Gadai sertifikat tanah proses cepat merupakan sebuah kegiatan yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Termasuk gadai sertifikat rumah. Gadai sertifikat tanah proses cepat merupakan pembiayaan yang diberikan kepada masyarakat berpenghasilan tetap atau rutin maupun pengusaha mikro atau kecil serta petani dengan jaminan sertifikat tanah yang setara dengan SHM dan HGB.

Nah, untuk mengenal lebih lanjut mengenai gadai sertifikat tanah ini, simak pembahasannya sebagai berikut.

Mengenal Gadai Sertifikat Tanah Proses Cepat

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, gadai tanah merupakan aktivitas atau kegiatan di mana sebuah lembaga memberikan sejumlah uang kepada masyarakat dengan jaminan sertifikat tanah. Dengan menggadaikan sertifikat tanah di tempat yang tepat seperti gadai sertifikat rumah di BPR

terbaik atau lainnya, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut.

1. Proses pengajuan mudah

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan jasa gadai yang tepat adalah akan menjumpai proses pengajuan yang mudah. Artinya, semua persyaratan dan proses penggadaian akan berjalan dengan normal dan masuk akal sebagaimana proses gadai tanah pada umumnya.

2. Jaminannya sertifikat tanah setingkat SHM atau HGB

Selanjutnya, jaminan yang Anda gunakan juga cukup mudah. Pasalnya, Anda hanya perlu menyiapkan sertifikat tanah setara dengan SHM atau HGB. SHM atau sertifikat hak milik adalah sertifikat dengan kekuatan hukum tinggi. Sementara, HGB atau hak guna bangunan adalah jenis sertifikat yang berlaku selama 30 tahun serta bisa diperpanjang.

Jadi, dengan menggunakan sertifikat tersebut, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman jaminan sertifikat tanah dengan ketentuan syarat serta tahapan diikuti dengan benar.

3. Pinjaman mulai 1 juta sampai 200 juta

Nah, pernyataan yang ketiga kali ini merupakan salah satu pernyataan yang cukup menarik, Pasalnya, Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari satu juta sampai 200 juta. Tentunya semuanya cukup disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan kemampuan pembayaran nantinya.

4. Memiliki berbagai macam pola angsuran

Keunggulan berikutnya ketika Anda menggunakan jasa gadai terbaik terpercaya adalah disediakan pola angsuran yang bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Pola angsuran seperti regular, fleksi sekali bayar, berkala 3 bulan, berkala 4 bulan, berkala 6 bulan, dan lain sebagainya, akan Anda jumpai dan bisa disesuaikan kebutuhan maupun kemampuan bayar Anda.

Lantas, bagaimana cara kerja gadai sertifikat tanah yang dilakukan di pegadaian? Berikut pembahasannya.

Bagaimana Cara Gadai Sertifikat Tanah Proses Cepat di Pegadaian?

Jika Anda butuh dana cepat jaminan sertifikat tanah, maka salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajukan gadai melalui pegadaian. Cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Datang dengan marhun atau agunan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan datang membawa marhun. Marhun atau yang disebut juga sebagai rahn adalah harta yang digadaikan guna menjamin hutang yang Anda lakukan. Jadi, jika pinjaman atau gadai yang Anda lakukan adalah pinjaman jaminan sertifikat tanah, maka yang perlu Anda bawa di samping dokumen pendukung adalah dokumen utamanya. Yakni sertifikat tanah yang berperan sebagai marhun.

2. Verifikasi oleh tim mikro

Selanjutnya, setelah Anda datang dengan membawa marhun, maka tim mikro dari lembaga penyedia layanan gadai yang Anda gunakan akan melakukan verifikasi berkas. Verifikasi berkas dilakukan dengan tujuan supaya tidak ada kekeliruan dan memastikan kelengkapan berkas yang Anda bawa sebagai syarat dalam pengajuan pinjaman.

Selain itu, nantinya tim mikro ini juga akan melakukan survey lokasi dengan data lokasi survey sesuai dengan data yang sudah Anda serahkan.

3. Persetujuan besaran marhun bih

Setelah melewati beberapa tahapan di atas, gadai sertifikat tanah proses cepat akan dilakukan persetujuan besaran marhun bih yang lagi-lagi dilakukan oleh tim mikro. Marhun bih atau pinjaman ini merupakan sebuah hak yang karenanya barang gadai akan diberikan sebagai jaminan kepada pihak layanan gadai.

Nantinya, besaran marhun bih atau pinjaman merupakan hal yang wajib dikembalikan dan bisa dilunasi dengan barang yang di marhunkan tersebut.

4. Marhun bih diterima nasabah

Tahapan terakhir dari pinjaman di pegadaian jaminan sertifikat rumah adalah penerimaan marhun bih atau besaran pinjaman oleh nasabah. Penerimaan marhun bih ini tentunya disesuaikan dengan persetujuan yang sudah dilakukan sebelumnya. Artinya, Anda tidak perlu khawatir, sebab jika persetujuan sudah dilayangkan, itu berarti besaran marhun bih itulah yang nantinya Anda terima.

Jadi, jika sekiranya penerimaan marhun bih ternyata tidak sesuai dengan persetujuan, bisa langsung Anda komunikasikan dan tanyakan.

Itulah beberapa cara gadai sertifikat tanah yang bisa Anda lakukan di pegadaian. Selain itu, banyak juga yang menanyakan seputar gadai yang dilakukan di koperasi. Apakah koperasi pegadaian bisa melakukan hal tersebut atau tidak, bisa langsung Anda simak pembahasannya di bawah.

Bisakah Gadai Sertifikat Rumah di Koperasi

Gadai sertifikat rumah proses cepat merupakan satu hal yang sering dicari oleh masyarakat. Jika Anda adalah salah satunya, Anda bisa menggunakan layanan pegadaian seperti koperasi atau sejenisnya yang penting terpercaya.

Dengan memilih lembaga yang terpercaya, Anda akan mendapatkan pinjaman dengan barang gadai sesuai perjanjian dan masuk akal. Anda tidak perlu takut terkait hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab, lembaga terbaik umumnya akan menjaga dengan benar barang gadai Anda termasuk jika Anda menggunakan sertifikat tanah sebagai jaminannya.

Jadi, jika Anda masih bertanya apakah bisa melakukan gadai sertifikat rumah atau tanah di koperasi, maka jawabannya adalah bisa selagi koperasi yang bersangkutan menyediakan layanan pegadaian yang dibuka untuk masyarakat umum atau untuk anggota koperasi gadai sertifikat rumah proses cepat

Bisakah Gadai Sertifikat Tanah di Bank BRI?

Nah, setelah Anda mendengar penjelasan seputar kebiasaan koperasi dalam menerima layanan atau permintaan gadai, maka kali ini Anda akan melihat penjelasan gadai sertifikat tanah di bank. Termasuk di bank BRI.

Selain di koperasi, umumnya lembaga pegadaian terbaik juga akan melakukan kerjasama dengan bank-bank ternama di Indonesia. Termasuk bank BRI.

Anda bisa melakukan gadai sertifikat tanah di bank BRI tentunya dengan berbagai macam syarat dan ketentuan. Beberapa syarat yang dimaksud, bisa langsung Anda simak di bawah.

Syarat Gadai Sertifikat Tanah Proses Cepat di Bank

Selain mengetahui pinjaman di pegadaian jaminan sertifikat rumah, Anda juga perlu tahu bahwa gadai juga bisa dilakukan di Bank. Tentunya dengan syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut.

  1. Telah memenuhi syarat pengajuan

Syarat yang harus dipenuhi oleh Anda adalah berkas-berkas seperti KTP, PBB, KK, IMB untuk UP yang lebih dari 50 juta, dan surat keterangan usaha untuk pelaku usaha. Selain itu, usia yang ditetapkan 21 tahun dengan ketentuan profesi disesuaikan dengan syarat dari pihak pegadaian.

  1. Memenuhi syarat jaminan

Sementara, syarat jaminan sendiri berupa tanah produktif dengan status yang tidak bermasalah dan tidak sedang menjadi jaminan, serta lokasi tanah yang boleh berbeda dengan tempat tinggal nasabah. Jangan lupa untuk sertifikat tanah adalah milik sendiri khususnya untuk profesional non formal.

Itulah sekilas pembahasan seputar gadai sertifikat tanah proses cepat yang perlu Anda ketahui.