Pinjaman gadai sertifikat rumah bisa dikatakan tidak asing di tengah masyarakat. Sebab, hal tersebut sering dijadikan solusi ketika membutuhkan dana besar.

Namun perlu diketahui kalau tidak semua tawaran peminjaman uang yang menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminan bisa dikatakan aman. Anda pun perlu melakukan seleksi ketat terlebih dahulu untuk mendapatkannya.

Berikut ini, Kami akan berikan informasi tentang apa saja jenis peminjaman uang yang menggunakan sertifikat rumah yang bisa Anda lakukan ketika membutuhkan dana dalam situasi darurat.

Kredit Jenis Multiguna

Anda bisa menemukan jenis kredit yang satu ini dalam layanan bank. Menurut penjelasan yang dijabarkan dalam peraturan nomor 5 dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK di tahun 2015, kredit multiguna merupakan sebutan bagi proses pendanaan untuk pengadaan jasa atau barang yang diperlukan peminjam untuk pemakaian bukan usaha.

Umumnya, untuk mengajukan  jenis kredit yang satu ini, Anda hanya akan memerlukan jaminan berupa sertifikat tanah atau STNK dan berbagai surat penting lainnya.

Menggadaikan Sertifikat Rumah di Tempat Pegadaian

Jenis proses pinjaman gadai sertifikat rumah yang berikut ini bisa dikatakan cukup sering ditemui.

Gadai dengan memakai sertifikat merupakan proses pendanaan yang memiliki basis syariah. Program ini ditujukan untuk masyarakat yang memiliki penghasilan tetap maupun pengusaha.

Beberapa keunggulan dari mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah di pegadaian adalah

  • Bisa mendapatkan dana pinjaman di kisaran 100 sampai 200 juta Rupiah
  • Sistemnya sesuai dengan aturan dan prinsip syariah
  • Proses pengajuannya tidak rumit.

Menggadaikan Pinjaman Gadai Sertifikat Rumah di Lembaga Non Bank

Tahukah Anda kalau Anda pun dapat mengajukan permohonan kredit jaminan SHM rumah melalui lembaga non bank yang telah terdaftar di OJK.

Namun, ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi untuk mengajukan pinjaman seperti Anda merupakan WNI atau warga negara Indonesia, telah memasuki usia 21 sampai 60 tahun dan memiliki status menikah, belum menikah atau cerai serta memiliki status tempat tinggal yang jelas.

Untuk profesi sendiri, jika Anda seorang karyawan diharapkan Anda telah bekerja minimal 2 tahun sementara apabila Anda memiliki usaha, maka usaha Anda tersebut juga minimal telah berjalan selama 2 tahun.

Mengajukan Pinjaman Gadai Sertifikat Rumah ke Koperasi

Tempat lain yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan dana dalam jumlah besar saat keadaan terdesak adalah koperasi.

Beberapa koperasi bahkan memberikan pinjaman untuk orang yang hendak membuka usaha.

Namun perlu dicatat bahwa meski memiliki proses yang tidak rumit, umumnya Anda akan diminta untuk menjadi anggota dari koperasi tersebut.

Itu dia informasi tentang beberapa jenis cara mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah yang dapat Anda lakukan dalam keadaan terdesak. Namun perlu diingat kalau meskipun tergolong tidak rumit dan termasuk ke dalam jenis gadai sertifikat rumah cepat cair. Umumnya Anda akan tetap diminta menunggu untuk mendapatkan dana setelah permintaan disetujui.