Kredit agunan rumah ialah proses mengagunkan jaminan sertifikat rumah kepada bank untuk mendapatkan dana pinjaman. Jaminan yang dapat anda agunkan yaitu Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).

Salah satu bank yang menerima pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah ialah Bank BTN (Bank Tabungan Negara). Bank BTN merupakan salah satu bank besar yang ada di Indonesia yang memiliki suku bunga kompetitif dan pelayanan kredit yang terbesar di seluruh Indonesia.

Pengertian Kredit Agunan Rumah Di Bank BTN

Pengertian Kredit Agunan Rumah Di Bank BTN

Kredit agunan rumah merupakan salah satu pinjaman kredit yang sudah cukup populer di masyarakat. Dengan mengagunkan sertifikat rumah maka calon debitur bisa mendapatkan dana dalam jumlah cukup besar, Karena mengingat nilai jual harga rumah memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Namun harus anda pahami juga berapa pinjaman yang akan di berikan bank kepada calon debiturnya. Karena meskipun anda memiliki sertifikat rumah di tangan tentu harus melewati proses aturan kredit yang di terapkan oleh lembaga keuangan tersebut.

Bank BTN (Bank Tabungan Negara) menjadi salah satu bank yang melayani pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Kredit agunan yang dapat menjadi jaminan berupa rumah tempat tinggal, ruko, kos – kosan atau jenis properti lain yang memiliki nilai ekonomi.

Ketika anda akan mengajukan kredit agunan sertifikat rumah di Bank BTN maka pastikan SLIK OJK anda tidak memiliki kendala. Karena pengecekan SLIK OJK menjadi persyaratan wajib proses awal kredit apakah pinjaman anda dapat di proses atau tidak.

SLIK OJK sendiri atau Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan merupakan catatan riwayat kredit pembayaran seseorang. Ketika anda mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan baik dengan jaminan atau tanpa jaminan maka riwayat kredit anda akan selalu di laporkan pembayaran setiap bulannya.

Jika anda memiliki riwayat tunggakan kredit atau kredit macet maka akan sulit untuk mengajukan pinjaman. Dan catatan riwayat kredit macet ini tidak akan bersih selama anda belum menyelesaikan pembayaran kredit macet tersebut.

Manfaat Kredit Agunan Rumah Di Bank BTN

Mengajukan pinjaman sertifikat rumah memiliki beberapa manfaat yang menjadi solusi keuangan anda. Tidak ada salahnya anda memilih mengajukan pinjaman sertifikat rumah ini selama anda merencanakan dengan matang.

Perencanaan pinjaman wajib anda pikirkan dan musywarahkan terlebih dahulu sebelum melakukan pinjaman kredit. Karena rumah sendiri ialah kebutuhan primer dan jika rumah tersebut milik pasangan atau orangtua sebaiknya di bicarakan terlebih dahulu.

Berikut beberapa manfaat dengan mengagunkan sertifikat rumah :

1. Suku Bunga Rendah

Dengan mengagunkan sertifikat rumah ke bank besar seperti Bank BTN maka tingkat suku bunga per bulan yang di tawarkan rendah. Tingkat suku bunga rendah per bulan akan meringankan calon debitur dalam membayarkan cicilan kredit per bulannya.

Anda dapat mengukur kemampuan bayar per bulan anda menyesuaikan dengan kemampuan pembayaran cicilan. Tingkat suku bunga per bulan di bank menjadi salah satu alasan beberapa masyarakat lebih memilih mengajukan pinjaman di bank.

Karena dengan tingkat suku bunga rendah tersebut sangat membantu dalam mengelola perencanaan keuangan. Jika membandingkan dengan tingkat suku bunga lembaga keuangan lainnya maka tingkat suku bunga bank menjadi salah satu yang rendah.

2. Jangka Waktu Fleksibel

Dengan mengagunkan sertifikat rumah yang anda miliki maka akan mendapatkan pinjaman dengan jumlah cukup besar. Untuk besarnya pinjaman tersebut akan berpengaruh terhadap besaran cicilan per bulan yang harus anda bayarkan.

Anda harus menghitung berapa kesanggupan dalam membayar cicilan per bulan. Karena cicilan per bulan menjadi pengeluaran wajib rutin yang harus anda bayarkan setiap bulan sampai dengan pinjaman tersebut lunas.

Jangka waktu pinjaman dapat anda sesuaikan dengan kesanggupan pembayaran per bulannya. Tidak ada salahnya dalam memilih tenor jangka waktu pinjaman cukup lama untuk meringankan pembayaran cicilan. Dengan cicilan ringan tersebut akan melancarkan kewajiban pembayaran angsuran per bulan anda.

Namun selama anda sanggup dalam membayar cicilan dengan tenor jangka waktu pendek tidak menjadi masalah. Karena kondisi ekonomi setiap orang memiliki perbedaan dan harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut.

 

Info Lebih Lanjut Hub : 0858 9268 2443 (Tlp/WA)