Gadai sertifikat rumah proses cepat tanpa survey bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan uang tunai secara cepat. Tentu hal ini akan sangat membantu terlebih saat Anda dalam kondisi urgent butuh dana.

Pada umumnya proses gadai sertifikat membutuhkan proses yang cukup kompleks, salah satunya karena ada tahapan survey ke lokasi. Melalui survey itu pula pihak penyedia pinjaman atau tempat gadai akan mempertimbangkan apakah dana bisa diberikan atau pengajuan ditolak. Karena proses yang kompleks inilah tidak jarang orang-orang memilih opsi lain yang tidak repot seperti gadai di jasa gadai tanpa survey seperti lembaga non resmi.

Di sini jelas Anda harus hati-hati dan tidak boleh asal memilih jasa gadai. Adapun berikut ini cara kredit dengan agunan sertifikat rumah tanpa survey yang bisa Anda coba:

1. Pilih Lembaga Terpercaya

Pertama-tama Anda harus memilih lembaga terpercaya. Pastikan legalitasnya, informasi ini bisa Anda ketahui dengan mencari data terkait perizinan dan legalitas jasa gadai yang akan dipilih.

Pastikan Anda tidak menyerahkan sertifikat rumah atau tanah Anda kepada pihak yang salah. Karena tidak sedikit kasus sertifikat dibawa kabur oleh jasa gadai abal-abal.

Contoh lembaga yang melayani gadai tanpa survey adalah koperasi. Kekurangannya dana pinjaman yang diberikan biasanya tidak terlalu besar.

2. Jenis Sertifikat Rumah

Jika ingin proses gadai sertifikat rumah proses cepat yang Anda ajukan disetujui, maka jenis sertifikat rumah sebaiknya SHM atau Sertifikat Hak Milik. Jenis sertifikat ini menunjukkan kepemilikan yang sah akan properti yang digadaikan. Sebenarnya bisa saja mengajukan sertifikat jenis HGB tapi biasanya memiliki keterbatasan.

3. Gadai Sertifikat Rumah Proses Cepat Sebaiknya Nama Anda Ada di Sertifikat

Poin ketiga ini memastikan Anda seharusnya menjadi pemilik dari sertifikat yang digadai. Jika nama pemilik sertifikat berbeda dengan nama pengaju permohonan, maka biasanya proses pengajuan akan lebih sulit.

4. Melengkapi Dokumen Untuk Gadai Sertifikat Rumah Proses Cepat

Pada umumnya untuk gadai sertifikat membutuhkan sejumlah dokumen pelengkap. Adapun dokumen yang dimaksud mulai dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah bagi yang sudah menikah, Slip Gaji, NPWP. Mutasi Rekening Koran, SHM atau IMB atau SHGB yang akan dijadikan gadaian.

Setelah semua dokumen yang diperlukan siap Anda dapat mengisi formulir dan diminta mengisi nominal yang dibutuhkan. Dalam hal ini perlu dipahami jika nominal dana yang cair mungkin tidak cocok dengan yang diinginkan. Memang ada banyak hal yang mempengaruhi seperti gaji bulanan Anda, mutasi rekening, dan lainnya.

Pada intinya sebelum dana cair Anda harus mengetahui kepastian besar dana pinjaman yang bisa didapat dan lama tenor. Jika Anda merasa tidak cocok Anda bisa menarik pengajuan gadai sertifikat rumah proses cepat. Akan tetapi, jika Anda memilih untuk menerima maka harus siap dengan konsekuensi membayar cicilan dan jangka waktunya.