang memiliki sifat produktif sehingga Anda bisa mengembalikan jumlah pinjaman tersebut. Pastikan Anda mendapatkan dokumen dan legalitas terhadap proses peminjaman ataupun gadai BPKB mobil tersebut. Biasanya proses gadai BPKB langsung cair ketika prosesnya sudah disetujui.

2. Hak-Hak Yang Didapatkan Saat Menyekolahkan BPKB Mobil

Ada beberapa penawaran pinjaman untuk sekolahin BPKB mobil dengan syarat mudah dan cepat. Anda bisa menggadaikan BPKB mobil tanpa menyimpan kendaraan ini di tempat gadai ini. Inilah beberapa hak-hak yang didapatkan saat Anda menyekolahkan BPKB mobil.

  • Proses Mudah dan Cepat

Proses gadai BPKB mobil ini berlangsung cepat dan mudah sehingga memberikan keuntungan bagi Anda yang membutuhkan dana tunai dengan cepat. Pastikan Anda memiliki kemampuan membayar hutang atau cicilan 30% dari pendapatan bulanan Anda. Bila Anda tak memiliki kemampuan finansial, maka Anda akan mengalami kesulitan dalam pembayaran.

  • Polisi Tak Boleh Mengurusi Hutang

Hak lain yang didapatkan adalah pihak kepolisian tidak dibolehkan untuk mengurusi hutang Anda. Ini tertuang di peraturan yang ada karena pihak kepolisian harus melindungi pihak yang berhutang. Tak ada satu polisi pun yang bisa masuk dalam dunia perutangan secara personal kecuali dalam kasus sengketa.

  • Jaminan Fidusia

Ini adalah jaminan yang didapatkan pihak pegadai untuk mendapatkan jaminan fidusia tanpa perlu menyerahkan mobil secara fisik. Tetapi ketika Anda gagal membayar cicilan gadai BPKB mobil, maka pihak gadai akan menyita mobil yang Anda miliki.

Itulah beberapa hal yang harus dipelajari saat ingin sekolahin BPKB mobil Anda.