Kredit dengan agunan sertifikat rumah merupakan salah satu solusi keuangan. Kondisi keuangan setiap orang pastinya berbeda-beda, ada kalanya seseorang membutuhkan pinjaman untuk memenuhi kebutuhannya. Seperti salah satunya kebutuhan kredit dengan agunan sertifikat rumah, apalagi sekarang di zaman serba online banyak juga yang menawarkan pinjaman online. Namun Anda perlu berhati-hati dengan maraknya pinjaman online karena mengajukan kredit perlu prosedur yang tepat.

Kebutuhan dari waktu ke waktu mengalami peningkatan, apabila Anda memiliki uang dengan jumlah nominal tertentu mungkin saja cukup untuk memenuhi kebutuhan bulan depan. Tapi belum tentu dengan nominal yang sama Anda bisa memenuhi kebutuhan di beberapa bulan berikutnya. Tidak heran jika sebagian orang memilih mengajukan kredit pinjaman dengan tujuan memenuhi kebutuhan masing-masing.

Kredit pinjaman juga dipilih dalam memenuhi kebutuhan bisnis, seseorang yang berencana membangun bisnis sudah pasti membutuhkan modal, ada beberapa jenis pinjaman yang bisa dipilih seperti salah satunya menggunakan agunan berupa gadai sertifikat tanah, selain sertifikat tanah Anda bisa menggunakan agunan atau jaminan lain mulai dari BPKB; obligasi; sertifikat rumah dan deposito.

Anda perlu menghitung berapa besar dana yang dibutuhkan dan nilai jaminannya, hindari mengajukan kredit tanpa agunan, umumnya kredit yang menggunakan agunan memiliki plafon pinjaman yang lebih besar, tidak hanya plafon yang besar jangka tenor pembayaran juga lebih lama mulai dari 5 tahun hingga 20 tahun, coba Anda pertimbangkan beberapa hal berikut sebelum mengajukan kredit pinjaman.

Tujuan Melakukan Kredit Dengan Agunan Sertifikat Rumah

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf sebelumnya bahwa sebelum melakukan pinjaman ada baiknya Anda memikirkan tujuan dari pinjaman tersebut, mengapa harus memikirkan tujuan pinjaman?

Dengan meminjam berarti Anda menyetujui membayar angsuran sampai lunas dalam kurun waktu tertentu, belum lagi nominal pinjamannya cukup besar jadi Anda perlu memikirkannya dengan matang agar tidak mengganggu pemenuhan kebutuhan lainnya.

Urungkan niat Anda apabila ingin mengajukan pinjaman hanya karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, lebih baik mengajukan kredit pinjaman sertifikat rumah dengan tujuan investasi jangka panjang baik itu membeli rumah maupun membangun bisnis.

Kemampuan Membayar

Bagi Anda yang akan mengajukan pinjaman kredit selalu buat perhitungan yang tepat sesuai dengan kondisi keuangan. Melakukan perhitungan akan membantu Anda dalam mengatur financial tiap bulannya. Semakin besar jumlah pinjaman maka semakin besar juga besar jumlah cicilan yang harus dikeluarkan.

Apabila mengalami kendala atau telat membayar cicilan maka bebannya akan semakin berat. Belum lagi waktu pelunasan akan lebih lama jadi semakin membebani Anda. Perhitungan yang rinci dan tepat dapat mengurangi beban pengeluaran yang memang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Lembaga Keuangan Terpercaya Kredit Dengan Agunan Sertifikat Rumah

Selain tujuan dan kemampuan membayar kredit pastikan Anda memilih lembaga pinjaman yang aman dan terpercaya, mengingat sekarang ini banyak sekali pihak yang menawarkan pinjaman kredit cepat namun belum tentu menjamin keamanannya, jadi selalu pilih lembaga keuangan yang sudah diawasi oleh OJK.

Perhatikan apakah suku bunga di lembaga keuangan sesuai dengan yang berlaku, karena masih saja ada oknum-oknum yang menawarkan suku bunga lebih tinggi dari ketentuan yang berlaku, Anda perlu waspada jika menemukan hal tersebut yang justru akan merugikan diri sendiri.

Syarat Mengajukan Kredit Dengan Agunan Sertifikat Rumah

Mengajukan pinjaman kredit memang butuh pertimbangan yang matang, terlebih nominal yang diajukan cukup besar hingga menggunakan gadai sertifikat rumah proses cepat, terdapat persyaratan yang biasanya harus dipenuhi saat mengajukan kredit dengan agunan sertifikat rumah, selain sertifikat rumah Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen pendukung lainnya.

Dokumen-dokumen

Siapkan identitas diri berupa KTP; Kartu Keluarga dan juga surat nikah bagi yang sudah menikah, sertakan juga NPWP pribadi; surat keterangan penghasilan; rekening koran selama 3 bulan terakhir dari waktu pengajuan. Apabila Anda masih bekerja jangan lupa sertakan juga surat keterangan kerja. Begitu juga dengan Anda yang memiliki usaha pastikan untuk menyertakan surat keterangan usaha atau legalitas usaha.

Anda bisa menanyakan langsung pada lembaga keuangan yang sudah dipilih terkait beberapa tambahan dokumen gadai surat rumah di pegadaian tersebut. Mungkin antara satu lembaga dengan lembaga lainnya memiliki ketentuan masing-masing.

Selain syarat dokumen pendukung di atas perhatikan juga tentang syarat kredit jaminan sertifikat rumah. Biasanya rumah yang dijadikan agunan harus memiliki kriteria tertentu. Jadi tidak semua rumah bisa dijadikan sebagai jaminan karena pihak lembaga keuangan masih akan menilai layak tidaknya jaminan tersebut.

Lokasi Agunan

Agunan rumah yang paling sering dijadikan bahan pertimbangan dalam pengajuan kredit adalah lokasinya. Biasanya rumah yang lokasinya strategis akan mendapat peluang lebih besar menerima kredit seperti misalnya rumah di dekat jalan raya. Lembaga keuangan lebih memilih lokasi rumah yang strategis yang memiliki akses jalan yang baik dan dekat dengan fasilitas umum. Tidak hanya itu hal yang juga jadi bahan pertimbangan lainnya yaitu bebas banjir; tidak dekat menara SUTET serta tidak dekat kuburan.

Sertifikat atas nama

Jadi pentingnya memastikan gadai sertifikat rumah di pegadaian atas nama orangtua agar Anda berpeluang mendapatkan pinjaman sesuai dengan yang diajukan. Tiap lembaga keuangan pemberi pinjaman memiliki persyaratan terkait agunan rumah. Karena lembaga tersebut juga memiliki alasan apabila pihak peminjam mengalami kendala dalam melunasi kredit pinjaman.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika sudah memenuhi ketentuan di atas, Anda bisa menerima kredit pinjaman dengan sertifikat rumah tanpa mengalami kesulitan, dengan begitu Anda bisa menggunakan pinjaman sesuai kebutuhan dan perhitungan yang tepat.

Pinjamantunaiku menjadi pilihan yang bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah keuangan. Sebagai tenaga pemasaran dari PT Duta Pakuan Mandiri kami siap melayani Anda dalam waktu 1×24 jam. Alasan mempercayakan masalah keuangan Anda pada kami karena akses yang mudah cukup dengan menghubungi Pinjamantunaiku dan pilih agunan yang sesuai.

Selain menggadaikan sertifikat rumah Anda bisa memberikan jaminan lainnya baik itu BPKB motor ataupun mobil. Selama memenuhi persyaratan maka dana bisa segera cair dan masalah keuangan Anda bisa cepat teratasi. Tim Pinjamantunaiku akan membantu Anda dalam melakukan proses pengajuan kredit apabila di tengah pengajuan mengalami kendala.

Dengan bunga ringan dan bersaing gadai sertifikat rumah di BPR jadi lebih mudah dibandingkan yang lainnya. Apalagi selama mengajukan kredit Pinjamantunaiku Anda tidak akan dipungut biaya alias gratis. Meskipun Anda ingin mengajukan proses pinjaman melalui website tim Pinjamantunaiku akan segera merespon dengan cepat. Jadi tidak ada kata sulit meski proses gadai sertifikat rumah online belum bisa dilakukan secara tatap muka.

Apalagi yang menjadi kendala dalam pengajuan kredit pinjaman? Di zaman serba online seperti sekarang ini Anda bisa dengan mudah mendapatkan segala informasi terkait lembaga keuangan pemberi pinjaman terpercaya. Usahakan untuk mencari informasi yang valid sebelum mengajukan kredit dengan agunan sertifikat rumah. Dengan kemudahan informasi tersebut Anda bisa mengurangi resiko tindak penipuan dari pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab.