Gadai BPKB mobil bunga ringan merupakan salah satu solusi yang kini banyak dipilih untuk memenuhi kebutuhan dana darurat. Seperti yang diketahui, gadai merupakan salah satu metode yang sudah cukup lama dilakukan di masyarakat kita untuk mendapatkan dana cepat.

Gadai merupakan proses meminjam uang dalam jangka waktu tertentu dengan cara menyerahkan barang sebagai jaminan. Gadai memerlukan barang bergerak sebagai agunan atau jaminan untuk mencairkan pinjaman dari perusahaan pembiayaan. Jika berhasil melunasi pinjaman tepat waktu, barang jaminan tersebut akan dikembalikan kepada peminjam.

Salah satu jenis barang yang sering digunakan sebagai jaminan gadai adalah BPKB kendaraan baik motor maupun mobil.

Mengapa Gadai BPKB Mobil Bunga Ringan?

BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor menjadi salah satu barang yang cukup banyak digunakan ketika berbicara mengenai gadai. Kebutuhan mendesak atau darurat dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Ketika hal ini terjadi, gadai BPKB mobil bunga ringan menjadi pilihan yang masuk akal karena buku tersebut sudah cukup sebagai agunan tanpa harus menjaminkan kendaraan terkait. Jadi Anda tetap dapat menggunakan kendaraan tersebut untuk menunjang aktivitas sehari-hari, termasuk STNKnya.

Pinjaman tunai BPKB mobil dapat digunakan untuk berbagai macam hal sesuai dengan kebutuhan peminjam misalnya untuk dana pengobatan, dana pendidikan, modal usaha, atau keperluan lainnya. Pihak gadai tidak akan menanyai macam-macam mengenai tujuan gadai Anda sehingga privasi tetap terjamin.

Keuntungan Gadai BPKB Mobil Bunga Ringan

1. Plafon Pinjaman Lebih Besar

Gadai BPKB mobil memungkinkan Anda untuk meminjam uang dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan BPKB motor. Jadi jika Anda membutuhkan dana yang cukup besar, gadai BPKB mobil cepat cair dapat menjadi solusinya.

2. Proses Cepat

Proses pengajuan pinjaman tunai jaminan BPKB mobil di sebagian besar jasa pinjaman umumnya memerlukan waktu yang lama. Hal ini tentu kurang cocok jika Anda perlu pinjaman dana mendesak yang harus segera dibayar. Untuk itu, gadai BPKB memberikan kemudahan dengan proses pengajuan yang cepat sehingga peminjam dapat segera memperoleh uang yang dibutuhkan. Bahkan proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online sehingga sangat cocok untuk Anda yang sibuk.

3. Syarat Mudah

Syarat gadai  di leasing gadai BPKB mobil lebih mudah dipenuhi dan memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan menggunakan agunan lain seperti sertifikat. Pemohon cukup melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen itu pun biasanya sudah tersedia di rumah seperti Kartu Keluarga, KTP, slip gaji, dll sehingga tidak perlu repot-repot lagi mencari dokumen pendukung lainnya. Bahkan jika ada dokumen yang kurang, pemohon akan dibantu untuk melengkapinya atau dibantu sampai cair.

4. Bunga Ringan

Selama ini bunga menjadi salah satu pertimbangan utama ketika ingin mengajukan pinjaman. Pinjaman dengan agunan BPKB mobil menawarkan bunga yang ringan dan bersaing sehingga tidak akan membebani peminjam karena bunga yang besar.

5.  Menerima BPKB Semua Merek Kendaraan

Jasa pinjaman dana BPKB mobil melayani semua merek mobil baik buatan Jepang, Eropa, atau yang lainnya selama memenuhi kriteria dokumen atau kondisi yang telah ditentukan.

6. Menerima BPKB Dengan Kondisi Pajak Mati

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman tetapi ragu-ragu karena pajak kendaraan belum dibayar atau mati, Anda tetap dapat mengajukan pinjaman. Bahkan layanan gadai ini akan membantu memperpanjang pajak kendaraan tersebut melalui potongan saat pencairan.

7. Menerima BPKB yang Belum Balik Nama

Jika Anda adalah pemegang BPKB tangan kedua dan belum melakukan balik nama kepemilikan kendaraan tersebut, pengajuan pinjaman akan tetap diproses sehingga tidak perlu repot-repot melakukan balik nama dulu yang jelas akan memerlukan biaya lagi.

8. Tidak Perlu Menyertakan Kendaraan Untuk Jaminan

Jika Anda menggadai BPKB mobil di jasa gadai, Anda tidak perlu menjaminkan kendaraan seperti gadai BPKB mobil di Pegadaian sehingga kendaraan tetap dapat digunakan.

Apa Saja Syarat yang Dibutuhkan Untuk Gadai BPKB Mobil Bunga Ringan?

Perorangan

Status peminjam terdiri dari 2 jenis yaitu perorangan dan perusahaan. Peminjam perorangan adalah orang yang bekerja sebagai karyawan atau wiraswasta. Sementara itu peminjam perusahaan adalah pengajuan peminjaman yang mengatasnamakan badan usaha.

  1. Peminjam berusia 21-60 tahun dan berpenghasilan
  2. Melampirkan fotokopi kartu identitas (KTP) pemohon dan penjamin
  3. Melampirkan fotokopi KK. Bagi pemohon yang belum menikah dapat menggunakan KK orangtua serta mendapat ijin dari saudara kandung di satu kota.
  4. Melampirkan fotokopi NPWP
  5. Melampirkan surat nikah sebagai dokumen penguat
  6. Slip gaji terakhir atau menunjukkan rekening tabungan 3 bulan terakhir

Kriteria Gadai BPKB Mobil Bunga Ringan yang dapat dijadikan jaminan untuk pinjaman:

  1. Usia maksimal kendaraan yang BPKBnya dijadikan agunan adalah 20 tahun
  2. Kendaraan dalam kondisi baik dan standar atau tidak dimodifikasi
  3. Kendaraan berfungsi dengan normal, bukan kendaraan khusus seperti truck pertambangan
  4. Melampirkan fotokopi BPKB dan STNK kendaraan yang berkaitan

Syarat Khusus Untuk Peminjam Atas Nama Perusahaan

  1. Salinan akte pendirian perusahaan, TDP, dan SIUP
  2. Salinan identitas (KTP) direktur utama dan pasangan (istri/suami – bagi yang sudah menikah)
  3. Fotokopi rekening koran perusahaan dan direktur utama
  4. NPWP direktur utama.
  5. Dokumen lainnya menyesuaikan syarat poin kedua

Syarat Untuk Peminjam Profesional atau Wiraswasta

  1. Dokumen mengacu pada persyaratan dokumen peminjam atas nama individu
  2. Rekening koran/rekening tabungan 3 bulan terakhir
  3. Surat ijin praktek khusus untuk profesional

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Proses Pengajuan Pinjaman Gadai BPKB Mobil Bunga Ringan

  1. Saat survey, tunjukkan dokumen asli kepada surveyor untuk verifikasi dokumen yang diberikan berupa salinan
  2. Jangan menyerahkan dokumen asli kepada surveyor atau pihak marketing
  3. Penyerahan jaminan dan dokumen-dokumen hanya dapat dilakukan oleh konsumen ke kantor yang telah ditunjuk oleh jasa peminjaman serta tidak bisa dititipkan pada orang lain selain peminjam itu sendiri.
  4. Pastikan Anda mendapatkan tanda terima resmi dari jasa peminjam yang diberikan oleh kantor cabang
  5. Penyerahan BPKB asli dilakukan hanya jika permohonan resmi disetujui.
  6. Peminjam berhak menerima salinan kontrak dan asuransi pertanggungan BPKB mobil yang menjadi agunan.

Tips Gadai BPKB Mobil Bunga Ringan

Pinjaman cepat jaminan BPKB mobil memang menjadi solusi yang praktis dan mudah untuk mendapatkan dana dalam waktu cepat. Agar Anda semakin nyaman untuk menggunakan layanan ini, berikut ini adalah beberapa tips ketika melakukan gadai.

1. Manfaatkan Untuk Hal yang Penting

Gunakan uang yang Anda pinjam secara bijak, prioritaskan untuk kebutuhan yang mendesak atau sebagai tambahan modal usaha. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk menebus jaminan yang digadaikan.

2.  Melihat Kapasitas atau Kemampuan Bayar

Jasa gadai BPKB mobil online akan menyetujui permohonan pinjaman sesuai dengan kondisi mobil. Untuk itu, pastikan untuk mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mencicil pinjaman tersebut. Pastikan cicilan tersebut tidak menganggu pengeluaran kebutuhan pokok harian Anda.

3. Pilihlah Layanan yang Terpercaya

Saat ini ada banyak layanan yang menyediakan jasa gadai BPKB mobil. Dengan banyaknya jasa yang ada, pastikan untuk memilih layanan yang terpercaya dan profesional mengingat layanan tersebut akan memegang agunan BPKB mobil dalam jangka waktu tertentu.

Demikian sedikit informasi mengenai cara gadai BPKB mobil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat, khususnya yang baru pertama kali hendak mengajukan Gadai BPKB mobil bunga ringan.