Pegadaian SHM menjadi salah satu layanan kredit yang banyak di minati oleh masyarakat. Bahkan untuk setiap layanan pembiayaan yang memberikan pinjaman uang dengan jaminan sertifikat rumah juga akan mempunyai berbagai macam keunggulan dan keuntungan tersendiri

Pada sisi lainnya dalam proses pinjaman uang dengan jaminan sertifikat rumah ini akan ada beberapa hal penting yang dilakukan pihak Pegadaian terdekat. Misalnya, melakukan survey rumah agar bisa menentukan kelayakan nasabah untuk proses pembayaran angsuran. Sebelum memutuskan melakukan pengajuan pinjaman, maka Anda dapat mencoba melihat tips berikut.

Memperhatikan Lokasi Rumah yang Anda Miliki

Karena Anda menggunakan jaminan sertifikat rumah untuk pinjaman di Pegadaian SHM. Tentunya pihak Pegadaian akan melakukan survei lokasi dan kelayakan dari rumah Anda. Kelayakan rumah akan menjadi penentu apakah Anda bisa dapat pinjaman dari Pegadaian.

Biasanya ketika pihak Pegadaian melakukan survei kelayakan nasabahnya akan memberikan beberapa persyaratan penting. Adapun persyaratan adalah.

  1. Rumah yang menjadi jaminan harus dihuni nasabah.
  2. Rumah ada di lokasi cluster, kompleks maupun pemukiman.
  3. Tidak berada di dalam area gang sempit yang umumnya hanya dapat dilewati satu mobil saja.
  4. Rumah harus dalam kondisi yang dekat dengan fasilitas umum.
  5. Status rumah tidak dalam proses dijual kepada pihak ketiga.
  6. Rumah sudah memiliki sertifikat SHM atas nama sendiri, keluarga maupun pasangan.
  7. Jika rumah sudah masuk pada beberapa kriteria di atas, maka besar kemungkinan pengajuan pinjaman akan di ACC.

Lihat dengan Teliti Persyaratan yang Diminta

Lembaga pinjaman apa pun itu pasti akan memiliki persyaratan untuk para nasabahnya yang mengajukan pinjaman. Anda sebagai calon nasabah juga harus mengetahui syarat Pegadaian apa saja yang akan diberlakukan.

Umumnya lembaga simpan pinjam akan memberikan syarat usia berada di kisaran 21-60 tahun, WNI, memiliki usaha. Bukan hanya itu saja untuk rasio hutang yang Anda miliki masih dengan penghasilan Anda yang juga harus dalam batas yang ditentukan.

Lamanya Tenor Pinjaman Pegadaian SHM

Berapa lamanya untuk proses pembayaran cicilan gadai sertifikat rumah juga harus benar-benar Anda perhatikan. Sebab memang setiap lembaga pelayanan simpan pinjam seperti Pegadaian akan memberikan jangka waktu yang juga berbeda-beda untuk setiap jenis pinjaman akan yang mereka berikan nantinya.

Oleh sebab itu, Anda sebagai nasabah  harus tahu lamanya tenor yang diberikan dan besaran bunganya. Tidak hanya untuk lama tenornya saja, besaran bunga pinjaman juga harus Anda perhatikan dengan teliti. Apakah bunga itu nantinya akan menjadi beban Anda ke depannya. Pada hal yang satu ini penting memang untuk dibutuhkan sebuah ketelitian.

Itulah tips ketika Anda akan mengajukan pinjaman uang dengan jaminan sertifikat rumah di Pegadaian SHM yang bisa Anda terapkan nantinya.