Gadai Sertifikat Rumah yang aman dan cepat kini dapat dilakukan dengan sendiri. Gadai sertifikat rumah memang bisa menjadi solusi  paling jitu yang bisa dilakukan saat membutuhkan dana mendesak.

Namun, dalam menggadai sertifikat rumah tentu harus lebih hati-hati dan jangan asal memilih platform untuk gadai sertifikat rumah. Terdapat beberapa hal yang Anda ketahui sebelum memutuskan untuk gadai sertifikat rumah.

Tips Gadai Sertifikat Rumah yang aman dan cepat

Seperti penjelasan yang sebelumnya, Gadai rumah memang tidak boleh asal dilakukan. Anda harus memastikan sudah berhasil menerapkan tips gadai Sertifikat Rumah yang aman dan cepat. Hal ini dilakukan agar  Anda terhindar dari adanya berbagai macam hal yang merugikan seperti penipuan.

1. Memastikan lembaga keuangan terdaftar di OJK

Agar Anda lebih aman dari adanya penipuan, maka wajib memastikan lembaga yang dipilih untuk gadai rumah sudah terdaftar di OJK. Saat ini memang banyak sekali perusahaan atau bank yang menawarkan kredit diawasi langsung oleh OJK. Jadi Anda akan lebih aman untuk melakukan transaksi apapun.

2. Nama Telah Terdaftar di Sertifikat Rumah

Apabila Anda ingin menggadaikan sertifikat rumah, maka juga harus memastikan sertifikat tersebut dapat dibuktikan kepemilikannya. Saat ini masih banyak lembaga keuangan tidak melayani gadai sertifikat rumah yang belum balik nama, jadi prosesnya juga akan lebih rumit.

Oleh karena itu, penting sekali memastikan sertifikat tersebut sudah tercantum nama yang tepat atau belum. Jika belum, Anda bisa melakukan balik nama terlebih dahulu sesuai dengan panduan.

3. Melengkapi syarat pengajuan

Selanjutnya, Anda harus bisa memastikan syarat gadai sertifikat rumah di lembaga keuangan maupun pegadaian sudah sesuai. Kemudian, lanjut mempersiapkan berkas berisi seluruh dokumen yang diminta. Jika sudah selesai kumpulkan ke dalam map agar terlihat lebih rapi.

4. Melakukan pemeriksaan status 5C Anda

Dalam menilai seorang calon debitur, biasanya bank akan melakukan analisa 5C (Capacity, Character, Condition, Capital, serta Collateral). Hal ini tentunya harus dilakukan agar bisa memastikan bahwa debitur tersebut layak atau tidak untuk menerima pinjaman.

Di sisi lain, pihak bank tidak ingin memberikan pinjaman jika Anda mempunyai hutang yang belum terbayarkan. Apabila Anda tidak memiliki penghasilan maka akan menimbulkan kredit macet. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah kuat secara finansial sebelum memutuskan gadai Sertifikat Rumah yang aman dan cepat.

Apabila Anda masih ragu untuk melakukan gadai rumah, maka bisa konsultasi dulu, ke jasa gadai sertifikat rumah. Hal ini harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan solusi yang terbaik.

Itu saja beberapa gadai Sertifikat Rumah yang aman dan cepat. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa memberikan gambaran umum tentang gadai sertifikat rumah.