Gadai SHM cepat merupakan salah satu solusi untuk penuhi biaya kebutuhan bagi sebagian orang. Sebenarnya bukan masalah jika gadai SHM untuk kebutuhan yang mendesak selama Anda bisa lebih teliti dan hati-hati dalam mengajukannya.

Anda tertarik untuk gadai SHM cepat? Ketahui dulu beberapa informasi di bawah ini!

Keuntungan Gadai SHM

SHM merupakan salah satu aset berharga yang pastinya ingin dijaga pemiliknya. Walaupun demikian, asalkan Anda menjaminkan pada tempat yang terpercaya, ada sejumlah keuntungan jika menjadi SHM sebagai jaminan untuk pinjaman, yakni:

  • Limit kredit pinjaman dengan  jaminan SHM bisa diterima dengan pencairan dana secara cepat.
  • Jangka waktu pinjaman atau tenor yang lebih lama daripada dengan jaminan aset yang lain. Biasanya, tenor diberikan yakni 1 hingga 5 tahun. Tak hanya itu, sejumlah penyedia pinjaman pun memberikan kemudahan pada tenor yang dapat diperpanjang sesuai kemampuan bayar nasabah.
  • Bunga cicilan lebih ringan daripada produk pinjaman yang lainnya.
  • Jumlah dana didapatkan lebih besar, bahkan dapat sampai miliaran rupiah tergantung pada nilai aset yang menjadi jaminan.

Cara Menggadaikan SHM Secara Aman

Anda masih bingung bagaimana cara menggadaikan SHM yang aman? Ikuti langkah-langkah berikut!

  • Mencari informasi mengenai kreditur serta aturan hukumnya. Mulai dari besaran bunga, jumlah pinjaman, biaya tambahan, dan jangka waktu cicilan.
  • Bandingkan sejumlah lembaga keuangan lalu sesuaikan dengan kebutuhan pinjaman.
  • Pastikan dokumen serta persyaratan terpenuhi. Cek pula legalitas SHM yang akan digadaikan. Jika Anda bingung, bisa menelepon atau datang langsung ke kantor lembaga keuangan Anda pilih.
  • Tunggu sampai persyaratan sudah disetujui. Biasanya setelah disetujui, pinjaman akan cair satu sampai lima hari kerja. Tergantung pada nominal pinjaman.

Tips Aman Menggadaikan SHM

Ketika Anda memutuskan untuk gadai SHM cepat, Anda harus memastikan keamanaanya. Berikut sejumlah tips aman menggadaikan SHM.

  • Jangan Ajukan Pinjaman Lebih dari Nilai Taksir Pinjaman

Sesuaikan dengan penghasilan atau gaji setiap bulan dengan besaran pinjaman diajukan. Pihak bank atau pegadaian akan menilai kemampuan dari para peminjam untuk mengangsur tiap bulannya yang terlihat dari gaji.

  • Pilih Lembaga yang Terpercaya

Ketika memutuskan gadai SHM, pastikan Anda memilih lembaga pinjaman terdaftar dan diawasi OJK. Sehingga lebih terjamin kredibilitasnya dan Anda bisa dapatkan dana cair dengan cepat tanpa halangan.

  • Lakukan Survei serta Bandingkan

Lakukan survei untuk bandingkan antara lembaga satu dengan yang lainnya. Pilih lembaga bereputasi baik karena biasanya pun akan bertahan pada gejolak-gejolak ekonomi.

  • Pastikan Cicilan Tak Bebani Keuangan

Pastikan Anda sudah paham baik jumlah cicilan dan bunga yang perlu dibayarkan supaya tak membebani pada kemudian hari. Teliti dalam pilih lembaga pinjaman. Pilih yang berikan layanan terbaik, mampu ukur nilai tukar akurat, serta suku bunga rendah sesuai kebutuhan dan juga kemampuan membayar.

Itulah sejumlah informasi perlu diketahui sebelum gadai SHM cepat. Sekarang ini sudah banyak lembaga terpercaya terima gadai sertifikat rumah. Pilihlah sesuai kebutuhan.