Pinjaman jaminan sertifikat salah satu solusi keuangan anda. Saat Anda sedang membutuhkan dana cepat dalam jumlah yang besar, mengajukan gadai sertifikat rumah adalah salah satu alternatif dan seringkali menjadi pilihan terakhir seseorang. Hal itu dilakukan karena sertifikat rumah umumnya mempunyai nilai paling besar diantara aset lainnya yang dapat dijadikan jaminan pinjaman.

Biasanya, berbagai lembaga keuangan seperti fintech, pegadaian, atau perbankan menerima pengajuan pinjaman. Di era digital seperti sekarang ini, beberapa fintech terpercaya juga sudah menyediakan jasa mengajukan pinjaman.

Mengajukan pinjaman online dengan jaminan sertifikat rumah, selain mempunyai risiko yang besar, juga mempunyai banyak keuntungan. Apabila Anda berminat, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh.

1. Proses Pencairan Dana Pinjaman Jaminan Sertifikat yang Cepat

Dengan mengajukan pinjaman ini, maka Anda bisa menerima dana dengan proses pencairan yang lebih cepat. Pastinya, akan ada survey yang membantu pihak penyedia pinjaman memutuskan apakah Anda dinilai bisa membayar pinjaman atau tidak. Tak hanya itu saja, prosesnya juga relatif lebih aman dan terpercaya, sesuai dengan regulasi serta prosedur yang berlaku.

2. Tenor Lebih Lama

Keuntungan lainnya yang dapat diperoleh yaitu tenor atau jangka waktu pinjaman yang tergolong lebih lama daripada jaminan aset lain. Biasanya, tenor yang diberikan yaitu 1 hingga 5 tahun. Selain itu, beberapa penyedia pinjaman juga memberikan kemudahan dalam bentuk tenor yang dapat diperpanjang sesuai kemampuan bayar.

3. Pinjaman Jaminan Sertifikat Dengan Bunga Ringan

Biasanya, bunga yang diberikan oleh lembaga keuangan tentu berbeda-beda. Akan tetapi, apabila Anda menjaminkan sertifikat rumah Anda. Gadai sertifikat rumah bunga rendah jika dibandingkan dengan perbankan.

Walaupun demikian, pastikan bahwa Anda sudah memahami dengan baik jumlah bunga yang harus dibayarkan supaya tidak membebani Anda di masa mendatang. Telitilah dalam memilih pihak penyedia pinjaman dibandingkan dengan layanan beberapa fintech yang memberikan layanan terbaik, bisa mengukur nilai tukar dengan lebih akurat, dan juga suku bunga paling rendah yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Jumlah Pinjaman yang Diperoleh Lebih Besar

Keuntungan yang sudah pasti diperoleh dan menjadi alasan mengapa sertifikat rumah dijadikan jaminan yaitu jumlah dana yang akan Anda peroleh lebih besar dibandingkan dengan jaminan aset lainnya.

Walaupun demikian, tetap harus dipastikan bahwa Anda mengajukan nominal pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan bayar Anda.

Apabila Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan surat rumah, pastikan juga bahwa Anda memilih lembaga pinjaman yang terpercaya dan diawasi oleh OJK.

Demikian penjelasan mengenai keuntungan melakukan pinjaman jaminan sertifikat rumah. Semoga bermanfaat.