Angsuran pegadaian sertifikat rumah wajib anda perhitungkan terlebih dahulu ketika akan mengajukan gadai sertifikat rumah. Dengan mencari informasi terebut menjadi tantangan seseorang untuk solusi keuangan dalam situasi mendesak.

Opsi menggadaikan sertifikat rumah menjadi salah satu pilihan pinjaman populer di masyarakat. Namun anda harus memahami ketentuan pinjaman tersebut agar proses pinjaman dapat berjalan lancar.

Perhatikan Angsuran Pegadaian Sertifikat Rumah

Perhatikan Angsuran Pegadaian Sertifikat Rumah

Pegadaian sertifikat rumah merupakan tempat gadai lembaga keuangan yang melayani pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Layanan pinjaman ini menjadi salah satu pilihan pinjaman di masyarakat yang sedang membutuhkan dana pinjaman cukup besar.

Melihat harga nilai jual asset properti saat ini memiliki nilai harga jual yang tinggi maka menjadikan pinjaman sertifikat rumah memiliki nilai pinjaman besar. Namun nilai pinjaman besar yang anda dapatkan akan kembali lagi tergantung dari data – data persyaratan yang anda miliki.

Sertifikat rumah yang anda jaminkan akan di simpan di lembaga keuangan pemberi pinjaman sampai dengan pinjaman tersebut lunas. Agar pinjaman anda dapat berjalan lancar sampai lunas perlu anda pikirkan dan perhitungkan terlebih dahulu secara matang.

Berikut ini beberapa hal yang wajib anda perhatikan dalam angsuran pegadaian sertifikat rumah :

1. Suku Bunga Per Bulan

Tingkat suku bunga per bulan menjadi hal yang perlu anda perhatikan dalam menggadaikan sertifikat rumah. Sebelum anda mengajukan pinjaman maka salah satu yang akan di tanyakan ialah berapa tingkat suku bunga per bulan di lembaga keuangan tersebut.

Suku bunga per bulan akan berpengaruh terhadap jumlah angsuran per bulan yang akan anda bayar. Sedangkan angsuran per bulan ialah pembayaran wajib per bulan yang harus anda bayarkan setiap bulan sampai dengan lunas kredit.

Jika anda mencari lembaga keuangan dengan tingkat suku bunga rendah ada baiknya anda memilih mengajukan pinjaman di bank besar. Beberapa bank yang menawarkan tingkat suku bunga per bulan yang rendah antara lain : Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BCA dan beberapa bank besar lainnya.

2. Perhatikan Jadwal Angsuran

Ketika pinjaman sertifikat rumah yang anda ajukan berhasil mendapat persetujuan sampai dengan cair. Maka akan ada jadwal akad kredit tanda tangan kontrak perjanjian pinjaman kredit.

Tanda tangan kontrak akad kredit menjadi patokan anda dalam membayar jatuh tempo pembayaran angsuran per bulan. Jadi apabila anda melakukan akad kredit di tanggal 1 maka pada tanggal 1 bulan berikutnya menjadi tanggal jatuh tempo pembayaran angsuran anda.

Untuk jadwal akad kredit pada lembaga keuangan tidak bisa di rubah atau sesuai dengan keinginan peminjam. Jadi apabila anda memiliki gaji yang di bayarkan per tanggal 25 ada baiknya anda meminta jadwal akad kredit di tgl 25 keatas.

Namun solusi lain anda dapat mencadangkan satu kali angsuran anda sebagai dana cadangan angsuran ketika jatuh tempo. Dan anda dapat menutup cadangan angsuran kembali di bulan berikutnya untuk menghindari denda berjalan.

3. Sesuaikan Jumlah Angsuran

Anda wajib menyesuaikan kebutuhan pinjaman dengan kondisi finansial per bulan anda. Usahakan angsuran per bulan yang anda pilih menyesuaikan dengan kemampuan bayar per bulan anda.

Jangan sampai tergoda mengambil pinjaman dengan jumlah besar yang justru kedepannya akan memberatkan anda dalam membayar angsuran. Karena anda memiliki jaminan berupa sertifikat rumah yang menjadi jaminan di lembaga keuangan.

Jika sampai dengan terjadi gagal bayar atau wanprestasi anda harus memikirkan kembali jaminan rumah yang anda jaminkan. Salah satu solusi dengan menjual asset rumah tersebut menjadi solusi penyelesaian daripada harus jatuh ke lembaga lelang.

4. Simpan Bukti Pembayaran

Selalu simpan bukti pembayaran angsuran anda sebagai referensi jika terjadi masalah di kemudian hari. Bukti pembayaran ini sebagai bukti bahwa anda telah membayarkan pinjaman angsuran per bulan di lembaga keuangan.

Hal ini untuk berjaga – jaga saja di kemudian hari jika anda menitipkan pembayaran ke bagian penagihan lapangan. Jika anda membayar secara transfer ke rekening lembaga keuangan tersebut bisa anda simpan juga. Namun biasanya pembayaran secara transfer bank sangat kecil kemungkinan terjadi kesalahan.

 

Info Lebih Lanjut Hub : 0858 9268 2443 (Tlp/WA)