Kredit agunan sertifikat rumah menjadi solusi sebagian orang yang sedang membutuhkan uang dalam jumlah besar dan cepat cair. Hal ini lantaran sertifikat rumah biasanya mempunyai nilai paling besar dibandingkan jenis aset lainnya yang dijadikan jaminan pinjaman. Agar pengajuannya berhasil, yuk ikuti tips berikut:

1. Tentukan Tujuan Penggunaan Dana

Tentukan tujuan yang membuat Anda mengajukan pinjaman kredit agunan sertifikat rumah. Pastikan dana tersebut memang digunakan untuk tujuan yang jelas dan bermanfaat jangka panjang. Misalnya, untuk modal usaha, biaya pendidikan anak, dan keperluan lainnya.

Jangan sampai Anda mengajukan pinjaman untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif. Akan sangat disayangkan jika uang tersebut digunakan misalnya untuk membeli pakaian, dan membeli kebutuhan sehari-hari. Hal ini malah membuat Anda terlilit hutang.

Ketika saatnya membayar cicilan Anda malah mencari pinjaman lain. Ujungnya malah gali lubang tutup lubang, tentunya Anda tidak ingin berakhir seperti ini bukan?

2. Memiliki Keuangan yang Stabil

Setelah menentukan tujuan penggunaan dana gadai sertifikat rumah bunga rendah, Anda harus memikirkan kondisi keuangan pribadi. Pastikan kondisi keuangan Anda benar-benar mendukung untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak selain dari dana pinjaman.

Bukan hanya itu, Anda juga harus memiliki penghasilan tetap sehingga bisa membayar cicilan beserta dengan bunganya tepat waktu. Maka, pinjamlah jumlah dana yang sesuai dengan kemampuan membayar Anda. Jangan melebihi penghasilan.

Nantinya, pengajuan pinjaman memungkinkan disetujui pihak jasa pinjaman, asalkan tidak melebihi harga aset rumah yang Anda jadikan jaminan.

3. Pahami Semua Syarat Pengajuan Kredit

Sebelum Anda mengajukan kredit agunan sertifikat rumah, pahami dulu semua syarat untuk gadai sertifikat rumah dengan teliti. Hal ini karena tidak semua pinjaman bisa disetujui.

Namun, biasanya syarat pengajuan pinjaman antar satu perusahaan dengan lainnya hampir sama. Umumnya, Anda harus berusia 21 sampai 60 tahun dan mempunyai penghasilan tetap selama minimal 1 tahun. Selain itu, Anda wajib melampirkan dokumen pelengkap, berupa KTP, KK, fotokopi slip gaji, NPWP,  IMB dan PBB rumah.

Paling penting, usahakan untuk memenuhi semua syarat tersebut dan ketentuan yang berlaku agar pengajuan pinjaman Anda segera disetujui.

4. Jumlah Pinjaman Sesuai dengan Harga Rumah

Ketika berniat mengajukan pinjaman, Anda harus menghitung berapa harga rumah Anda jika dijual sehingga Anda bisa mengajukan pinjaman yang sesuai dengan harga rumah.

Namun, Anda tidak akan mendapatkan pencairan dengan harga 100% dari nilai rumah, melainkan hanya akan mendapatkan sekitar 60% dari keseluruhan harga rumah tersebut.

Meski begitu, hal ini juga dilihat lagi dari lokasi dan kondisi rumah yang Anda jaminkan. Maka, jika ingin mendapatkan dana cukup besar, pastikan memperbaiki kondisi rumah dulu agar memiliki nilai tinggi.

Itulah tips mengajukan kredit agunan sertifikat rumah yang bisa Anda aplikasikan. Semoga membantu.