Gadai sertifikat rumah di BPR apakah anda sedang mencari informasi tersebut? Saat ini kebutuhan manusia semakin bertambah dan bervariasi. Untuk bisa mencukupi kebutuhan manusia, beberapa orang mengajukan pinjaman ke bank. Salah satu tempat untuk mengajukan pinjaman adalah di Bank Perkreditan Rakyat. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak berhati-hati dalam memilih kredit dengan sertifikat sehingga terkadang besarnya pinjaman yang didapatkan tidak sesuai. Anda harus menggunakan sertifikat dengan bijak. Sebelum anda mengajukan pinjaman dengan gadai sertifikat rumah di BPR, ada beberapa informasi yang bisa anda dapatkan dibawah ini.

Syarat Pengajuan Kredit

Sebelum anda mengajukan kredit dengan agunan sertifikat rumah, anda bisa mengetahui beberapa syarat pengajuan kredit dibawah ini.

  1. Anda telah berusia setidaknya 21 tahun
  2. Hanya bisa mengajukan pinjaman jika usia anda maksimal 55 tahun untuk karyawan swasta dan 60 tahun untuk pengusaha.
  3. Anda harus mempunyai penghasilan yang tetap setiap bulannya.
  4. Anda harus mampu membayar cicilan setiap bulannya dengan besaran cicilan yang sudah disepakati sebelumnya.
  5. Bagi karyawan, anda harus sudah bekerja minimal 2 tahun lamanya di perusahaan.

Ada beberapa persyaratan dokumen yang harus dilengkapi sebelum anda mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah. Anda bisa melengkapi terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses pengajuan pinjaman. Anda juga harus menghindari beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan ketika anda mengajukan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah.

Kesalahan yang Umum Terjadi:

Ada beberapa hal yang biasanya menghambat anda untuk mengajukan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah. Berikut ini adalah masalah yang mungkin anda juga alami:

  • KTP yang sudah tidak berlaku
  • Status pernikahan yang tidak sesuai
  • Data KK yang tidak sesuai dengan KTP
  • Sertifikat rumah yang bukan atas nama anda

Tips Gadai Sertifikat Rumah Di BPR

Lalu apa saja yang harus anda lakukan agar anda bisa menggadaikan rumah di BPR dengan lebih cepat? Berikut ini ada beberapa tips yang anda bisa lakukan.

  1. Anda harus memberikan data yang sebenar-benarnya tentang alasan pengajuan kredit dan juga penggunaan uang pinjaman tersebut. Alasan akan menjadi pertimbangan utama apakah BPR akan memberikan pinjaman atau tidak.
  2. Anda sebaiknya mengajukan pinjaman dengan nilai yang tidak melebihi nilai taksir pinjaman.
  3. Ketika anda menggadaikan sertifikat rumah dan mengajukan pinjaman, sebaiknya anda menyesuaikan gaji dengan pendapatan anda.

Anda harus bertanggung jawab dengan pinjaman yang anda terima. Uang yang anda terima bukanlah uang cuma-cuma melainkan utang yang harus anda angsur setiap bulannya hingga lunas. Sebaiknya juga menggunakan uang sesuai dengan rencana awal dalam mengajukan pinjaman. Anda juga harus selalu mengingat waktu untuk membayar cicilan untuk menghindari denda dan kehilangan aset anda. Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal di atas sebelum anda gadai sertifikat rumah di BPR.