Cara meminjam uang dengan jaminan sertifikat rumah perlu anda pahami. Sertifikat rumah bukan hanya sebagai identitas kepemilikan rumah saja, akan tetapi sertifikat rumah dapat juga menjadi harta yang bernilai. Pasalnya dengan sertifikat rumah, anda dapat mendapatkan pinjaman uang dalam jumlah yang besar. Tak heran jika banyak masyarakat yang memilih pinjaman uang jaminan sertifikat rumah. Jika anda sedang membutuhkan dana atau uang yang besar untuk biaya usaha, pengobatan, pendidikan, atau lainnya. Meminjam uang dengan agunan sertifikat rumah adalah solusi yang tepat. berikut ini penjelasan mengenai cara meminjam uang dengan jaminan sertifikat rumah yang aman dan terpercaya.

Cara meminjam uang dengan jaminan sertifikat rumah

  1. Pastikan syarat utama terpenuhi

Syaratnya adalah anda seorang WNI yang berusia 21-55 tahun dengan penghasilan tetap, untuk nama pemilik rumah atau tanah yang tertera pada sertifikat adalah nama orang yang mengajukan pinjaman.

Dan baiknya jika kepemilikan rumah adalah SHM, namun bisa juga HGB atau HGU. Selain itu anda juga harus menyiapkan berkas atau dokumen pendukung seperti KTP, KK, NPWP, slip gaji, IMB, dan lainnya.

  1. Datangi lembaga terkait

Setelah anda melengkapi berkas yang diperlukan, langsung datangi lembaga atau perusahaan yang melayani kredit agunan sertifikat rumah. Sebelumnya pastikan lembaga atau perusahaan yang anda pilih adalah lembaga yang terpercaya dan berpengalaman serta sudah terdaftar OJK.

Pengajuan pinjaman biasanya tidak langsung diterima, karena petugas akan mengecek terlebih dahulu berkas yang anda berikan. Jika sudah sesuai dan memenuhi syarat ketentuan yang berlaku, pengajuan pinjaman anda akan diterima dan uang yang anda pinjam akan diberikan.

Penuhi semua syarat pinjaman agar pengajuan pinjaman anda disetujui oleh lembaga terkait. Setelah pengajuan anda disetujui pastikan produk pinjaman yang anda pilih adalah sesuai dengan kesanggupan anda. Perhitungkan dengan baik sesuai dengan gaji yang anda peroleh setiap bulannya.

Keuntungan Cara Meminjam Uang Dengan Jaminan Sertifikat Rumah

  1. Pinjaman lebih besar

Salah satu keuntungan yang anda dapatkan dari agunan sertifikat rumah adalah besaran pinjaman lebih besar, sehingga dana atau uang yang anda dapatkan juga lebih banyak. Meskipun begitu, anda juga harus mengajukan sesuai dengan besaran kebutuhan anda.

  1. Tenor lebih lama

Dikarenakan besaran pinjaman yang di dapat lebih besar, tenor atau jangka waktu pengembaliannya pun tidaklah sebentar. Sehingga lembaga pinjaman uang akan memberikan keringanan dengan memberikan tenor lebih lama, sekitar 1-5 tahun.

  1. Pencairan cepat

Salah satu proses pengajuan pinjaman dengan serifikat rumah adalh dengan melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Akan tetapi, waktu yang dibutuhkan terbilang cepat.

Penjelasan di atas mengenai cara meminjam uang dengan jaminan sertifikat rumah sudah cukup jelas, apakah anda tertarik untuk mengajukan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah.