Gadai rumah di Pegadaian bisa dikatakan mudah jika Anda memahami bagaimana prosedur dan caranya. Namun, apakah Anda sudah mengetahui secara lengkap dan jelas bagaimana runutan prosesnya.

Risiko Gadai Rumah Di Pegadaian

Sebelum memulai untuk mengajukan permohonan gadai rumah di Pegadaian, pastikan Anda mengetahui apa saja resikonya bukan hanya keuntungannya saja. Adapun risikonya antara lain adalah:

1. Sertifikat Rumah Akan Ditahan

Jika Anda mengajukan pinjaman di Pegadaian dengan sertifikat rumah, maka risiko yang sangat jelas adalah sertifikat tersebut akan ditahan pihak Pegadaian sebagai jaminan.

2. Rumah Disita Jika Gagal Membayar

Risiko selanjutnya yang tidak akan bisa dibantah oleh pemohon pastinya adalah risiko penyitaan rumah. Dimana kondisinya jika Anda tidak bisa mengembalikan dana pinjaman sesuai ketentuan yang diberikan, termasuk dengan pembayaran bunganya.

3. Mengalami Penolakan

Risiko terakhir justru terjadi sebelum Anda mulai mendapatkan dana pinjaman, yaitu risiko penolakan yang tidak kecil. Jika Anda tidak cukup memenuhi salah satu persyaratan, bisa dipastikan akan mengalami penolakan dari Pegadaian.

Persyaratan Gadai Rumah Di Pegadaian

Selain risiko juga ada persyaratan yang harus dipenuhi, beberapa syarat yang harus dipenuhi dibandingkan menggadai pada tempat gadai sertifikat tanah pastinya tidak lebih rumit. Diantaranya seperti, WNI, berumur antara 21 hingga 63 tahun, memiliki penghasilan baik bekerja ataupun wiraswasta, menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan, dan juga memiliki sertifikat rumah yang asli.

Cara Gadai Rumah Di Pegadaian

Untuk melakukan gadai rumah di Pegadaian, ada beberapa cara yang harus dilakukan dan diikuti sebagai ketentuan. Cara-caranya antara lain:

1. Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Untuk mengajukan permohonan pinjaman di Pegadaian menggunakan sertifikat rumah, maka Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin agar tidak terjadi kesalahan mengenai semua hal. Mulai dari persyaratan, risiko hingga cara melakukannya.

2. Mendatangi atau Menghubungi Pegadaian

Jika Anda sudah mengetahui dan mendapatkan info sebanyak mungkin, Anda bisa mendatangi atau menghubungi terlebih dulu tempat Pegadaian tersebut. Menanyakan lebih jelas apa saja yang diperlukan dan mulai mendaftar untuk mengajukan permohonannya.

3. Mengumpulkan Persyaratan

Setelah Anda menghubungi Pegadaian, pastinya Anda akan diberikan informasi persyaratan yang harus dikumpulkan dalam bentuk dokumen. Ada banyak dokumen yang perlu dikumpulkan, yaitu dokumen identitas, dokumen sertifikat yang akan digadai serta yang berhubungan dengan rumah yang  akan digadaikan tersebut dan surat-suratnya.

4. Mengajukan Permohonan

Jika semua sudah lengkap, maka langsung ajukan permohonan pada pihak Pegadaian sambil membawa semua kelengkapan tersebut.

5. Menunggu Persetujuan / Approval

Bagian terakhir adalah menunggu hasil dari Pegadaian apakah disetujui ataupun ditolak. Karena, mengajukan pinjaman di Pegadaian memang memiliki risiko juga untuk ditolak seperti yang sebelumnya dijelaskan.

Itulah beberapa cara gadai rumah di Pegadaian yang diperkirakan akan Anda lakukan saat mengajukan pinjaman di Pegadaian tersebut.