Pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah dapat menjadi solusi untuk anda. Ketika Anda membutuhkan sejumlah dana dengan jumlah yang besar dan waktu singkat, mengajukan pinjaman merupakan solusinya. Produk pinjaman memiliki jenis yang sangat bermacam-macam.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman dengan menggunakan jaminan sertifikat rumah Anda, pastinya Anda harus pahami dengan baik produk pinjaman tersebut, sehingga bisa lebih cermat saat akan mengajukan pinjaman.

1. Tentukan Pengajuan Pinjaman Dengan Jaminan Sertifikat Rumah Sesuai dengan Kebutuhan

Pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi keuangan Anda dalam keadaan yang sehat sebelum Anda nantinya mengajukan pinjaman pribadi jaminan sertifikat rumah. Hal ini karena Anda harus mempunyai sejumlah dana untuk membayar angsuran pinjaman setiap bulannya.

Semakin besar jumlah pinjaman yang Anda lakukan, tentunya juga membuat jumlah angsuran yang dibayarkan semakin besar. Umumnya, Anda akan mendapatkan dana yang dengan jumlah sekitar 70-80% dari nilai jaminan hunian yang Anda miliki.

2. Cermat Memilih Lembaga Keuangan Pengajuan Pinjaman Dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Memilih lembaga pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah yang bisa menawarkan layanan yang paling cocok dengan kebutuhan dan juga kondisi finansial Anda sangat diperlukan. Pastinya, setiap lembaga keuangan akan menawarkan program beserta fitur produk yang sangat berbeda-beda.

Contohnya, bunga dan juga tenor yang ditawarkan nantinya tidak akan sama. Sesuaikanlah dengan kondisi finansial yang memang Anda miliki agar Anda terhindar dari berbagai risiko kredit macet.

Bukan hanya itu saja, pastikan juga bahwa Anda menjaminkan aset berharga yang dimiliki kepada lembaga keuangan yang sudah banyak di percaya oleh orang. Anda dapat mengecek kredibilitas lembaga keuangan yang Anda tuju lewat website resmi miliki OJK.

3. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Pada saat proses pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah akan ada banyak dokumen yang nanti dibutuhkan agar pengajuan pinjaman Anda cepat untuk disetujui. Mulai dari bukti identitas berupa KTP, fotokopi slip gaji, NPWP, sampai dokumen hunian Anda misalnya sertifikat rumah, IMB, dan yang lainnya.
Supaya nantinya pinjaman Anda semakin mudah dan cepat untuk disetujui serta cicilan gadai sertifikat rumah Anda ringan, pastikan bahwa Anda melakukan pengurusan dokumen yang dibutuhkan sejak jauh-jauh hari. Apabila nantinya dokumen Anda sudah lengkap, pastinya Anda semakin mudah untuk bisa mendapatkan dana yang Anda butuhkan dalam waktu singkat.

4. Skor dan Riwayat Kredit

Sebelum Anda mengajukan pinjaman, pastikan Anda memiliki skor kredit yang cukup baik agar pengajuan pinjaman yang Anda lakukan nantinya besar kemungkinan untuk disetujui. Anda dapat mengecek skor kredit yang dimiliki melalui website resmi Bank Indonesia. Usahakan untuk selalu membayarkan cicilan tepat waktu agar bisa mempertahankan skor kredit yang baik tersebut.