Bank pinjaman jaminan sertifikat rumah dapat menjadi pilihan pinjaman. Tidak dapat dipungkiri, kondisi keuangan memburuk atau kebutuhan dana mendesak akan mendorong banyak orang memutuskan melakukan pinjaman. Bank pinjaman jaminan sertifikat rumah ternyata sangat laris karena mampu memberikan nominal pinjaman yang besar.

Sebelum mendapatkan dana tunai jaminan sertifikat rumah, maka anda perlu menghitung jumlah dana yang dibutuhkan. Jika memang kebutuhan dana besar bahkan mencapai miliaran rupiah, maka pinjaman tanpa agunan pastinya sudah tidak dapat dilakukan lagi.

Perhatikan Syarat Kelayakan Pemohon Bank Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Sama halnya dengan pinjaman lainnya, pinjaman dengan menggunakan agunan sertifikat rumah akan meminta sejumlah persyaratan tertentu. Syarat yang harus dipenuhi oleh calon debitur diantaranya WNI, usia pemohon 21 sampai 65 tahun, dan memiliki penghasilan tetap.

Bank umumnya juga akan menentukan jumlah minimal penghasilan yang dimiliki oleh calon debitur sendiri. Jumlahnya memang berbeda-beda tergantung kebijakan lembaga keuangan itu sendiri yang mempertimbangkannya sesuai jumlah pinjaman yang diajukan.

Dokumen Pendukung

Bank pinjaman jaminan sertifikat rumah akan memberikan persyaratan dokumen yang perlu disiapkan oleh calon debitur. Ada namanya aplikasi permohonan pinjaman yang perlu diisi dengan kolom yang benar sehingga bisa dipertanggungjawabkan nantinya.

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon dan email valid dengan tujuan agar pihak bank mendapatkan pembiayaan yang mudah. Pihak bank akan lebih mudah untuk menghubungi dan melakukan verifikasi kepada calon debitur yang mengajukan pinjaman.

Dokumen yang perlu dipersiapkan meliputi KK (Kartu Keluarga), KTP, sertifikat rumah, IMB (Izin Mendirikan Bangunan), PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), Sertifikat Hak Milik (SHM). Anda juga perlu melampirkan rekening koran, slip gaji, dan bukti perizinan usaha.

Syarat Bangunan yang Dijadikan Agunan

Selain menyiapkan masalah penghasilan dan dokumen pendukung, anda juga perlu memperhatikan syarat barang yang diagungkan. Tidak semua bangunan layak untuk dijadikan agunan sehingga pihak bank akan terlebih dahulu melakukan survey lokasi.

Pasalnya pihak bank ingin rumah yang ideal untuk dijadikan jaminan. Misalnya bangunan berada di dekat jalan raya, dekat akses umum yang bisa dilewati mobi, fasilitas lingkungan sekitar baik, dan masih banyak lagi. Apa yang tidak diperbolehkan dalam kriteria bangunan?

Lokasi rumah yang berdekatan dengan fasilitas umum seperti kuburan tidak bisa digunakan sebagai agunan. Rumah juga diusahakan berada di lokasi yang aman, bebas banjir, dan tidak dekat dengan perbukitan, atau kontur lainnya yang bisa menimbulkan kerusakan.

Persyaratan yang dikeluarkan oleh pihak bank memang cukup berat, namun semuanya sudah dipertimbangkan secara matang. Jika lokasi maupun kondisi rumah anda sesuai kriteria di atas, maka anda bisa memutuskan untuk mengajukan pinjaman bank saat membutuhkan.

Ajukan dana tunai lewat Bank pinjaman jaminan sertifikat rumah untuk mendapatkan nominal yang relatif besar. Dengan adanya pinjaman tersebut, maka anda bisa menyelamatkannya dalam kondisi keuangan maupun memenuhi kepentingan dana darurat.