Tempat gadai sertifikat rumah sebagai tempat pilihan pinjaman. Menggadaikan barang bisa menjadi alternatif terbaik apabila ingin memiliki suntikan dana yang besar dengan proses pembayaran yang ringan. Sebelum Anda pergi ke tempat gadai sertifikat rumah, ada baiknya untuk memahami bagaimana langkah – langkah dalam proses pengajuan gadai agar menerima suntikan dana dan angsuran yang paling cocok dengan Anda.

Cara Gadai Sertifikat Rumah

Setiap tempat gadai sertifikat tanah memiliki cara yang berbeda-beda. Namun pada umumnya proses menggadai ini akan melalui tahapan –  tahapan seperti melengkapi berbagai macam persyaratan yang ditentukan oleh bank atau tempat gadai lainnya. Penjelasan lebih detailnya ada di bawah ini.

1. Menggali informasi secara detail sebelum ke tempat gadai sertifikat rumah

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari informasi sedetail mungkin. Anda bisa bertanya soal berapa besar bunga, biaya – biaya tambahan, jumlah pinjaman yang bisa Anda dapatkan, jangka waktu pinjaman. Jangka waktu pinjaman harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk memastikan tanah atau rumah Anda bebas dari sengketa. Anda harus memeriksa legalitas dan kelengkapan sertifikat rumah Anda.

2. Datang langsung ke tempat gadai

Cara gadai sertifikat selanjutnya adalah mendatangi kantor gadai setelah mengumpulkan informasi terkait sertifikat rumah dan sebagainya. Pastikan Anda telah melengkapi dokumen persyaratan, setelah itu Anda akan diarahkan petugas untuk mengisi formulir.

Dokumen persyaratan yang umumnya digunakan adalah, Kartu keluarga asli dan fotokopinya, sertifikat rumah asli, dan slip gaji atau bukti usaha.

3. Menunggu hasil survey

Setelah persyaratan telah lengkap, pihak tempat gadai akan menaksir berapa nilai jual dari rumah yang Anda gadaikan. Apabila disetujui, dana pinjaman akan cair dalam kurun waktu 1-5 hari kerja, tergantung dari besaran nominal yang Anda ajukan pinjaman.

Memilih tempat gadai sertifikat rumah dan tanah

Setelah memahami bagaimana cara mengajukan gadai di tempat gadai, ada baiknya Anda mengikuti kiat-kiat di bawah ini untuk bisa mendapatkan tempat gadai sertifikat terbaik agar terbebas dari penipuan.

1. Pilih lembaga resmi

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memilih daftar – daftar lembaga yang berada dalam pengawasan pemerintah sehingga lembaga tersebut bisa dikatakan sebagai lembaga yang resmi. Anda sebagai nasabah gadai juga lebih terjamin keamanannya apabila menggunakan jasa yang terdaftar di OJK.

Setelah memastikan terdaftar di OJK, pastikan lembaga tersebut sudah menjadi anggota APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia).

2. Teliti akan bunga yang diberikan

Bunga pinjaman menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat gadai. Jangan sekali-kali untuk memilih tempat gadai yang  memiliki suku bunga pinjaman dengan jumlah yang fantastis agar Anda tidak kesusahan membayar penebusan sertifikat rumah di kemudian hari.

Jadi, pastikan bunga yang diberikan sesuai dengan kemampuan Anda.

Demikian artikel mengenai cara dan kiat dalam memilih tempat gadai sertifikat rumah terbaik. Apabila Anda mencari perusahaan pembiayaan untuk gadai sertifikat rumah Anda, pinjamantunaiku.com bisa memberikan pendanaan terbaik untuk Anda.