Syarat gadai BPKB mobil wajib anda lengkapi. Dalam kondisi darurat dan tiba-tiba memerlukan dana dalam jumlah yang cukup besar, seperti ketika membutuhkan modal kerja dalam waktu mendadak, tiba-tiba mendapat orderan dalam jumlah yang melonjak secara tak disangka-sangka, atau ketika ada orang tersayang, seperti ibu atau ayah atau anak atau pasangan yang sakit dan memerlukan uang jaminan agar bisa dirawat di rumah sakit atau ketika mendadak rumah atau tempat usaha perlu segera direnovasi atau keperluan lainnya maka bisa lakukan gadai mobil. Dalam hal ini maka fisik kendaraan mobil masih di tangan serta mobil masih bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari, antar jemput anak, pergi bekerja, mengantar pesanan dan lain sebagainya. Jadi yang digadai dan ditahan oleh pihak gadai adalah BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) nya.

Apalagi prosesnya juga mudah dan cepat. Ada yang bisa gadai BPKB mobil 1 hari cair, jika seluruh persyaratannya sudah terpenuhi lengkap. Bahkan ada juga yang proses gadai BPKB mobil 1 jam cair. Menarik bukan, bisa diandalkan menjadi solusi saat ada kebutuhan dana dalam jumlah yang cukup besar tak terduga secara mendadak. Nah berikut ini beberapa Syarat gadai BPKB mobil nya.

Cari Informasi Tempat dan Syarat Gadai BPKB Mobil

Pertama-tama kumpulkan dulu tentang info gadai BPKB mobil yang ada. Terdapat banyak tempat gadai mobil sekarang ini. Setiap tempat gadai memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pelajari penawarannya juga syarat dan ketentuannya. Informasi tersebut bisa diperoleh secara online maupun offline. Bisa juga cek di tempat gadai BPKB mobil terdekat. Bandingkan satu sama lain dan pilih yang paling menguntungkan.

Syarat Gadai BPKB Mobil dan Ketentuan Gadai Mobil

Tiap tempat gadai mobil akan menentukan syarat gadai mobil yang bisa berbeda-beda. Cermati dan perhatikan benar persyaratannya. Lalu penuhi persyaratan tersebut secara lengkap, agar proses pinjaman BPKB mobil bisa berlangsung lancar dan cepat. Berikut antara lain beberapa persyaratan tersebut.

BPKB Asli

Syarat utama tentunya adalah BPKB mobil yang asli.

Kepemilikan BPKB

Kemudian syarat mengenai kepemilikan BPKB mobil tersebut. Dalam hal ini maka

BPKB bisa atas nama sendiri lebih diutamakan. Namun bisa juga menggunakan BPKB pasangan atau orang lain, jika belum sempat balik nama, dengan melampirkan bukti pembeliannya. Selain itu bisa juga berupa BPKB atas nama perusahaan, dengan syarat melampirkan SPH (Surat Pelepasan Hak).

Usia Mobil

Berikutnya ada juga syarat mengenai batas umur kendaraan. Batas usia mobil ini sangat bervariasi ketentuannya antar tempat gadai. Biasanya akan ditetapkan batas maksimal dari umur mobil yang BPKB nya bisa digadaikan, namun ada juga yang mensyaratkan adanya batas minimal usia kendaraan. Ada yang mensyaratkan umur kendaraan maksimal 15 tahun dengan Minimal Tahun Kendaraan 2006 bagi jenis mobil sedan, dan jeep serta minibus. Lalu batas usia maksimal 10 tahun, dengan Minimal Tahun Kendaraan 2011 bagi kendaraan jenis mobil pick up dan truck. Di tempat gadai yang lainnya bisa saja akan berbeda lagi ketentuannya. Pilih saja yang sesuai.

Kepemilikan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)

Lalu ada juga syarat terkait dengan STNK mobil. Diutamakan kendaraan yang pajaknya tertib, dan STNK atas nama sendiri. Bagi STNK atas nama sendiri jika pajaknya mati maka biasanya disyaratkan mati pajak maksimal hingga 2 tahun saja, dan akan dipotongkan biayanya ke jumlah pencairan pinjamannya. Sedangkan bagi STNK atas nama oramg lain maka masih bisa diterima jika dalam kondisi hidup, atau apabila mati maka harus dibalik nama dulu., melewati tempat gadai yang akan menguruskannya, dengan beban biaya yang akan juga dipotongkan dari besaran nominal pinjamannya.

Plat Mobil

Berikutnya ada juga syarat terkait dengan plat mobilnya. Biasanya yang diterima adalah mobil dengan plat hitam, bukan plat merah. Khusus untuk jenis kendaraan berupa truk maka plat kuning akan diterima.

Pemakaian Kendaraan

Lalu riwayat pemakaian kendaraan juga akan diperhatikan. Ada yang mensyaratkan bahwa kendaraan tidak pernah dipergunakan sebagai taksi atau sebagai ambulans

Persyaratan Dokumen

Biasanya akan dibedakan persyaratan kelengkapan dokumen antara karyawan dengan wiraswasta non karyawan. Berikut antara lain persyaratan dokumen yang biasanya diperlukan.

ID Data Diri

Dalam hal ini bisa berupa KTP (Kartu Tanda Pengenal) atau SIM (Surat Ijin Mengemudi) diri sendiri pemohon pinjaman atau pegadai mobil dan pasangan bagi yang telah menikah.

ID Karyawan

Bagi karyawan maka akan diminta melampirkan data ID karyawannya juga atau surat keterangan kerja. Lalu ada yang mensyaratkan masa kerja minimal 1 tahun.

Kartu Keluarga (KK)

Lalu juga lampirkan KK nya.

Akta Nikah

Bagi yang telah menikah maka wajib melampirkan akta nikah nya juga.

Dokumen Pendukung Lainnya

Dalam hal ini ada tempat gadai yang meminta bukti pembayaran rekening listrik selama 6 bulan terakhir berturut-turut atau PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) selama 2 tahun berturut-turut atau bukti pembayaran ke PDAM dan lain sebagainya.

Status Tempat Tinggal

Diutamakan tinggal di tempat milik sendiri, dengan sertifikat Hak Milik. Tapi jika menyewa maka perlu melampirkan kwitansi atau perjanjian sewa menyewanya. Sedangkan bagi karyawan yang menempati rumah dinas maka bisa melampirkan surat keterangan menempati rumah dinas dari instansi atau perusahaan tempat bekerjanya.  Bicarakan hal ini dengan petugas tempat gadainya.

Rekening Koran Buku Tabungan

Kemudian perlu juga melampirkan rekening koran buku tabungan, biasanya untuk selama 3 bulan terakhir berturut-turut.

Slip Gaji Asli

Lalu bagi karyawan juga akan dimintai bukti slip gaji asli selama 3 bulan terakhir berturut-turut biasanya.

Ijin Usaha

Sedangkan bagi wiraswasta maka akan dimintai bukti akta perusahaan atau SIUP atau TDP atau izin usaha atau izin praktik.

Foto Mobil

Kemudian ada juga yang akan meminta foto mobil yang akan digadaikan. Biasanya lengkap tampak muka, tampak samping kanan kiri lalu juga tampak belakang.

Plafon Pinjaman

Mengenai besaran plafon pinjamannya maka juga bisa berbeda-beda antar tempat gadai. Ada yang menentukan sebesar maksimal 85 persen dari perkiraan nilai harga jual mobil. Lalu akan diperhitungkan juga dengan biaya-biayanya seperti biaya materai, biaya administrasi, hingga berbagai biaya pengurusan mobil yang akan dipotongkan dari besaran plafon pinjamannya. Pilih yang transparan dan paling ringan biayanya dengan besaran plafon pinjaman yang terbesar. Meski nantinya besaran nominal pinjaman yang akan diambil bisa lebih kecil dari batas maksimal plafon pinjamannya. Ambil sesuai kebutuhannya saja, agar pembayaran bunga dan angsurannya lebih ringan.

Suku Bunga

Lalu perhatikan juga besaran suku bunganya. Bisa per bulan atau per tahun. Pilih yang paling kecil dan ringan biaya bunganya.

Tenor atau Jangka Waktu

Begitu pula dengan tenor jangka waktu pinjamannya, yang akan sangat menentukan besaran angsurannya. Pilih yang sesuai dengan jangka waktu kebutuhan pemakaian dananya. Usahakan agar sesingkat mungkin supaya bisa segera lunas dan bebas dari pinjaman.

Itulah antara lain beberapa persyaratannya jika hendak menggadaikan mobil. Pilih yang paling menguntungkan.