Gadai sertifikat rumah bunga rendah adalah sebuah cara terakhir saat Anda benar-benar mentok tidak ada pinjaman sama sekali. Dan perlu Anda ingat bahwa tidak semua bentuk gadai pasti di setujui oleh pihak bank atau tempat pegadaian. Ketika anda butuh dana pinjaman mendadak tapi tidak ingin merepotkan saudara lainnya, solusi terbaiknya adalah mengajukan gadai dengan jaminan sertifikat rumah.

Simak Ulasan Gadai Sertifikat Rumah Bunga Rendah Berikut Ini Agar Tidak Menyesal!

Apa Itu Gadai Sertifikat Rumah Bunga Ringan?

Gadai artinya meminjam sejumlah pinjaman uang ke lembaga keuangan berlegalisasi OJK dan di kenal amanah dalam semua urusan keuangan. Dengan jaminan yang bernilai sama atau setara. Contoh, Anda sedang dalam kebutuhan tinggi dan mendesak sehingga berniat untuk menggadaikan sertifikat rumah ke bank A. Bank A tersebut belum tentu menyetujui permintaan Anda karena ada banyak faktor yang mempengaruhi seperti nilai jaminan yang akan di gadai, gaji bulanan atau pemasukan Anda untuk mengangsur dan sikap pertanggungjawaban terhadap pihak lembaga bank. Dalam mengajukan gadai bunga rendah, Anda jangan mudah terpikat dengan ketentuan sehari langsung cair atau syarat mudah dalam setiap proses gadai.

Biasanya, lembaga yang mengajukan gadai sertifikat rumah bunga rendah tidak akan mudah mencairkan dan menyetujui permintaan instan gadai, minimal prosesnya 2 minggu hingga 2 bulan.

Apakah Gadai Dengan Sertifikat Rumah Aman?

Ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang lembaga gadai, jika lembaga gadainya resmi terdaftar di OJK dan lembaga pengawasan negara maka bisa di katakan aman. Namun, jika lembaganya meragukan sebaiknya hindari. Banyak lembaga yang mengaku resmi terdaftar tapi nyatanya tidak. Kerugian yang akan Anda dapatkan adalah hilangnya jaminan gadai dan tidak akan kembalinya uang yang telah di setorkan. Banyak lembaga gadai yang pertengahan jalan membawa kabur jaminan nasabah beserta uang yang di setorkan sebagai angsuran bulanan.

Resiko Apa Yang Akan Diterima Jika Gadainya Gagal?

Gagal artinya Anda rugi 2 poin yakni tidak kembali uang angsuran, hilangnya jaminan dan tidak terlunasi tanggungan yang sedang berjalan. Sedangkan jika gadai sukses artinya jaminan Anda kembali utuh, angsuran tidak ada masalah dan tanggungan terselesaikan hingga final. Agar Anda nyaman dan tidak terbebani angsuran dan tingginya bunga sebaiknya pilih bunga dengan nilai rendah kurang dari 1% walaupun prosesnya cukup rumit seperti gadai di bank negara.

Gadai sertifikat rumah terbilang berat karena Anda harus bertaruh dengan disiplin angsuran setiap bulannya dan memikirkan jangan sampai hutang di tempat lembaga gadai tidak terlunasi karena resiko rumah Anda hilang sangat berpotensi sekali. Untuk jaminan gadai sertifikat rumah bunga rendah minimal Anda punya 1 rumah lagi untuk jaga-jaga apabila terjadi penarikan sertifikat rumah. Maka, Anda tidak akan down secara mental.