Gadai sertifikat rumah ahli waris menjadi solusi keuangan yang umum di pilih seseorang yang membutuhkan dana besar. Dengan menjaminkan sertifikat rumah ke lembaga keuangan maka anda dapat memperoleh pinjaman untuk berbagai macam keperluan.

Namun jika sertifikat rumah yang anda miliki atas nama ahli waris maka ada beberapa ketentuan yang harus anda pahami. Karena mengajukan pinjaman sertifikat rumah atas nama ahli waris berbeda kondisinya dengan pinjaman sertifikat rumah atas nama sendiri.

Ketentuan Gadai Sertifikat Rumah Ahli Waris

Ketentuan Gadai Sertifikat Rumah Ahli Waris

Menggadaikan sertifikat rumah yang anda miliki dapat menjadi solusi finansial untuk kebutuhan hidup. Karena kebutuhan biaya hidup terkadang memerlukan dana cukup besar dan anda harus mempersiapkan segera dana tersebut.

Untuk anda yang telah mempersiapkan dana darurat dari tabungan anda tentu tidak akan bingung mencarinya. Namun bagi anda yang belum mempersiapkan maka mengajukan gadai sertifikat rumah dapat menjadi pilihan untuk anda.

Bagaimana jika sertifikat rumah yang anda miliki namun sertifikat tersebut nama ahli waris atau ada beberapa nama. Maka mengajukan pinjaman sertifikat rumah dapat anda ajukan menyesuaikan dengan ketentuan di lembaga keuangan tersebut.

Berikut ini beberapa ketentuan jika sertifikat tersebut atas nama ahli waris :

1. Ada Berapa Nama

Hal yang harus anda perhatikan ketika akan mengajukan pinjaman dengan sertifikat atas nama ahli waris ialah berapa nama di sertifikat tersebut. Karena sertifikat ahli waris ialah sertifikat yang sudah di balik nama ke ahli warisnya tersebut.

Dan kondisi nama di sertifikat tersebut tergantung dari ada berapa nama ahli waris yang tercantum. Karena ada beberapa lembaga keuangan yang membatasi maksimal nama ahli waris di sertifikat tersebut.

Karena dengan semakin banyaknya nama di sertifikat tentu akan semakin banyak melibatkan orang yang tanda tangan. Dan tentu juga akan berisiko jika semakin banyak orang karena akan semakin banyak juga isi kepala yang akan di satukan.

Ada beberapa lembaga keuangan yang menerapkan nama sertifikat ahli waris maksimal 3 nama saja. Jika lebih dari 3 nama di sertifikat maka lembaga keuangan tersebut tidak dapat memprosesnya.

2. Wajib Hadir Tanda Tangan

Setelah pinjaman pengajuan sertifikat rumah anda mendapatkan persetujuan dari lembaga keuangan. Maka seluruh ahli waris yang tercantum di sertifikat rumah tersebut wajib hadir tanda tangan semua ketika akad kredit di kantor.

Jika ada salah satu ahli waris yang tidak bisa hadir tanda tangan di kantor maka proses pinjaman sertifikat rumah tidak dapat di lanjutkan.

Oleh sebab itu pastikan anda telah bermusyawarah di awal dengan seluruh ahli waris di sertifikat rumah tersebut. Karena setiap ahli waris memiliki hak yang sama dalam sertifikat rumah tersebut.

Apabila ada salah satu ahli waris yang tidak setuju untuk menjaminkan sertifikat rumah tersebut. Maka proses menggadaikan sertifikat rumah tidak dapat di lanjutkan prosesnya.

Gadai Sertifikat Atas Nama Ahli Waris Orangtua

Pinjaman sertifikat rumah atas nama ahli waris ialah sertifikat rumah yang telah di balik nama ke ahli waris. Sebelumnya sertifikat rumah yang anda miliki ialah sertifikat rumah atas nama almarhum atau yang sudah meninggal.

Setelah itu sertifikat di balik nama ke atas nama ahli waris. Sebelumnya jika kondisi sertifikat rumah tersebut atas nama orangtua yang sudah meninggal maka wajib balik nama ke seluruh anak kandung.

Untuk proses pengajuan pinjaman sertifikat rumah apabila sertifikat tersebut masih atas nama almarhum dan belum di balik nama ahli waris. Maka dapat anda ajukan ke lembaga keuangan yang dapat sekalian proses balik nama waris dengan potong pencairan dari pinjaman.

Hal yang perlu anda persiapkan sebelumnya dalam menggadaikan sertifikat rumah atas nama almarhum. Maka anda wajib membuat Surat Keterangan Waris (SKW) dari kelurahan dan kecamatan.

Selalu rundingkan dan bermusyawarah dengan keluarga apabila anda membutuhkan pinjaman dana dengan jaminan sertifikat rumah. Karena jika salah satu ahli waris ada yang tidak bisa hadir tanda tangan maka proses pengajuan pinjaman tidak bisa berlanjut.

Untuk anda yang ingin menggadaikan sertifikat rumah dan memiliki pertanyaan mengenai gadai sertifikat rumah ahli waris. Maka dapat menghubungi nomor whatsapp tim marketing kami untuk menanyakan tanya jawab seputar pinjaman.

 

Info Lebih Lanjut Hub : 0858 9268 2443 (Tlp/WA)