Tempat pegadaian sertifikat rumah dapat menjadi solusi pilihan tempat gadai untuk berbagai keperluan mendesak. Terkadang keperluan mendesak tersebut datang tidak terduga, dari kebutuhan kesehatan hingga pendidikan, dan beberapa kebutuhan lainnya.

Semua kebutuhan tersebut memiliki persiapan dana yang tidak sedikit dan terkadang harus dapat sesegera mungkin. Maka salah satu solusi dari keuangan tersebut ialah dengan menggadaikan sertifikat rumah yang anda miliki ke lembaga keuangan yang dapat memproses.

 

Jenis Tempat Pegadaian Sertifikat Rumah

Jenis Tempat Pegadaian Sertifikat Rumah

Pegadaian sertifikat rumah ialah sebuah layanan kredit pinjaman multiguna dengan mengagunkan sertifikat rumah ke lembaga keuangan. Dengan mengagunkan sertifikat rumah tersebut maka peminjam bisa mendapatkan sejumlah dana pinjaman.

Tempat pegadaian sertifikat rumah terdapat beberapa pilihan lembaga keuangan seperti Bank, Bank BPR, Leasing dan Koperasi. Anda wajib memilih tempat pegadaian resmi ketika akan mengajukan pinjaman kredit sertifikat rumah yang anda miliki.

Proses pinjaman sertifikat rumah biasanya memerlukan waktu 1 – 2 minggu sampai pinjaman tersebut cair. Untuk proses pengajuan pinjaman kredit ini terbilang cukup panjang karena harus melewati beberapa tahapan prosedur kredit pinjaman.

Ketika anda akan mengajukan pinjaman sertifikat rumah maka anda dapat memilih tempat pegadaian yang sesuai dengan keinginan anda.

Berikut ini jenis tempat pegadaian yang dapat menjadi pilihan pinjaman :

1. Pegadaian Konvensional

Jenis tempat pegadaian ini ialah jenis tempat pegadaian pada umumnya yang banyak berada di masyarakat. Sistem pegadaian konvensional merupakan sistem pinjaman yang di berikan oleh lembaga keuangan dengan peminjam harus membayar bunga.

Proses gadai sertifikat rumah ini banyak menjadi pilihan masyarakat selama tingkat suku bunga per bulan yang di tawarkan ringan. Karena besar kecilnya tingkat suku bunga per bulan akan mempengaruhi besar kecilnya jumlah angsuran yang akan di bayar.

Proses pinjaman sertifikat rumah dapat berjalan selama 1 – 2 minggu sampai dengan pinjaman anda cair. Untuk proses awal pinjaman ialah akan ada pengecekan SLIK OJK atau dahulu di kenal dengan istilah BI Checking.

Apabila anda mengajukan pinjaman ke bank maka kondisi SLIK OJK anda wajib memiliki skor kredit yang baik. Jika terdapat skor kredit yang kurang baik maka anda wajib mencari tempat pegadaian lain yang sekiranya bisa membantu kondisi SLIK OJK yang anda miliki.

2. Pegadaian Syariah

Untuk jenis tempat pegadaian ini merupakan lembaga keuangan yang menerapkan prinsip – prinsip syariah dalam menerapkan aturan pinjaman. Layanan kredit pinjaman ini sangat cocok untuk mereka yang menginginkan layanan keuangan dalam bentuk hukum islam.

Dalam prinsip syariah tersebut untuk ketetapan bunga per bulan di tiadakan dan di ganti dengan prinsip lainnya. Untuk semua biaya dan kesepakatan di jelaskan secara transparan ketika awal kredit pengajuan pinjaman dan juga ketika akad kredit di lakukan.

Selanjutnya prinsip yang di gunakan dalam prinsip syariah ini ialah prinsip bagi hasil dan ada kesepakatan di awal. Prinsip ini harus berjalan adil untuk kedua belah pihak agar tidak ada yang di beratkan atau di bebankan antara satu dengan yang lainnya.

Dalam proses pegadaian syariah lama waktu proses pinjaman sama dengan pegadaian konvensional. Karena ketika mengajukan pinjaman sertifikat rumah tidak ada lembaga keuangan yang memberikan proses secara instan.

 

Hal yang Diperhatikan Tempat Pegadaian Sertifikat Rumah

Sebelum anda ingin memilih mengajukan pinjaman sertifikat rumah di suatu tempat pegadaian atau lembaga keuangan. Maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebagai prinsip dasar memilih mengajukan pinjaman sertifikat rumah di tempat gadai tersebut.

Berikut ini layanan tempat pegadaian sertifikat rumah yang wajib anda perhatikan :

1. Bunga dan Potongan Awal

Anda wajib memperhatikan tingkat suku bunga per bulan yang di tawarkan lembaga keuangan tersebut. Tabel angsuran brosur pinjaman dapat menjadi patokan anda dalam menentukan nominal pembayaran kesanggupan per bulan.

Potongan awal pinjaman juga wajib anda perhatikan dan tanyakan di awal pengajuan kredit pinjaman. Anda dapat meminta estimasi hitungan biaya potongan awal pinjaman yang anda dapatkan.

Karena jangan sampai tujuan kredit pinjaman anda tidak dapat berjalan akibat biaya awal potongan yang besar untuk anda.

2. Legalitas dan Kredibilitas

Memilih lembaga tempat pegadaian wajib memilih lembaga keuangan yang memiliki izin resmi dan telah terdaftar di OJK. Hal ini untuk menghindari anda dari resiko penipuan dan masalah hukum di kemudian hari.

Anda wajib meneliti lembaga tempat pegadaian sertifikat rumah tersebut dengan mencari informasi sebanyak – banyaknya.

 

 

Info Lebih Lanjut Hub : 0858 9268 2443 (Tlp/WA)