Cicilan Gadai BPKB mobil perlu anda perhitungkan juga. Ketika dalam kondisi darurat dan anda sedang membutuhkan sejumlah dana untuk suatu keperluan yang mendesak, pinjaman dengan gadai BPKB mobil adalah solusinya. Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan pinjaman dana tunai dengan agunan BPKB, yang prosesnya cepat, mudah dan cicilan ringan.

Mengapa menggunakan BPKB mobil?

Pinjaman dengan jumlah dana yang cukup besar, lebih efektif menggunakan agunan BPKB mobil dibandingkan BPKB motor. Hal tersebut tentunya dikarenakan nominal dari motor lebih kecil dibandingkan mobil. Selain itu terdapat beberapa kelebihan cicilan gadai BPKB mobil, diantaranya:

  1. Persyaratan mudah dan cepat

Berbeda dengan pinjaman agunan sertifikat tanah atau rumah, yang memerlukan proses cukup lama untuk menunggu pencairan dana. Dengan menggunakan agunan BPKB mobil dana pinjaman yang anda peroleh besar dan prosesnya cepat.

  1. Dana pencairan langsung

Salah satu keuntungan dari pinjaman agunan BPKB mobil adalah, pencairan diterima langsung oleh yang mengajukan dan tidak melalui perantara orang lain. Sehingga disarankan untuk menggunakan rekening pribadi.

  1. Bunga lebih rendah

Dengan gadai BPKB mobil bunga rendah dibandingkan pinjaman tanpa agunan. Karena umumnya nominal untuk pelunasan cicilan gadai BPKB mobil sebesar 10 persen flat per tahun. Sedangkan pinjaman online memiliki bunga sebesar 24 persen flat per bulannya.

  1. Tenor pinjaman lebih panjang

Hampir sama dengan pinjaman lainnya, pinjaman dengan agunan BPKB mobil memiliki tenor yang panjang mencapai 36 bulan. Sehingga kecil kemungkinan adanya hambatan saat proses pelunasan pinjaman dana.

  1. Jaminan fusida

Ketika anda menggunakan BPKB sebagai agunan saat pinjaman dana, pastikan anda memilih jaminan fusida yang berarti hanya menyerahkan berkas atau dokumen saja. dan barang agunan tetap menjadi hak anda sebagai pemilik atau penggunanya.

Syarat pinjaman agunan BPKB Mobil

Bagi anda yang berencana melakukan pinjaman dana dengan agunan BPKB mobil, pastikan untuk melengkapi persyaratan berikut ini:

  1. Usia 21-60 tahun
  2. Kendaraan yang akan digadai dalam kondisi yang baik dan tidak modifikasi
  3. Kondisi kendaraan dapat beroperasi dengan layak di jalan raya sesuai dengan standar undang-undang yang berlaku
  4. Pajak hidup, jika pajak mati wajib memperpanjang pajak. Dapat dilakukan oleh petugas dengan memotong dana pencairan, atau diperpanjang sendiri
  5. BPKB yang belum balik nama, bisa tetap diproses
  6. Menerima berbagai jenis merk mobil
  7. Melengkapi berkas yang diperlukan (KTP, NPWP, KK, surat nikah, slip gaji, STNK, dan BPKB)

Demikian penjelasan keuntungan dan syarat yang perlu dilengkapi ketika akan menggadaikan BPKB mobil. Pastikan tempat gadai BPKB mobil yang anda pilih terjamin OJK dan terpercaya. Setelah dana pinjaman cair, jangan lupa untuk melunasi cicilan gadai BPKB mobil yang sudah disepakati sebelumnya.