Gadai mobil cicilan untuk solusi dana mendesak anda. Banyak hal dalam hidup yang terjadi di luar rencana kita sebagai manusia. Berbagai kebutuhan darurat pun menuntut untuk segera terpenuhi sehingga kebutuhan lain harus dikorbankan. Dana cepat pun harus segera terkumpul untuk memenuhi peristiwa darurat tadi. Caranya anda bisa mendapatkan dengan gadai mobil cicilan yang dimiliki.

Untuk bisa mendapatkan dana pinjaman kredit multiguna dengan cara gadai mobil, ada beberapa syarat yang perlu anda penuhi. Berikut adalah persyaratannya:

1. Gadai mobil cicilan perlu urat-surat resminya lengkap

Saat anda hendak mengajukan dana dari hasil gadai mobil baik itu untuk perorangan maupun yang lainnya, maka yang pertama harus ada adalah kelengkapan surat surat resmi bukti kepemilikan mobil tersebut.

Selain sebagai bukti anda memiliki mobil tersebut, adanya surat resmi juga menjadi tanda bahwa anda membeli atau mendapatkan mobil tersebut dengan cara yang baik dan benar, bukan dari hasil curian atau pasar gelap yang tak bisa dipertanggung jawabkan kesahannya. Syarat ini tentu sangat mudah bukan untuk dipenuhi?

2. Pastikan pajak mobil anda dalam keadaan hidup

Pihak pemberi pinjaman biasanya akan lebih memilih mobil yang pajaknya masih hidup. Sebenarnya hal ini bukan hanya untuk kepentingan pemberi pinjaman saja, namun juga akan lebih memudahkan anda kedepannya.

Hal itu karena jika pajak mobil anda masih hidup maka anda akan aman dari denda, tak perlu ribet mengurus BPKB dan lain sebagainya untuk  gadai mobil cicilan.

3. Cicilan kredit mobil sudah hampir selesai

Nah bagi anda yang penasaran dan bertanya-tanya apakah mobil yang masih dalam keadaan kredit atau cicilannya belum lunas bisa digunakan sebagai alat gadai. Jawabannya adalah bisa namun dengan catatan masa pelunasan mobil tersebut sudah tidak jauh lagi atau hampir selesai.

Hal ini penting sekali karena nantinya akan mempengaruhi seberapa besar dana yang bisa anda pinjam dan bagaimana cara pelunasannya. Untuk menentukan hal tersebut, biasanya akan digunakan cara menghitung simulasi gadai mobil atau take over gadai BPKB mobil.

4. Usia kendaraan dan keadaannya

Selain masa cicilan mobil, aspek lain yang bakal diperhatikan oleh pihak pemberi pinjaman adalah umur mobil dan kondisinya pada saat pinjaman diajukan. Apabila tahun keluar mobil tersebut semakin pendek, maka semakin bagus karena kondisi mobil bagus.

Umumnya mobil yang diterima untuk dijadikan jaminan adalah yang memiliki umur maksimal 11 tahun. Selain itu untuk kondisi mobil sebaiknya anda mengeceknya terlebih dahulu sebelum diajukan sebagai jaminan gadai.

5. Riwayat kredit yang anda miliki

Selain kondisi gadai mobil cicilan dan kelengkapan suratnya, pihak pemberi pinjaman biasanya akan mengecek sejarah atau riwayat kredit anda. Apakah ada kredit macet, bisa nggak mengembalikan dsb.