Bisakah pinjam uang di pegadaian dengan jaminan sertifikat rumah – Layanan pinjaman uang saat ini sering dijadikan solusi dan dipilih masyarakat yang memang sedang membutuhkan bantuan dana mendesak. Saat ini mekanisme peminjaman dana tunai terbilang mudah, salah satunya Pegadaian.

Walaupun masyarakat masih tidak mengerti bisakah pinjam uang di pegadaian dengan jaminan sertifikat rumah ? Namun, Anda juga harus cermat memilih lembaga keuangan supaya nantinya bisa terhindar dari berbagai hal yang negatif, maka perhatikan hal-hal seperti:

1. Cek Sudahkah Memiliki Legalitas dari OJK 

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengecekan lembaga simpan pinjam tersebut di OJK. Lembaga pinjaman dana tunai dengan jaminan sertifikat rumah aman, dan juga terpercaya pastinya akan memiliki izin yang resmi dan juga pengawasan secara langsung dari OJK.

Hal ini nantinya bisa membantu Anda untuk terhindar dari besarnya biaya bunga dan juga tindakan penipuan dari lembaga pinjaman tersebut. Cara melakukan pengecekannya juga mudah dilakukan. Anda dapat mengece secara langsung ke situs resmi badan OJK, lewat panggilan telepon maupun mengirimkan pesan lewat aplikasi WhatsApp.

2. Pertimbangkan Cicilan yang Akan Dibebankan

Pengamat Keuangan menyarankan kepada para calon kreditur untuk meminjam kurang lebih 30% dari jumlah pendapatan yang dimilikinya. Hal ini akan berlaku ketika Anda akan melakukan pengambilan kredit kendaraan, rumah, dan juga pinjaman jaminan sertifikat rumah konvensional maupun online.

Jumlah pemasukan yang dimaksudkan adalah peroleh pendapatan yang masuk ke dalam rekening pada setiap bulan, misalnya gaji bulanan. Apabila nantinya cicilan gadai sertifikat rumah lebih tinggi dari 30%, umumnya akan pengajuan pinjaman maupun kreditur Anda akan ditolak pihak pemberi pinjaman.

3. Mempunyai Layanan Pelanggan

Lembaga pinjaman yang resmi dan sudah diakui dan juga diawasi langsung oleh OJK pastinya akan menyediakan layanan pelanggan yang bisa diakses secara mudah oleh masyarakat. Hal ini termasuk panggilan 24 jam, email, sosial media, melalu aplikasi WhatsApp, dan juga memiliki lokasi kantor yang jelas.

4. Cermat dengan Biaya dan Bunganya

Bisakah pinjam uang di pegadaian dengan jaminan sertifikat rumah ? Pastinya bisa yang mana sebuah lembaga pinjaman yang sudah memiliki izin dan pengawasan secara langsung dari OJK. Pengawasan OJK dari semua rincian biaya dan juga bunga bulanan dengan terbuka kepada para calon kreditur.

Bahkan, ada beberapa lembaga pinjaman juga menyediakan fitur simulasi perhitungan pinjaman yang bisa dilihat dalam situs website yang mereka miliki. Jadi nantinya Anda akan lebih mudah untuk mengetahui besaran cicilan bulanan dan juga mengatur strategi finansial supaya tidak besar pasak dibandingkan dengan tiang.

Lembaga layanan keuangan yang sudah berada di bawah pengawasan OJK tidak akan memberikan bunga yang sangat tinggi untuk para kreditur. Umumnya, bunga yang akan dibebankan tidak akan lebih dari 0,4% pada setiap hari.