Gadai BPKB mobil adalah cara termudah dan paling umum untuk mendapatkan uang secepat, terutama saat Anda sangat membutuhkannya. Pinjam uang dengan BPKB mobil dapat memperoleh nominal cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial.

Syarat-syarat Gadai BPKB Mobil

Saat Anda mengajukan pinjaman tunai BPKB mobil, Anda harus memenuhi persyaratan yang berlaku dan mengisi dokumen. Syarat pengajuan pinjaman BPKB biasanya calon peminjam harus berusia minimal 21 tahun, memiliki penghasilan yang stabil dan memiliki BPKB asli. Mengenai dokumen, Anda harus mempersiapkan sebagai berikut.

  1. KTP peminjam
  2. Kartu Keluarga
  3. Akta Nikah / Perceraian / Meninggal / Perjanjian Pranikah
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPW) atau Surat Pemberitahuan Pajak
  5. Dokumen Jaminan (BPKB Kendaraan, AJB, IMB, SHM/SHGB, PBB Terakhir
  6. Riwayat transaksi rekening 3 bulan terakhir
  7. Slip Gaji atau surat penghasilan karyawan

Tips Mengajukan Pinjaman dengan Gadai BPKB Mobil

1. Periksa mobil Anda

Saat mengajukan pinjam uang dengan BPKB mobil, Pastikan kondisi fisik mobil Anda sesuai dengan BPKB mobil yang dijamin. Anda perlu memahami jenis mobil Anda dan memeriksa apakah mobil Anda memenuhi persyaratan, seperti merek, tipe, tipe, dan tahun. Rincian lengkapnya adalah sebagai berikut.

2. Merek mobil

Merek mobil yang Anda pilih juga menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan. Hal ini karena lembaga keuangan mempertimbangkan nilai jual kendaraan yang Anda janjikan.

Biasanya, lembaga keuangan akan menerima merek mobil populer yang banyak diminati namun tetap memiliki nilai jual kembali yang tinggi. Misalnya merek mobil Jepang, Eropa dan Amerika seperti Toyota, Honda, Daihatsu, BMW, dll. Pastikan merek mobil yang ingin Anda asuransikan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

3. Umur dan kondisi mobil

Meski beberapa lembaga keuangan menerima mobil tua, masih ada batasan usia minimum untuk mobil tersebut. Umumnya mobil dengan minimal keluaran tahun 1995 akan diterima.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman dengan syarat menggadaikan BPKB mobil, pastikan usia kendaraan Anda memenuhi persyaratan tambahan. Faktor lain yang perlu diperhatikan saat mengasuransikan kendaraan Anda adalah kondisi fisik mobil. Pengajuan pinjaman Anda pasti tidak akan disetujui jika mobil Anda rusak parah atau dimodifikasi berat.

4. Pilih tingkat bunga terendah

Bagaimanapun, semua lembaga keuangan membebankan bunga yang harus Anda bayar saat Anda mengambil pinjaman dengan jaminan BPKB mobil. Secara umum, besaran bunga yang dibebankan oleh satu perusahaan dan perusahaan lainnya berbeda-beda tergantung dari jenis layanan yang Anda pilih.

Namun, saat Anda mengajukan pinjaman dengan syarat gadai BPKB mobil. jangan sampai Anda dibebani bunga terlalu banyak. Hal ini karena perusahaan keuangan legal memiliki batasan bunga yang ditetapkan oleh OJK untuk kliennya.

5. Pilih Badan Pinjaman Terpercaya

Pastikan untuk mengajukan pinjam uang dengan BPKB mobil dari perusahaan keuangan yang andal dan menjamin keamanan dan reputasi. Anda dapat memastikan bahwa perusahaan keuangan yang Anda tuju terdaftar dan diatur oleh OJK serta menawarkan suku bunga yang terjangkau dan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar Anda.