Kredit dengan agunan sertifikat rumah bisa menjadi solusi untuk penuhi kebutuhan dengan dana besar. Misal anda membutuhkan dana besar untuk biaya kesehatan, biaya pendidikan, atau lainnya maka tidak ada salahnya mengajukan pinjaman dana memadai.

Gadai sertifikat rumah cepat cair sebenarnya mudah saja dilakukan, asalkan anda tidak salah pilih lembaga keuangan. Fintech atau lembaga keuangan yang terpercaya pasti akan menjamin dana cepat cair dan bisa segera digunakan oleh kreditur sesuai kebutuhan nantinya.

Sekilas Tentang Kredit Agunan Sertifikat Rumah

Produk pinjaman jaminan sertifikat rumah umumnya sering kali diajukan dan diberikan langsung kepada nasabah yang berprofesi sebagai karyawan swasta. Masa kerja minimal dimiliki oleh calon kreditur sekitar 1 tahun untuk memenuhi syarat bisa mengajukan pinjaman.

Kreditur setidaknya memiliki pendapatan tetap sehingga bisa dinilai layak untuk mengajukan pinjaman menggunakan jaminan sertifikat. Mereka memilih produk satu ini tentu saja agar bisa memenuhi kebutuhan dengan dana besar sehingga tidak ada jalan lain.

Melihat aset yang dijaminkan memiliki nilai besar, maka nominal pinjaman dana yang akan didapatkan oleh kreditur sudah pasti besar. Biasanya kreditur bisa mendapatkan pencairan dana sekitar 60%  dari nilai agunan sehingga wajar kalau nilainya memang cukup besar.

Tenor yang diberikan kepada kreditur juga cukup panjang sekitar 1-5 tahun, bahkan beberapa diantaranya bisa diperpanjang. Kreditur dengan agunan sertifikat rumah berhak mendapatkan bunga ringan, oleh sebab itu perlu selektif dalam memilih lembaga keuangan.

Risiko Kredit dengan Agunan Sertifikat Rumah

Mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah memang menawarkan banyak kelebihan, namun risiko yang ditawarkan juga besar. Mau tahu apa saja risiko kredit agunan dengan jaminan sertifikat rumah? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Risiko Ditolak

Saat anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman bank, maka akan mendapatkan risiko pengajuan ditolak. Tidak semua sertifikat rumah bisa dijaminkan begitu saja, oleh sebab itu nantinya ada proses penilaian untuk memastikan kelayakan bangunan.

Lembaga keuangan nantinya akan meninjau lokasi rumah, persyaratan lengkap, kemampuan finansial, dan nilai pengajuan pinjaman. Hal seperti ini penting untuk dilakukan guna antisipasi mengurangi risiko kredit macet.

2. Kredit Macet

Untuk menghindari terjadinya kredit macet, maka anda bisa melakukan simulasi pinjaman sebelum mengajukan pinjaman sertifikat rumah. Sesuaikan nominal pinjaman dengan kondisi finansial sehingga nantinya tidak mengalami kebingungan saat membayar cicilan.

3. Ajukan Pinjaman Aman

Kreditur harus memastikan bahwa pengajuan pinjaman jaminan sertifikat rumah aman. Cara menentukan aman atau tidaknya pengajuan pinjaman bisa dengan melakukan pengecekan OJK mengenai lembaga keuangan tersebut.

Tujuan melakukan pengecekan agar transaksi bayar pinjaman bisa berjalan dengan aman dan lancar. Kredit dengan agunan sertifikat rumah memang menawarkan kelebihan, namun anda harus komitmen untuk melakukan pembayaran sebaik mungkin.