Gadai BPKB terdekat jadi solusi tepat kala kebutuhan finansial tengah mendesak. Hadirnya jasa gadai BPKB terdekat sudah ada sejak ratusan tahun silam dengan tujuan utama membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Apakah Anda penasaran bagaimana perjalanan jasa pegadaian bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sejarah Jasa Pegadaian di Indonesia

Sistem gadai tercatat sudah berlangsung di China sekitar 3000 SM. Sedangkan di kawasan laut tengah dan Eropa telah ada sejak era Romawi. Mulanya bentuk gadai secara formal dikembangkan di Italia, dan di praktekan ke negara lain seperti Belanda dan Inggris.

Kemudian datanglah Belanda ke Hindia Belanda (Indonesia) membawa konsep gadai tersebut melalui VOC (Vereenigde Oost Compagnie).

Lembaga gadai Indonesia baru didirikan pada 1746 ketika kedatangan Gubernur Jenderal VOC, Van Imhoff yang bertujuan untuk memperlancar aktivitas perekonomian Belanda yang memberikan pinjaman dana dalam bentuk sistem gadai.

Bubarnya VOC pada tahun 1880 membuat Pemerintah Hindia Belanda pun mengambil alih usaha pegadaian tersebut, peraturannya pun kembali diubah dengan jenis barang yang diterima sebagai jaminannya adalah perhiasan dan sebagainya.

Berkembangnya Jasa Gadai BPKB Terdekat

Ketika Inggris datang dan mengalahkan Belanda, perekonomian pun diambil alih dan berujung memperbolehkan setiap orang mendirikan sendiri unit gadai, masyarakat akhirnya punya kebebasan mendirikan usaha serupa asal mengantongi lisensi dari pemerintah.

Akan tetapi, munculnya usaha gadai itu malah melahirkan lintah darat yang menyengsarakan rakyat. Singkat cerita, pada 1901 lahirlah Jawatan Pegadaian sebagai lembaga pegadaian Indonesia yang pertama di Sukabumi, Jawa Barat.

Syarat Gadai BPKB Terdekat

Gadai BPKB di leasing adalah jasa alternatif selain ke lembaga pegadaian. Anda dapat memilih motor atau mobil yang dijadikan jaminannya. Apa saja syarat-syaratnya?

  • Pemohon berkewarganegaraan Indonesia, berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Mempunyai pendapatan tetap yang dibuktikan dengan slip gaji, catatan keuangan
  • KTP, KK, STNK dan BPKB fotokopi dan asli
  • Foto jelas kendaraan

Syarat Kendaraan yang Digadaikan?

Menjaminkan kendaraan sebagai jaminan utang pun bukan berarti semua kendaraan bisa diterima, beberapa jasa mempunyai syarat untuk kendaraan yang bisa dijadikan jaminan. Lantas, apa syarat kendaraan yang bisa diterima oleh jasa gadai BPKB terdekat?

Anda perlu memperhatikan usia kendaraan yang akan digadaikan, rata-rata usia kendaraan yang diterima berkisar maksimal 12-15 tahun. Pastikan juga kendaraan tersebut bodinya masih mulus atau tak terlalu banyak kerusakan.

Untuk pengajuan pinjamannya sendiri biasanya minimal mulai Rp 50 jutaan dengan tenor 3 tahun hingga 4 tahun.

Mengapa kendaraan pun disarankan harus dalam kondisi baik? Hal ini dikarenakan pihak leasing akan melakukan pengecekan kendaraan jaminan terlebih dulu sebelum memberikan dana pinjaman, dan ini akan berpengaruh dengan besaran dana yang diberi.

Demikian sejarah dan syarat gadai BPKB terdekat. Semoga bermanfaat.