Jaminan sertifikat rumah atau SHM dapat menjadi solusi keuangan anda. Hak milik tanah merupakan hak turun-temurun terkuat yang dapat dimiliki orang atas tanah. Oleh karena itu, hak milik tanah atau SHM merupakan kasta tertinggi dan memiliki manfaat besar bagi pemiliknya karena semua hak atas tanah yang ada dapat digunakan secara fleksibel.

Keuntungan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

SHM memiliki banyak keunggulan. Salah satunya dapat dijadikan sebagai aset yang dapat dijual, digadaikan, dipinjamkan atau dihibahkan sebagai wakaf. Berikut beberapa kentungan mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah.

1. Bunga Ringan Dalam Jaminan Sertifikat Rumah

Suku bunga biasanya bervariasi. Pastikan Anda memahami besaran bunga agar tidak menjadi beban pada kemudian hari. Berhati-hatilah saat memilih layanan pinjaman sertifikat rumah dan bandingkan dengan beberapa layanan yang menawarkan layanan terbaik yang dapat mengukur nilai tukar secara akurat, dan memiliki suku bunga terendah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar Anda.

2. Proses Pencairan yang Cepat

Mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah memiliki keuntungan dengan proses pencairan yang cepat. Tentu saja, ada survei yang berguna untuk menentukan apakah penerima pinjaman dianggap mampu membayar. Selain itu, sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku, prosedur ini relatif aman dan terpercaya.

3. Tenor Lama

Manfaat lain dari pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah adalah jangka waktu pinjaman yang relatif lama atau lebih panjang dibandingkan dengan jaminan lainnya. Jangka waktunya umumnya 1-5 tahun. Selain itu, beberapa pemberi pinjaman menawarkan kemudahan berupa jangka waktu pinjaman yang bisa diperpanjang tergantung kemampuan Anda membayar.

4. Jumlah pinjaman yang besar

Keuntungan dari gadai sertifikat rumah adalah jumlah pinjaman lebih besar dibandingkan dengan jaminan lainnya. Namun, pastikan Anda mengajukan jumlah pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar.

Jika Anda memilih pinjaman yang dijamin dengan sertifikat rumah, pastikan Anda memilih pinjaman yang terpercaya dan dipantau oleh OJK. Sehingga lebih aman dan Anda mendapatkan uang dengan cepat dan mudah.

Risiko Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Selain keuntungan, ada juga risiko sertifikat rumah  yang perlu diperhatikan. Selain itu, sertifikat rumah atau tanah sangat berharga, sehingga Anda harus memahami risiko yang ada.

1. Risiko Ditolak

Tidak semua sertifikat rumah dapat diterima sebagai jaminan. Hal ini karena, setiap lembaga keuangan atau bank memiliki analisa sebelum akhirnya memutuskan menyetujui pinjaman tersebut. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan calon peminjam yang membutuhkan solusi keuangan.

2. Risiko Kredit Bermasalah

Pada dasarnya, jika Anda ingin mengambil pinjaman dengan agunan sertifikat rumah, Anda perlu menghitung situasi keuangan Anda secara akurat. Hal ini karena, lembaga keuangan atau bank memeriksa jaminan sebelum persetujuan akhir.

Jika disetujui oleh jasa gadai sertifikat rumah, dana akan segera dicairkan. Jangan sampai kredit Anda macet atau bermasalah. Dalam hal ini, lembaga keuangan tersebut dapat menyita aset yang jadi jaminan.