Apabila membutuhkan dana atau biaya untuk keperluan tertentu dalam jumlah besar, mungkin Anda bisa menggadaikan sertifikat rumah. Dimana cara menggadaikan sertifikat rumah bisa melalui pegadaian ataupun bank. Dengan begitu, urusan Anda untuk mendapatkan dana tersebut bisa lebih mudah.

Cara Terbaik Menggadaikan Sertifikat Rumah

Menggadaikan sertifikat untuk mendapatkan sejumlah dana merupakan cara paling cepat, salah satunya sertifikat rumah atau tanah. Cara menggadaikan sertifikat rumah juga bisa dengan banyak cara, bisa melalui bank, pegadaian resmi ataupun yang tidak resmi hingga koperasi simpan pinjam.  Adapun cara yang umum melalui bank adalah sebagai berikut:

1. Pilih dan Datang Ke Bank Tujuan

Sebelum mulai menggadaikan sertifikat ke bank, tentunya Anda harus menentukan pilihan bank mana yang akan dituju setelah melalui sedikit survey mengenai persyaratan yang diajukan oleh bank tersebut. Karena, meskipun secara umum hampir sama persyaratan dari bank tapi terkadang ada yang memiliki sedikit perbedaan atau penambahan syarat dan itu perlu Anda ketahui. Jika sudah menentukan pilihan, langsung kunjungi kantor bank untuk melanjutkan tujuan Anda.

2. Memenuhi Syarat

Anda yakin mendatangi sebuah bank untuk menggadaikan sertifikat rumah tentunya dengan sudah siap dan memenuhi semua syarat yang diajukan. Syarat tersebut diantaranya mengenai minimal usia, jumlah penghasilan Anda setiap bulan, memiliki agunan properti yaitu rumah sebagai kredit agunan sertifikat rumahnya tadi. Selain itu, juga termasuk syarat dari dokumen yang harus disiapkan.

3. Pengecekan Sertifikat

Jika sertifikat rumah yang akan ada jadikan agunan atau ingin digadaikan, maka sebelum terjadi transaksi dengan Anda pihak bank akan mengecek keabsahan sertifikat rumah Anda. Setelah dianggap sah, maka sertifikat tersebut akan diambil dan ditahan jika transaksi peminjaman uang berhasil dilakukan.

4. Mengisi Formulir

Apabila semua persiapan berhasil dilakukan, saatnya Anda mengisi formulir pertanda Anda siap untuk mengajukan penggadaian sertifikat rumah tersebut.

5. Melengkapi Dokumen

Seperti yang sudah dikatakan, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon adalah kelengkapan dokumen. Dimana dokumen yang dimaksud selain sertifikat rumah yang menjadi kelengkapan utama, juga beberapa dokumen seperti kartu identitas pemohon mulai dari KTP, akta nikah, akta lahir serta kartu keluarga. Termasuk juga dengan slip keterangan penghasilan dan juga fotocopy NPWP.

6. Persetujuan Dua Pihak

Setelah semua proses selesai dan dinyatakan oleh bank persyaratan terpenuhi, serta dana yang akan diberikan juga disetujui oleh bank dan Anda sebagai pemohon maka artinya transaksi sudah berhasil dan akan dijalankan. Namun, biasanya akan ada pengecekan properti yang diagunkan tadi sebelum dana dikirimkan kepada Anda.

Keuntungan Menggadaikan Sertifikat Rumah Melalui Bank

Cara cepat mendapatkan uang di saat keadaan genting salah satunya adalah dengan cara menggadaikan sertifikat rumah. Ada banyak lembaga yang bisa dijadikan tempat penggadaian, salah satunya bank. Keuntungan Anda menggadaikan sertifikat melalui bank yang disebut kredit multiguna adalah:

  1. Dana Yang Didapat Mencapai 90 % Harga Rumah
  2. Tempo yang Diberikan Mencapai 10 Tahun
  3. Keamanan Terjamin
  4. Proses Cukup Mudah

Itulah beberapa syarat dan keuntungan melakukan cara menggadaikan sertifikat rumah melalui lembaga bank baik Negeri maupun swasta. Semoga mempermudah tujuan Anda untuk mendapatkan dana.