Gadai BPKB mudah dapat menjadi pilihan pinjaman anda. Gadai barang berharga adalah hal yang mungkin dianggap tabu, namun sebenarnya cukup lumrah dilakukan banyak orang. Biasanya, alasan mereka gadai barang adalah untuk mendapatkan uang dalam waktu yang cepat.

Biasanya, uang hasil gadai akan dipakai untuk berbagai kebutuhan seperti menambah modal usaha, memenuhi kebutuhan rumah, membayar uang sekolah atau kuliah, dan lainnya. Ada banyak barang yang bisa digadaikan. Mulai dari gadai barang elektronik, surat tanah, hingga BPKB.

Saat ini, gadai BPKB mudah menjadi salah satu alternatif yang dilakukan orang-orang. Selain karena cepat, BPKB dianggap sebagai dokumen yang tidak terlalu sering dipakai. Sehingga dipilih untuk digadaikan.

Syarat Pinjaman Tunai BPKB Mobil

Agar Anda bisa mengajukan gadai BPKB mudah baik di bank atau di tempat gadai terpercaya, tentu ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu.

Dari pihak penerima gadai, syarat yang harus Anda penuhi antara lain sebagai berikut:

  1. Usia calon penerima gadai minimal 21 tahun.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI), dibuktikan dengan tanda pengenal seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, paspor, dan lain sebagainya.
  3. Bekerja sebagai karyawan tetap minimal 2 tahun, atau menjadi wiraswasta yang memiliki usaha berjalan minimal 2 tahun.
  4. Dalam keadaan bekerja atau sedang menjalankan suatu usaha yang legal serta  tidak melanggar ketentuan dan hukum di negara Indonesia.

Setelah memenuhi syarat tersebut, Anda harus menyiapkan juga berbagai kelengkapan dokumen untuk mengajukan gadai BPKB mudah. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kartu Tanda Pengenal asli dan fotokopi
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi
  • Slip gaji (Apabila Anda adalah karyawan)
  • Surat izin usaha (Apabila Anda adalah wirausaha)
  • Fotokopi rekening koran
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (Jika Anda memiliki)
  • Fotokopi STNK dan BPKB yang ingin digadaikan

Syarat Gadai BPKB Mudah yang Bisa Digadaikan

Sebelum Anda berhasil menggadaikan BPKB mobil, akan ada pengecekan terlebih dahulu dari pihak pemberi pinjaman. Hal ini bertujuan agar BPKB yang Anda ajukan untuk digadai benar-benar asli, serta mobil masih dalam kondisi baik.

Untuk bisa digadaikan, syarat mobil dan BPKB yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:

  1. Usia maksimal kendaraan adalah 20 tahun dari tahun Anda mengajukan gadai BPKB mudah.
  2. Disarankan mobil-mobil resmi yang umum dijual di Indonesia.
  3. Mobil masih dalam kondisi yang baik, tidak rusak, ataupun mengalami modifikasi.
  4. Mobil dapat beroperasi di jalan raya, dan bukan merupakan mobil yang berjalan di tempat khusus. Misalnya mobil dan truk pertambangan.
  5. Apabila pajak kendaraan mati pada masa gadai, dapat diperpanjang pihak pemberi gadai dengan potong pencairan, atau bisa diperpanjang sendiri.
  6. Kendaraan yang masih belum balik nama juga bisa diproses.