Menggadaikan rumah menjadi opsi terakhir yang mungkin Anda lakukan ketika ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat. Jika Anda tengah berada dalam kesulitan keuangan ketika dihadapkan dengan hal-hal yang mendadak terjadi,

Beberapa alasan mengapa rumah yang menjadi jaminan adalah karena rumah adalah aset yang paling cepat untuk dijadikan jaminan, serta pihak pemberi pinjaman akan memberikan pinjaman yang cukup banyak.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mempertimbangkan keputusan untuk menggadaikan rumah. Beberapa hal tersebut antara lain sebagai berikut:

Menentukan Tujuan Menggadaikan Rumah dengan Jelas

Yang harus Anda pahami adalah, mengajukan pinjaman dengan jaminan apapun harus jelas keperluannya. Jika Anda mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan seperti membayar uang sekolah atau kuliah, tambahan biaya renovasi rumah, ataupun sebagai tambahan modal usaha, tentu akan disetujui.

Namun jika Anda ingin menggunakan pinjaman untuk keperluan konsumtif seperti berfoya-foya dan lain sebagainya, tentu akan sulit untuk disetujui. Sebab, hal tersebut akan menyebabkan Anda terlilit hutang dan jatuh ke dalam keadaan keuangan yang buruk. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda mengajukan pinjaman untuk tujuan yang jelas.

Memastikan Kondisi Keuangan Stabil

Setelah menentukan tujuan mengajukan pinjaman dana jaminan sertifikat, pastikan bahwa kondisi keuangan Anda benar-benar mendukung dan untuk kebutuhan yang mendesak. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda mampu untuk membayar cicilan dan bunga setiap bulannya.

Jangan sampai kondisi keuangan Anda terbebani, sampai-sampai rumah yang Anda jadikan jaminan terpaksa harus disita dan meninggalkan catatan kredit yang kurang baik. Tentu hal ini bisa sangat fatal karena menjadi penyebab Anda kesulitan mengajukan pinjaman selanjutnya.

Memenuhi Persyaratan Dengan Teliti

Sebelum mengajukan pinjaman menggadaikan rumah, Anda harus memenuhi seluruh persyaratan menggadaikan rumah dengan benar. Sebab, tidak semua orang bisa mengajukan pinjaman di layanan pengajuan pinjaman.

Umumnya, syarat pengajuan pinjaman di tiap layanan pengajuan pinjaman tergolong sama. Yaitu, calon nasabah harus berusia 21-60 tahun, memiliki penghasilan tetap selama minimal 2 tahun, serta melampirkan berbagai dokumen seperti KTP, KK, slip gaji, NPWP, serta IMB dan PBB.

Menentukan Nominal Pinjaman Dengan Harga Rumah

Ketika mengajukan pinjaman, pastikan juga bahwa Anda telah menentukan nominal pinjaman berdasarkan harga rumah yang akan digadaikan. Biasanya, Anda hanya akan mendapatkan maksimal 80% dari nilai rumah yang digadaikan.

Besarnya pinjaman yang bisa Anda dapatkan dilihat dari lokasi dan kondisi rumah yang akan digadaikan. Sehingga, Anda harus menentukan besaran pinjaman yang ingin Anda ajukan dengan benar dan sesuai kebutuhan.

Perlu Melengkapi Kelengkapan Dokumen Menggadaikan Rumah

Dokumen yang harus Anda siapkan sebelum menggadaikan rumah adalah sebagai berikut:

  • KTP, KK, NPWP atas nama peminjam
  • Sertifikat, IMB, PBB
  • SHM atas nama sendiri, keluarga, atau pasangan
  • Slip gaji minimal 3 bulan terakhir, jika Anda adalah karyawan
  • Legalitas usaha, jika Anda adalah wiraswasta
  • Rekening koran atau pembukuan usaha minimal 6 bulan terakhir