Gadai sertifikat rumah tanpa IMB apakah bisa mengajukan pinjaman dengan kondisi tersebut? Keberadaan dari gadai sertifikat inilah ternyata banyak dicari oleh sebagian besar orang, terutama bagi mereka yang butuh dana dalam jumlah besar dalam waktu dekat.

Kendati memang Anda sudah mengatur keuangan sedemikian rupa, tetapi tetap ada saja waktu dimana Anda harus mengeluarkan biaya cukup besar bukan? Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat memperoleh dana dengan jumlah besar adalah dengan gadai sertifikat rumah.

Gadai Sertifikat Rumah Tanpa IMB, Apa Bisa?

Anda pastinya sudah tahu bahwa keberadaan jaminan sertifikat rumah menjadi jenis pinjaman kredit yang paling banyak dipilih di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dengan menggunakan sertifikat itulah, Anda bisa memperoleh kesempatan dana pinjaman dalam jumlah besar.

Tetapi bagi masyarakat yang akan meminjam dana menggunakan sertifikat penasaran apakah dapat menggadaikan sertifikat tanpa adanya IMB? Nah untuk menjawab pertanyaan itulah, Anda memang perlu memahami dahulu syarat-syarat agar dapat memperoleh dana pinjaman tersebut.

  1. Memiliki SHGB atau SHM atas nama pribadi, pasangan ataupun orangtua
  2. Nomor pelanggan PBB, PLN serta pembayaran STTS
  3. KTP, NPWP, KK, Kartu BPJS serta buku nikah
  4. Dokumen asset seperti SHM, PBB serta IMB
  5. Slip gaji atau rekening koran bagi seorang karyawan
  6. Dokumen penghasilan, SIUP, SKU, serta NPWP dari usaha.

Tips Dalam Menggadaikan Sertifikat Rumah

Apabila Anda ingin melakukan gadai sertifikat ini, maka terdapat beberapa hal yang perlu diketahui lebih lanjut dahulu. Anda tentunya tidak ingin kecewa di kemudian hari bukan? karena itulah perhatikan tips berikut apabila akan melakukan gadai sertifikat rumah.

  1. Pastikan Memilih Tempat Gadai Terpercaya

Saat ini menemukan tempat terima gadai sertifikat rumah bukanlah hal yang sulit dilakukan lagi. Kendati demikian, Anda sebaiknya harus berhati-hati dalam memilih tempatnya tersebut dan harus mengecek kredibilitas serta legalitas dari perusahaan bersangkutan.

  1. Menentukan Tujuan Pinjaman Yang Jelas

Perlu diketahui bahwa dana pinjaman yang akan diperoleh dari gadai sertifikat rumah inilah ternyata sangat besar. Oleh sebab itulah, Anda sebaiknya juga sudah menentukan tujuan dari melakukan pinjaman. Jangan sampai menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan konsumtif karena akan merugikan.

  1. Memiliki Kondisi Keuangan Yang Stabil

Setelah mendapatkan dana pinjaman, Anda nantinya juga mempunyai kewajiban untuk melakukan pembayaran cicilan setiap bulan sesuai dengan tenor yang dipilih. Tips yang perlu diingat adalah pastikan memiliki kondisi keuangan stabil sehingga dapat membayar cicilannya hingga selesai.

Kebutuhan yang semakin banyak membuat seseorang harus memutar otak agar dapat memperoleh dana. Terlebih lagi kalau Anda harus mengeluarkan dana dalam jumlah besar untuk suatu keperluan non-konsumtif. Disinilah mengapa gadai sertifikat rumah tanpa IMB mungkin dapat jadi pilihannya.