Cara gadai surat rumah di bank dapat anda pelajari untuk memperlancar proses pengajuan pinjaman anda. Untuk surat rumah yang dapat agunkan ialah Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB).

Gadai surat rumah di bank menjadi metode yang banyak di pilih oleh masyarakat dalam mendapatkan dana pinjaman. Namun proses pengajuan pinjaman ini wajib anda pahami agar pinjaman yang anda ajukan dapat berjalan dengan lancar.

Konsep Cara Gadai Surat Rumah Di Bank

Konsep Cara Gadai Surat Rumah Di Bank

Gadai surat rumah di bank berarti anda menggunakan sertifikat rumah yang anda miliki sebagai jaminan ke bank. Dengan menjaminkan surat rumah tersebut maka anda akan mendapatkan sejumlah pinjaman dana dari bank.

Proses menggadaikan sertifikat rumah di bank memerlukan waktu proses pinjaman sampai dengan cair. Untuk proses pinjaman sertifikat rumah ke bank memiliki waktu proses pinjaman 1 – 2 minggu sampai dana cair.

Ketika anda mengajukan jaminan surat rumah ke bank proses awal ialah pengecekan SLIK OJK anda. SLIK OJK sendiri merupakan catatan riwayat skor pembayaran kredit anda apakah memiliki catatan baik atau kurang baik.

Setelah pengecekan SLIK OJK maka akan di lakukan proses survei ke lokasi jaminan rumah. Dan anda wajib melengkapi dokumen persyaratan kredit yang di minta oleh bank sebagai persyaratan pengajuan pinjaman.

Selanjutnya ketika pinjaman anda telah mendapat persetujuan bank maka akan di lakukan pengecekan sertifikat terlebih dahulu ke BPN. Proses terakhir baru akad kredit pencairan dana pinjaman.

Dengan proses yang panjang tersebut maka tidak heran jika proses menggadaikan sertifikat rumah yang anda miliki memiliki waktu proses beberapa hari.

Sertifikat rumah yang anda jaminkan akan di simpan di bank sampai dengan lunas kredit. Anda wajib membayar angsuran per bulan sesuai dengan kesepakatan yang ada di kontrak kredit.

Jika terjadi gagal bayar atau wanprestasi akan sangat berisiko terhadap jaminan rumah yang anda jaminkan ke bank. Selalu jaga kondisi pembayaran angsuran per bulan anda untuk menjaga catatan skor kredit dan keamanan jaminan rumah anda.

Alasan Memilih Cara Gadai Sertifikat Rumah Di Bank

Memilih mengajukan  pinjaman sertifikat rumah di bank dapat menjadi solusi tepat untuk anda mendapatkan dana. Dengan dana yang anda dapatkan bisa anda pergunakan untuk berbagai macam keperluan hidup.

Berikut ini beberapa alasan memilih gadai sertifikat rumah di bank menjadi pilihan menarik :

1. Suku Bunga Lebih Rendah

Pinjaman agunan sertifikat rumah di bank memiliki penawaran tingkat suku bunga per bulan yang menarik jika membandingkan lembaga keuangan lain. Untuk tingkat suku bunga per bulan yang di tawarkan oleh bank memiliki suku bunga per bulan yang rendah.

Dengan rendahnya tingkat suku bunga per bulan akan mempengaruhi terhadap besar kecilnya angsuran per bulan yanganda bayar. Semakin rendah angsuran per bulan yang anda bayar akan semakin ringan jumlah pengeluaran per bulan yang anda keluarkan.

2. Pinjaman Tinggi

Dengan mengajukan pinjaman sertifikat rumah di bank maka pinjaman yang anda dapatkan bisa berjumlah cukup besar. Karena bank besar memiliki modal yang cukup besar dalam memberikan pinjaman kepada calon debiturnya.

Dengan modal yang tidak terbatas tersebut cukup memberikan peluang bagi pengusaha – pengusaha besar dalam mengajukan kredit pinjaman.

Namun kembali lagi bank akan memberikan pinjaman sesuai dengan  kemampuan pembayaran kredit per bulan calon debiturnya. Bank akan menganalisa data keuangan calon debitur melalui cashflow pendapatan beberapa bulan terakhir.

Properti rumah yang anda ajukan juga menjadi penilaian memiliki nilai harga jual di berapa. Karena pihak bank memiliki tim appraissal dalam menentukan taksiran harga rumah calon debiturnya.

3. Keamanan

Mengajukan pinjaman sertifikat rumah di bank memiliki keamanan untuk calon debitur. Karena lembaga keuangan bank yang anda pilih wajib bank resmi yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saat ini pilihan mengajukan di bank umum atau bank besar di Indonesia banyak sekali pilihannya. Anda dapat mengajukan pinjaman sertifikat rumah di Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BNI dan beberapa bank besar lainnya.

Dengan kredibilitas bank – bank tersebut maka tidak di ragukan lagi masalah keamanan anda mengajukan pinjaman sertifikat rumah. Namun anda harus teliti dan menanyakan informasi lebih dalam mengenai ketentuan dan aturan kredit pinjaman di bank tersebut.

 

Info Lebih Lanjut Hub : 0858 9268 2443 (Tlp/WA)