Gadai sertifikat rumah atas nama orangtua telah menjadi salah satu pilihan yang cukup sering dilakukan bagi banyak orang ketika terdesak membutuhkan uang. Gadai sertifikat rumah memang hal yang mudah dilakukan dan menjadi hal untuk mendapat Pinjaman cepat jaminan sertifikat rumah, tapi jika anda ingin menggadai dengan nama orang tua, bagaimana caranya?

Bagi yang ingin mengetahuinya, anda bisa melihat penjelasan lengkap artikel ini,

Persyaratan Dan Dokumen Saat Gadai Sertifikat Rumah Atas Nama Orangtua

Beberapa syarat dan dokumen yang diperlukan yaitu,

Persyaratan umum dan dokumen yang dibutuhkan

Berikut syarat dan beberapa dokumen yang harus anda penuhi,

  • Anda adalah seorang Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 21 tahun atau telah menikah.
  • Mempunyai sertifikat rumah dengan nama orang tua yang akan dipakai menjadi jaminan.
  • Surat kuasa izin dari orang tua yang akan digadaikan settifikatnya.
  • Fotokopi KTP dari pemohon serta orang tua.
  • Kartu Keluarga (KK) yang telah mencakup data lengkap pemohon serta orang tua.
  • Surat nikah atau surat cerai (yang berlaku) untuk membuktikan hubungan dari anda sebagai pemohon dengan orang tua.
  • Bukti penghasilan dari anda sebagai pemohon jika diperlukan

Surat kuasa serta dokumen tambahan

Dikarenakan nantinya sertifikat rumah yang digadaikan akan bernama orang tua, anda sebagai peminjam juga perlu menyertakan surat kuasa yang menyatakan jika orang tua telah memberikan izin kepada anda sebagai peminjam untuk menggadaikan sertifikat rumah tersebut.

Surat kuasa itu nantinya harus dibuat di hadapan notaris dan langsung ditandatangani peminjam serta orang tua.

Proses dari Gadai Sertifikat Rumah Atas Nama Orangtua

Untuk proses dari gadai sertifikat rumah atas nama orangtua ini akan melibatkan beberapa langkah yang akan memastikan dalam kelancaran proses juga keamanan ketika transaksi. Dibawah ini terdapat beberapa langkah yang perlu anda ikuti,

  1. Melakukan ajukan pinjaman pada kantor cabang

Agar nantinya anda bisa melakukan pinjaman, anda perlu mendatangi kantor cabang dari tempat menggadai. Pastikan juga jika anda telah membaca semua dokumen yang memang diperlukan.

Nantinya ketika sampai di kantor cabang, akan ada petugas yang kembangi dalam mengisi formulir pengajuan kemudian memeriksa semua dokumen yang anda bawa.

  1. Melakukan Verifikasi serta penilaian jaminan

Setelah ada selesai mengajukan pinjaman, tempat gadai biasanya akan akan melakukan verifikasi dokumen serta jaminan yang diberikan. Proses verifikasi ini biasanya dapat meliputi pemeriksaan legalitas dari sertifikat rumah serta penilaian dari nilai jaminan.

Penilaian tersebut sangat penting dilakukan dalam menentukan plafon pinjaman yang bisa anda dapat. Penilaian nantinya akan dilakukan dari petugas penilai yang memang bekerja dengan kantor gadai.

  1. Telah mendapat persetujuan dan melakukan pencairan dana

Jika dokumen serta jaminan yang anda berikan sudah diverifikasi dan juga disetujui, kantor gadai pub akan langsung menyetujui pinjaman tersebut.

Anda kemudian akan menandatangani perjanjian dari pinjaman serta surat kuasa yang memang akan digunakan untuk memberikan hak kepada kantor gadai untuk menjual sertifikat rumah tersebut jika anda gagal melunasi pinjaman yang dilakukan.

Setelah semua proses gadai sertifikat rumah atas nama orang tua telah selesai, kantor gadai akan langsung mencairkan dana pinjaman tersebut ke rekening anda atau juga bisa langsung memberikannya tunai, tergantung dengan kesepakatan sebelumnya yang sudah disetujui. Selanjutnya, anda pun wajib untuk membayar semua cicilan pinjaman sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.