Gadai sertifikat rumah dan gadai BPKB mobil menjadi salah satu jalan yang sering ditempuh sebagian orang ketika membutuhkan uang dengan jumlah besar secara cepat. Maka tak heran, cara ini cukup efektif karena pihak bank maupun lembaga lain menjadikan properti sebagai jaminan yang paling dipertimbangkan. Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi jika ingin menggadaikan sertifikat rumah. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

Apa itu Gadai Sertifikat Rumah dan BPKB Mobil?

Gadai sertifikat rumah dan gadai BPKB mobil merupakan acuan untuk mendapatkan pinjaman dengan menjadikan sertifikat tersebut sebagai jaminan dari lembaga seperti bank, pegadaian atau koperasi simpan pinjam.

Pinjaman dengan agunan sertifikat ini banyak diminati karena lebih mudah disetujui butuh dana cepat jaminan sertifikat rumah. Dana yang akan Anda dapatkan dari pinjaman jenis ini kurang lebih sebesar 80-90% dari nilai sertifikat rumah.

Cara Gadai Sertifikat Rumah

Umumnya, terdapat dua lembaga terpercaya untuk menggadaikan sertifikat rumah yaitu bank dan pegadaian, sebagai berikut:

1. Bank

Cara paling umum gadai sertifikat rumah cepat perorangan adalah di bank. Anda bisa mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah untuk mendapatkan kredit multiguna dengan pencairan dana hingga 80-90% dari nilai perkiraan rumah. Waktu tenor yang ditawarkan biasanya cukup panjang, dari 1 sampai 10 tahun.

Berdasarkan syarat gadai sertifikat rumah dari Bank OCBC NISP meliputi, Warga Negara Indonesia yang berusia minimal 21 tahun, Memiliki penghasilan tetap, Memiliki agunan properti dengan kondisi pembangunan 100%, memiliki KTP, Kartu Keluarga, Akta Nikah, Akta Lahir, memiliki NPWP atau bukti pajak penghasilan, memiliki sertifikat pecahan yang telah balik nama, memiliki formulir KMG, Bukti kwitansi DP dan keterangan penghasilan berupa slip gaji.

2. Pegadaian

Jika dahulu PT Pegadaian hanya menerima gadai untuk barang bergerak, sekarang sudah ada gadai sertifikat rumah. Namun, di pegadaian Anda tidak bisa mendapatkan pinjaman lebih dari 50 juta, dengan waktu tenor 3 sampai 5 tahun.

Seperti saat mengajukan kredit multiguna di bank, syarat gadai sertifikat rumah bunga rendah di pegadaian hampir mirip. Di antara syaratnya, yaitu berusia 21 tahun hingga maksimal 64 tahun, fotokopi KTP dan Kartu Keluarga, fotokopi surat nikah, surat keterangan usaha, sertifikat rumah asli, sertifikat tanah asli, IMB dan bukti pembayaran PBB terakhir.

Cara Gadai Sertifikat Rumah di Pegadaian

Setelah mengetahui persyaratan yang perlu disiapkan, selanjutnya Anda bisa melakukan simulasi gadai sertifikat rumah berikut:

  1. Mengunjungi kantor pegadaian dengan dokumen-dokumen dan isi formulir.
  2. Pihak pegadaian akan menentukan nilai jual rumah.
  3. Jika disetujui, dana akan cair dalam waktu 1-5 hari.
  4. Dana tunai bisa Anda ambil atau langsung ditransfer ke rekening.

Cara Mudah Gadai Sertifikat Rumah Bukan Atas Nama Sendiri

Berikut caranya:

1. Urus Proses Balik Nama Terlebih Dahulu

Cara paling aman dengan melakukan proses balik nama terlebih dahulu. Memang prosesnya cukup panjang dan memakan biaya, tapi cara ini bisa membuat Anda terbebas dari potensi masalah dikemudian hari, seperti sengketa aset dan lainnya.

Hal yang sama berlaku untuk status aset yang belum dibuatkan sertifikatnya, atau tanah girik atau jenis tanah milik adat yang konversi haknya ke negara belum didaftarkan di Badan Pertanahan Nasional; BPN.

2. Surat Kuasa

Ada kalanya seseorang membeli rumah dari orang lain sehingga belum diproses balik nama atau masih atas nama pemilik sebelumnya. Pinjaman gadai sertifikat rumah belum balik nama seperti ini sebenarnya masih bisa diproses.

Caranya dengan membuat surat kuasa, yang menjelaskan bahwa sertifikat rumah memang benar-benar milik Anda. Lengkapi juga dengan akta jual beli (AJB), bukti kwitansi atau bukti lainnya sebagai dokumen pendukung bahwa proses jual beli memang ada.

3. Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Anggota Keluarga

Pinjaman Jaminan gadai sertifikat rumah atas nama orangtua umumnya bisa dilakukan asal memiliki hubungan keluarga secara vertikal. Biasanya akan ada syarat tambahan berupa surat pernyataan dari pemilik sertifikat dan anak-anaknya, yang akan di legalisir oleh notaris dan menyatakan bahwa mereka bersedia sertifikatnya digunakan untuk pengajuan kredit tersebut.

Namun, jika ada kasus pengajuan dengan sertifikat rumah atas nama orang tua yang sudah meninggal, sertifikat tersebut harus diganti nama terlebih dahulu dan wajib melampirkan surat ahli waris.

4. Pinjam Tangan

Jika kebutuhan dana sangat mendesak, bisa dilakukan pengajuan pinjaman atas nama pemilik sertifikat. Sistem ini biasa disebut ‘pinjam tangan’, tetapi harus berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Meski begitu, cara ini mungkin jarang dilakukan karena pemilik sertifikat tidak akan semudah itu memberikan kepercayaan kepada orang lain untuk menggunakan namanya. Apalagi untuk kepentingan berhutang.

Keuntungan Gadai Sertifikat Rumah

Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

1. Proses Pencairan Dana yang Cepat

Mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah membuat Anda dapat menerima dana dengan proses pencairan yang cepat. Tentunya, akan ada survey yang dilakukan pihak penyedia pinjaman untuk memutuskan apakah Anda dianggap mampu membayar pinjaman atau tidak. Terutama, prosesnya relatif aman dan terpercaya, sesuai dengan regulasi dan prosedur yang berlaku.

2. Tenor Lebih Lama

Tenor atau jangka waktu pinjaman dari jaminan sertifikat rumah dan Gadai BPKB mobil relatif lebih lama dibandingkan dengan jaminan aset lain. Umumnya, diberikan tenor 1 sampai 5 tahun.

Selain itu, beberapa penyedia pinjaman juga memberi kemudahan dengan bentuk tenor yang bisa diperpanjang sesuai kemampuan bayar Anda.

3. Bunga Ringan

Bunga yang diberikan oleh lembaga keuangan berbeda-beda, namun jika Anda menjaminkan sertifikat rumah, bunganya relatif lebih ringan dibanding dengan perbankan. Meskipun begitu, pastikan Anda memahami dengan baik jumlah bunga yang harus dibayarkan agar tidak membebani Anda di kemudian hari.

Berhati-hatilah dalam memilih pihak penyedia pinjaman, dan bandingkan layanan beberapa fintech yang memberikan layanan terbaik, mampu mengukur nilai tukar dengan akurat, dan suku bunga paling rendah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda.

4. Jumlah Pinjaman yang Didapatkan Lebih Besar

Bagi Anda yang butuh dana cepat jaminan sertifikat rumah ini bisa membantu karena jumlah dana yang didapat biasanya lebih besar dibanding dengan jaminan aset lainnya. Namun, tetap pastikan bahwa Anda mengajukan nominal pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda.

Jika Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah, pastikan Anda memilih lembaga penyedia pinjaman terpercaya dan diawasi oleh OJK. Hal ini untuk memastikan kredibilitasnya lebih terjamin, dan Anda bisa mendapat dana cepat cair tanpa halangan.

Itulah cara gadai sertifikat rumah dan gadai BPKB mobil di Pegadaian dan Bank yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat.