Pinjaman gadai sertifikat rumah adalah salah satu cara terampuh untuk mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang besar. Sertifikat rumah bisa menjadi dokumen yang digunakan sebagai jaminan peminjaman selain BPKB dan STNK. Untuk mengajukan gadai sertifikat rumah, ada beberapa syarat yang wajib anda penuhi.

Syarat mengajukan gadai sertifikat rumah

Sebelum anda mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah, sebaiknya anda telah memahami apa saja syaratnya. Karena dengan memahami syarat-syarat pengajuan, anda bisa mempercepat dan mempermudah proses proses yang ada.

Syarat pengajuan pinjaman di Pinjamantunaiku.com antara lain:

  1. Minimal umur 21 tahun dan maksimal 65 tahun sampai dengan masa pelunasan.
  2. Memiliki dokumen yang lengkap: KTP, KK, NPWP, SHM, IMB, PBB, dan Foto rumah
  3. Jaminan berada di area Jabodetabek

Pertimbangan sebelum menggadai sertifikat rumah

Setelah memahami syarat-syarat di atas, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini agar pinjaman yang diajukan memiliki manfaat besar untuk anda.

  1. Menentukan tujuan

Tentukan tujuan anda saat mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah. Jangan sampai anda menggadai sertifikat rumah hanya karena ingin membeli barang yang sifatnya konsumtif, misalnya seperti mobil, motor,  atau bahkan berfoya-foya.

Sebaiknya anda gunakan dana pinjaman ini untuk pendidikan, pengembangan usaha, atau kesehatan. Jadi, agar anda terhindar dari jeratan hutang maka gunakan dana pinjaman ini dengan betul.

  1. Memastikan kondisi finansial sedang stabil

Kondisi finansial adalah hal yang penting ketika mengajukan pinjaman. Hindari mengajukan pinjaman bank BRI jaminan sertifikat rumah saat kondisi finansial anda tidak stabil.

Karena kestabilan finansial berperan penting untuk anda dalam membayar cicilan. Jadi, sebelum mengajukan pinjaman pastikan terlebih dahulu apakah anda memiliki kemampuan untuk membayar cicilan beserta bunganya.

Jangan sampai anda kehilangan sertifikat rumah akibat tidak mampu untuk melunasi kredit. Hal ini tentu sangat fatal dan bisa menjadi penyebab anda kesulitan untuk mengajukan pinjaman di masa depan.

  1. Memperhitungkan nominal pinjaman dengan harga rumah

Ketika mengajukan pinjaman, pastikan anda telah memperhitungkan berapa nominal pinjaman dan harga rumah yang diagunkan. Umumnya, pinjaman yang anda dapatkan tidak mencapai 100% dari nilai rumah. Anda hanya mendapatkan sekitar 60% dari nilai rumah yang dijaminkan.

Tentukan nominal peminjaman agar anda bisa membayar cicilan dengan rutin dan tenang.

  1. Cerdas dalam memilih lembaga pembiayaan

Sebagai langkah terakhir untuk mencari pinjaman gadai sertifikat rumah, pastikan anda telah memilih lembaga pembiayaan yang terpercaya. Lakukan riset di website resmi OJK apakah lembaga yang anda tuju sudah terdaftar atau belum.

Lembaga pembiayaan terpercaya yang sanggup memberikan anda pinjaman dengan nilai besar salah satunya adalah pinjamantunaiku.com. Pinjamantunaiku sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah sehingga anda tidak perlu khawatir lagi ketika mengajukan pinjaman disana.