Pinjaman Cepat Sertifikat Rumah – Anda mungkin sedang menghadapi situasi mendesak untuk menyiapkan dana pinjaman dalam jumlah besar. Beberapa layanan pinjaman uang perlu dipertimbangkan agar proses pencairan dana bisa diajukan dalam waktu singkat. Salah satu dana pinjaman yang bisa digunakan adalah dengan menggadaikan sertifikat rumah.

Gadai sertifikat adalah cara alternatif untuk mendapatkan dana tunai jaminan sertifikat rumah dalam waktu cepat. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggadaikan sertifikat rumah. Apa saja itu? Berikut simak penjelasan selengkapnya!

1. Perhatikan Lokasi Rumah

Gadai sertifikat rumah memang bisa menjadi agunan dengan nilai jual yang tinggi untuk mendapatkan dana pinjaman. Tetapi, beberapa rumah bisa saja tidak dijadikan agunan. Hal ini bisa disebabkan kriteria atau lokasi rumah tersebut tidak sesuai dengan ketentuan persyaratan yang ditetapkan oleh bank.

Biasanya bank akan mempertimbangkan lokasi rumah apakah bisa dijadikan agunan karena lokasinya yang strategis dan bukan di zona kawasan banjir. Berbeda halnya jika rumah tersebut terletak di gang sempit, daerah rawan banjir, atau dekat pemakaman. Kemungkinan pengajuan pinjaman akan ditolak karena lokasi rumah tidak sesuai kategori yang ditentukan.

2. Pilih Lembaga Keuangan Terpercaya

Beberapa lembaga keuangan biasanya dilengkapi dengan fasilitas pelayanan gadai sertifikat rumah. Namun, dalam menentukan layanan tersebut, pastikan Anda memilih lembaga terpercaya untuk menghindari kasus penipuan yang menimbulkan kerugian besar.

Agar proses pengajuan pinjaman cepat sertifikat rumah dapat berjalan dengan aman, Anda bisa memilih lembaga keuangan yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi dari OJK ini telah diakui sebagai perusahaan dengan reputasi yang baik dan kompeten. Oleh sebab itu, Anda bisa mempertimbangkannya agar bisa mendapatkan dana pinjaman secara aman.

3. Perhatikan Persyaratan yang Harus Dilengkapi

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan persyaratan apa saja yang harus dilengkapi sebelum mengajukan pinjaman ke bank. Adapun beberapa syarat umum tersebut diantaranya adalah dengan mempersiapkan dokumen seperti:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  • Fotokopi Sertifikat Hak Milik (SHM)
  • Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB)
  • Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Sertifikat rumah
  • Surat Keterangan Pekerja (SKP)
  • Dan lain-lain

4. Pertimbangkan Nominal Pinjaman yang Diajukan

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan besaran pinjaman yang akan diajukan. Dalam tahap ini biasanya pihak kreditur akan memberikan range pinjaman dari nilai agunan rumah. Namun, pastikan Anda menentukan nilai pengajuan sesuai kebutuhan. Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan besaran angsuran yang dikeluarkan dalam jangka waktu yang ditentukan agar tidak nunggak.

Itulah 4 hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan pinjaman cepat sertifikat rumah di bank maupun pegadaian. Yang terpenting, Anda perlu memahami apa saja resiko dan komitmen dalam membayar angsuran pinjaman dana yang diberikan. Semoga membantu!