Sistem pegadaian BPKB menjadi salah satu pilihan dari sebagian ketika membutuhkan dana di masa darurat. Setiap peminjam harus mengetahui sistem pegadaian BPKB jika ingin mendapatkan dana pinjaman. Anda bisa mendapatkan pinjaman berdasarkan nilai dari aset yang digadaikan. Seperti misalnya saat Anda menggadaikan motor maka dana yang bisa dipinjam berkisar Rp 5 hingga 15 juta.

Tentunya besaran nilai aset ini menjadi bahan pertimbangan pihak finance apakah aset sesuai dengan syarat yang tertera. Biasanya pihak finance memiliki batasan minimal kendaraan keluaran tahun berapa. Jadi sudah pasti terdapat ketentuan tahun kendaraan. Dengan menggunakan jaminan BPKB inilah Anda bisa mendapatkan dana untuk memenuhi kebutuhan tidak terduga.

Meski terbilang mudah namun ada saja kelebihan dan kekurangan yang mungkin saja akan Anda alami, lebih baik pertimbangkan dahulu sebelum Anda mengajukan kredit.

Kelebihan Gadai BPKB

Gadai BPKB mobil memang menjadi pilihan yang cukup sering dilakukan sebagian masyarakat untuk mendapatkan dana cepat. Bahkan Anda bisa mendapatkan dana pinjaman dalam waktu kurang lebih 15 menit saja. Ada juga yang prosesnya mencapai waktu berhari-hari tapi biasanya tidak lebih dari seminggu. Meskipun berhari-hari tidak akan jadi masalah terlebih Anda sedang membutuhkan proses pinjaman yang cepat.

Selain BPKB mobil orang-orang juga biasanya memilih gadai sertifikat rumah apabila nominal dana yang dibutuhkan dalam jumlah besar, hanya saja gadai sertifikat rumah akan lebih membutuhkan waktu yang lama dibandingkan gadai BPKB kendaraan, belum lagi persyaratan yang rumit membuat orang enggan menggadaikan sertifikat rumah.

Menggadaikan BPKB kendaraan bermotor sering menjadi pilihan karena dirasa mudah tanpa perlu khawatir Anda tidak bisa mengendarai kendaraan tersebut, meski BPKB digadaikan Anda tetap bebas menggunakan kendaraan karena hanya surat-surat saja yang ditahan bukan kendaraannya, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa lebih memilih sistem pegadaian BPKB yang fleksibel.

Kekurangan Gadai BPKB

Memang dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, Anda perlu memperhatikan kedua hal tersebut untuk dijadikan bahan pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman lewat sistem gadai BPKB.

Saat Anda memutuskan untuk menjaminkan surat kendaraan bermotor ke pihak finance jangan harap mendapatkan dana yang besar. Apalagi Anda yang berencana mengajukan pinjaman untuk modal usaha atau membeli rumah. Jika Anda membutuhkan dana yang lebih besar maka Anda bisa gadai sertifikat rumah untuk mendapatkan pinjaman minimal Rp 50 juta. Namun lokasi dan kondisi dari rumah yang digadaikan tersebut tetap akan menjadi bahan pertimbangan berapa nominal dana yang bisa dipinjam.

Sebelum Anda melakukan pinjaman usahakan untuk mencari tahu tentang lembaga keuangan yang dituju. Pilih lembaga keuangan yang sudah memiliki pengalaman, terpercaya dan bertanggung jawab, dengan sistem pegadaian BPKB yang aman dan jelas akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman.