Gadai sertifikat rumah di pegadaian atas nama orangtua dapat menjadi solusi terhadap banyak orang yang sedang dalam situasi mendesak. Hal tersebut bisa dikatakan bijaksana dan kurang karena saat orang tuanya mengetahui secara pasti tentu tidak jadi masalah. Tetapi jika disalahgunakan tentunya beda perkara nantinya. Pihak bank seringkali menolak kasus seperti itu karena juga menghindari kerumitan jangka panjang tapi bukan berarti tidak bisa.

Cara gadai sertifikat rumah di pegadaian atas nama orangtua:

1. Balikan nama

Adalah sebuah cara yang cukup simpel dan sadar 100% bahwa hak milik utuh dari orang tua diberikan ke anaknya sehingga hak penuh utuh kedua adalah anaknya. Misalnya, orang tua memiliki 3 rumah dengan 2 anak yang ketiga rumahnya tersebut masih nama orang tuanya. Kemudian karena anaknya ingin meminjam dana ke bank dengan jaminan sertifikat rumah maka nama salah satu rumahnya harus diubah ke nama anak. Ingat, pengubahan nama sebaiknya dilakukan saat orang tua masih hidup agar lebih mudah administrasi data dan kroscek persetujuannya.

Dalam hal ini, anak nantinya mengurus akta rumah ke pihak pejabat pembuat sertifikat terdekat sehingga butuh waktu setidaknya 6 bulan paling lama. Barulah setelah sertifikat tersebut turun atas nama anak kemudian bisa dijaminkan ke bank untuk pinjaman.

2. Surat kuasa

Adalah cara kedua dalam mengajukan Kredit dengan agunan sertifikat rumah ke bank. Surat kuasa dibuat atas nama orang tua dengan bubuhan materai 6000 sebanyak 3 lembar dan disaksikan oleh bukti akurat. Hal ini menjadi ladang bagi mereka yang ingin bermain nakal, kendati demikian surat kuasa gadai sertifikat rumah di pegadaian atas nama orangtua tidak serta merta mudah di acc oleh pihak bank dengan banyak aturan di dalamnya. Misalnya, pihak bank juga harus meneliti apakah surat kuasa tersebut sadar, nyata, tidak dalam terpaksa. Kemudian, jika setelah semua tidak ada masalah barulah step pengisian ajuan pinjaman bank bisa diberikan. Nyatanya, untuk pegadaian yang diawasi OJK dan lembaga keamanan negara tidak akan mudah memberikan rayuan 1 hari cair terutama jika bunganya rendah.

Terkecuali jika Anda memilih bunga tinggi kemungkinan bisa segera cair dalam waktu kurang dari 2 hari.

3. Mencari lembaga yang bisa gadai sertifikat rumah di pegadaian atas nama orangtua

Tidak semua lembaga bisa mencairkan pinjaman jaminan sertifikat rumah atau lainnya tetapi ada juga yang bisa. Solusi yang mungkin sedikit beresiko yakni poin ketiga ini, mencari lembaga yang mau acc dengan nama orang lain, bukan nama Anda.

Setiap aturan pinjaman dana ke bank atau pegadaian tentunya tidak semudah yang dikira. Ada baiknya jika Anda menyesuaikan dengan gaji yang masuk dan angsuran yang keluar nantinya. Banyak kasus sertifikat melayang karena peminjam lalai dan kurang disiplin mengatur keuangan rumah tangga.