Menggadaikan sertifikat rumah untuk mendapatkan uang pinjaman harus menjadi perhatian dalam pengambilan keputusan. Anda bisa mendapatkan pinjaman dari Lembaga resmi seperti bank dengan banyak cara. Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan sertifikat rumah untuk mendapatkan pinjaman, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal penting. Anda tidak boleh terburu-buru dalam memberikan sertifikat rumah anda ke Lembaga pemberi pinjaman. Di bawah ini adalah 4 hal penting yang harus anda perhatikan ketika anda ingin menggadaikan sertifikat rumah.

Memilih Bank yang Tepat

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika anda ingin menggunakan sertifikat rumah adalah memilih bank yang tepat. Anda harus mencari tahu informasi bank dan Lembaga mana saja yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Lembaga Jasa Keuangan agar aman. Bagaimana cara mengetahui dan membedakan bank yang terpercaya atau tidak? Anda bisa mencari tahu di beberapa sumber. Anda bisa membandingkan beberapa bank sehingga anda akan dengan mudah memilih bank yang tepat.

Menentukan Nilai Pinjaman

Ketika anda ingin mendapatkan kredit dengan agunan sertifikat rumah, anda juga harus menentukan nilai pinjaman terlebih dahulu. Biasanya pihak kreditur akan terlebih dahulu menentukan nilai aset rumah yang anda jaminkan. Sertifikat rumah adalah aset berharga bagi anda. Oleh sebab itu ketika anda ingin mengajukan pinjaman sebaiknya anda juga mendapatkan nilai yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Waktu Pengajuan Cicilan dan Besar Cicilan

Hal berikutnya yang harus anda perhatikan ketika mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah adalah memilih besar cicilan yang sesuai dengan kemampuan anda. Anda harus bisa membayar cicilan tepat waktu agar terhindar dari denda dan kehilangan aset yang telah anda agunkan. Dengan membayar cicilan tepat waktu anda akan bisa mendapatkan sertifikat rumah anda tepat waktu. Jangan sampai rumah anda disita karena anda terlambat membayar cicilan pinjaman anda.

Lokasi Rumah yang Dijadikan Agunan

Hal terakhir yang anda harus perhatikan adalah lokasi rumah yang hendak anda agunkan. Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua rumah bisa dijadikan agunan. Bank biasanya akan menolak sertifikat rumah yang lokasinya berada di daerah rawan bencana, dekat dengan pemakaman, dekat dengan sutet dan lain sebagainya.

Lalu apa sajakah keuntungan dari gadai sertifikat rumah?

Dengan menggadaikan sertifikat bangunan, anda tidak hanya akan mendapatkan pinjaman dana saja. Anda bisa mendapatkan beberapa kelebihan, yang di antaranya:

  • Anda bisa mendapatkan Limit kredit pinjaman dengan proses yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan jaminan lainnya.
  • Masa tenor pinjaman anda akan jauh lebih lama dibandingkan ketika anda menggunakan jaminan aset lainnya.
  • Dengan menggunakan jaminan sertifikat bangunan, Bunga cicilan akan jauh lebih ringan dibandingkan dengan produk pinjaman yang lainnya.
  • Anda bisa mendapatkan dana yang jauh lebih besar tergantung dengan sertifikat rumah yang anda agunkan.

Dengan segala keuntungan yang anda akan dapatkan, anda bisa mulai menggadaikan sertifikat rumah anda sekarang.