Cara beli rumah dengan gadai sertifikat rumah menjadi cara andalan untuk mendapatkan pinjaman dana dalam jumlah besar. Selain itu untuk biaya pendidikan, biaya pernikahan, atau kebutuhan urgen lainnya yang membutuhkan pinjaman cepat. Lantaran menggadaikan sertifikat rumah mudah dilakukan dan dinilai paling aman juga memiliki banyak keuntungan.

Eits, tetapi bagaimana kalau diperlukan untuk membeli rumah? Yuk, kepoin cara beli rumah dengan gadai sertifikat!

Nah, sudah menjadi kebiasaan saat membutuhkan dana yang mendesak, orang memilih menggadaikan barang berharga. Tak hanya rumah, ada berbagai barang yang bisa digadaikan mulai dari perhiasan, kendaraan bermotor, sertifikat rumah salah satunya. Dengan menggadaikan sertifikat rumah, Anda akan memperoleh pinjaman dana kurang lebih 70-80 persen dari nilai jual rumah. Ada beberapa cara beli rumah dengan gadai sertifikat, antara lain:

1. Mencari perincian informasi sebelum datang langsung

Langkah pertama untuk melakukan gadai tentunya mencari tahu tentang gadai sertifikat rumah mulai dari sistem, persyaratan, dan informasi lainnya. Selengkapnya informasi yang penting seperti besar bunga, jumlah pinjaman, biaya tambahan, dan jangka waktu pinjaman. Selain itu, sebelum memilih instansi untuk melakukan pinjaman juga perlu memerhatikan legalitas serta kelengkapan sertifikat rumah itu. Eits, tetapi ingat apabila rumah yang digadaikan harus bebas dari sengketa

2. Mendatangi langsung kantor pegadaian

Cara paling efektif untuk melakukan gadai adalah dengan datang langsung ke kantor pegadaian. Di mana Anda bisa langsung bertanya seputar gadai sertifikat rumah dan meminta solusi atas masalah menggadaikan tersebut. Salah satunya apabila ingin gadai sertifikat rumah untuk membeli rumah. Dengan datang ke sana sendiri, Anda bisa mengetahui semua informasi tentang cara gadai sertifikat rumah. Anda hanya perlu membawa dokumen yang ada dalam persyaratan gadai sertifikat rumah serta mengisi formulir. Syarat pengajuan yang dibutuhkan seperti fotokopi kartu keluarga dan aslinya, sertifikat rumah asli, hingga slip gaji, dan bukti lainnya.

3. Menunggu persyaratan diterima

Apabila persyaratan yang Anda ajukan untuk gadai sertifikat rumah sudah lengkap tinggal menunggu konfirmasi dari pihak pegadaian. Di mana mereka akan menghitung berapa nilai jual untuk rumah yang Anda gadaikan. Nantinya nilai jual akan ditawarkan kepada Anda, apabila setuju maka dalam 1-5 hari kerja pinjaman akan cair, akan tetapi juga bergantung pada nominal yang Anda  butuhkan.

Nah, itulah cara beli rumah dengan gadai sertifikat yang bisa Anda lakukan. Usai dana cair, Anda bisa menggunakannya untuk membeli rumah baru yang kekinian. Eits, tetapi dalam melakukan gadai sertifikat rumah perlu mempertimbangkan berbagai hal tentang penyedia pinjaman atau pegadaian, pastikan aman dan bandingkan dengan yang lainnya.

Kini, melakukan gadai sertifikat rumah pun dipermudah dengan adanya jasa gadai sertifikat rumah. Di mana Anda tidak perlu ribet menyiapkan dokumen, pergi ke pegadaian, dan lainnya karena akan ada orang yang melakukannya. Akan tetapi, jasa seperti ini perlu mengeluarkan uang untuk membayarnya.