Bank Perkreditan Rakyat (BPR) ialah salah satu lembaga keuangan yang tergolong mudah memberikan pinjaman kredit. Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman tentu tidak perlu repot lagi. Berikut hal terkait pengajuan pinjaman BPR jaminan sertifikat rumah.

Dokumen Persyaratan dan Langkah Pengajuan Pinjaman

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman BPR, pastikan telah melengkapi segala macam persyaratan. Hal ini dapat mempermudah mendapatkan hasil terbaik sesuai kebutuhan Anda.

  1. Kartu Identitas lengkap, meliputi fotokopi KTP suami dan istri (jika sudah menikah), KK calon peminjam, Slip Gaji tiga bulan terakhir, NPWP untuk pinjaman diatas 50 juta, dan buku nikah bagi yang sudah menikah.
  2. Fotokopi SIUP, TKD, SKU, dan Surat Keterangan Kerja, serta fotokopi sertifikat (SHM/SHGB), IMB, dan PBB selama tiga tahun terakhir. Dokumen ini akan memudahkan dalam proses mendapatkan pinjaman uang.
  3. Sertifikat rumah asli yang akan dijadikan jaminan pinjaman. Cek proses pengerjaan oleh pihak perbankan. Anda harus cukup bersabar karena proses ini membutuhkan waktu beberapa saat.

Tips Memilih Pinjaman BPR Jaminan Sertifikat Rumah

Banyak BPR yang memberi kemudahan dalam pengajuan pinjaman, namun ada juga yang sebaliknya. Oleh karena itu, Anda harus cermat memilih BPR yang tepat. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan sebelum pengajuan pinjaman BPR jaminan sertifikat rumah.

  1. Cari BPR yang memberikan bunga terkecil. Pastikan Anda menghitung dengan cermat selisih bunga antar BPR. Dengan demikian, Anda bisa gadai sertifikat rumah bunga rendah sesuai kebutuhan Anda.
  2. Cari BPR yang memberikan kemudahan dalam proses pengajuan pinjaman. Semakin mudah prosedur pengajuan kredit, maka semakin cepat pula Anda memperoleh pinjaman.
  3. Cari informasi yang akurat dan relevan. Tanyakan dengan detail terkait prosedur, syarat, proses, pelayanan, hingga angsuran dan bunganya.

Hal yang tak kalah penting yaitu lakukan perbandingan BPR yang satu dengan BPR lainnya. Hal ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing BPR. Nah agar sertifikat rumah Anda bisa digadaikan dengan cepat, pastikan bahwa:

  1. Sertifikat rumah atas nama sendiri, tidak diwakilkan dan tidak mewakilkan.
  2. Terdapat akses jalan masuk yang bisa dilewati kendaraan berupa jalan umum, bukan jalan keluarga. Dalam hal ini posisi strategis rumah sangat diperlukan.
  3. Lokasi rumah tidak dekat dengan makam, sungai, gunung, dan tidak berada di bawah saluran udara tegangan tinggi (SUTET).

Mengapa demikian? Pihak BPR akan melakukan survei terhadap lokasi dan kondisi rumah sebagai jaminan. Hal inipun akan berpengaruh terhadap nilai jual rumah, sehingga memberikan pertimbangan BPR dalam memberikan kredit.

Itulah beberapa hal terkait pengajuan pinjaman BPR jaminan sertifikat rumah. Usahakan Anda benar-benar memperhatikan hal diatas agar bisa segera mendapat pinjaman.